Nubuwati, Nubuwati (2006) Komparasi antara Komposisi Tingkat IQ (Intelligence Quotient) dan EQ (Emotional Quotient) dengan Penyesuaian Sosial Siswa-Siswi kelas VII MTsN Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02410044.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Manusia merupakan makhluk sosial. Hubungan individu dengan individu yang lain sangat penting bagi pembentukan karakter dan perilaku seseorang. Melakukan penyesuaian sosial tidaklah mudah, ada banyak faktor yang mempengaruhi proses penyesuaian sosial salah satunya adalah faktor IQ dan EQ.
EQ sangat berpengaruh pada penyesuaian sosial. Teori lain mengatakan orang yang intelligen adalah orang yang bisa memberikan respon sesuai dengan stimulus yang diterimanya artinya orang yang memiliki IQ tinggi pasti bisa memberikan respon yang baik pula terhadap stimulus yang diterimanya.
Hasil uji validitas skala EQ dan Penyesuaian Sosial masing-masing berjumlah 40 item. Dari 40 item yang diujikan diperoleh hasil masing-masing item yang gugur sebanyak 13 item dan item valid sebanyal; 27 iiem. Reliabililas IQ 0,8029, sedang reliabilitas penyesuaian sosial 0,8396. Alat yang digunakan untuk mengukur IQ adalah CFIT (Culture Fair Intelligensi Test). Subyek penelitian yang diambil adalah siswa-siswi kelas VII MTsN Malang 1.
Pengkategorisasian berdasarkan standar deviasi menghasilkan tingkat EQ siswa-siswi kelas satu MTsN Malang ا ada tiga kategori yaiiu Tinggi 11 siswa. Sedang 68 siswa dan Rendah 18 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling, dari 200 siswa-siswi kelas VII MTsN Malang 1 diambil 50% jadi hanya 100 siswa yang dijadikan suhyek penelitian. Dari 100 siswa yang memiliki IQ Superior 20 siswa, IQ Normal Cerdas 40 siswa dan IQ normal 10 siswa. Selanjutnya dilakukan pengkategorisasian siswa berdasarkan tingkat IQ dan EQ, dalam hal ini ada 9 kelompok, 9 kelompok tersebut akan dibandingkan dengan masing-masing kelompok, adapun hasilnya ada 36 perbandingan. Analisa data ini menggunakan dua analisa yaitu ANAREG (Analisis Regresi) dan ANAVA (Analisis Varian). Hasil dari Anareg adalah R 0,698, EQ lebih berpengaruh terhadap penyesuaian sosial dengan taraf signifikan 0,000 artinya sangat berpengaruh. Sedang IQ taraf signifikannya 0,511 artinya tidak berpengaruh. Hasil analisa ANAVA dengan menggunakan uji-F adalah 0,007 artinya ada perbedaan yang sigfinikan antara komposisi tingkat 100 dan EQ dengan penyesuaian sosial. Hasil dari uji-t ada 14 kelompok yang basilnya signifikan artinya ada perbedaan yang signifikan pada mean penyesuaian sosialnya. Sedang 22 kelompok lainnya memang ada perbedaan tetapi hasil p- tidak signifikan sehingga dianggap tidak ada perbedaan.
Berdasarkan teori ternyata IQ dan EQ sama-sama memberikan kontiibusi pada penyesuaian sosial, hanya saja Kontribusi EQ lebih besar daripada IQ. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik kontribusi IQ dianggap tidak ada karena hasil p-nya tidak signifikan.
ABSTRACT
Human is social society interperson conection and other very important, for show caracterstic and attitude anyone. Social-adapted do not easy, there are many factor that influence social-adapted process such as IQ and EQ.
IQ Very influence to social-adapted. Others theory said intelligence person is person who can give respon with stimulus has accept, means is person who has highat IQ of course so do can give good respon accepted stimulus.
Result validitas scale EQ and Social-adapted each one 40 item, from 40 item examined and get result each item false 13 item and valid 27 item. Realibility IQ 0.8029, realibility social-adapted 0,8396. instrument that use looking for IQ is CFIT and the subyek are student seventh class MTsN Malang I.
Categories student using devuation have result EQ level for first class student Junior High School (MTsN) Malang I there are 3 calagories arc using random sampling technic, from 200 population seventin class student. Take 50% so only 100 person be experiment subyek from 100 student have superior IQ 20 student, cleverer- normal IQ 40 student and normal IQ 40 student. And then do catcgcries for student with IQ and EQ level, in this list there are 9 group. From 6) group will be comparation with e؛،ch other groups, and the result the arc 36 comparation. Analisys file there use 2 analisys that are ANAREG (Analisys Rcgrelion) and ANNAVA (Analisys Varian). The result Anareg is R.0,693, EQ more influence to social- adapted with significance 0,0000 meatis is very influence. IQ have signivicance 0,511 means, haven't influence. Result from ANNAVA using F-test is 0,077 means, there is differenciarces very significance between IQ dan EQ competition to social- adapted. T-test result. There are 14 groups and significance means there, are significan differentciances for social-adapted mean. But 22 others groups have different but result p-is not significant so haven’t different.
Acording to theory are IQ dan EQ give contribution to social-adapted, but EQ have more contribution than IQ. This result of research show that statistically have not contribution of IQ because result p have not significance.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Yahya, Yahya |
Keywords: | Intelligence Quotient (IQ); Kecerdasan Emosi (EQ); Penyesuaian Sosial; Siswa Intelligence Quotient (IQ); Emotional Quotient (EQ); Social Adapted; Student |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:30 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:30 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55362 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |