Muttaqin, Ayib (2006) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas XI di SMA Al-Maarif Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02410038.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran adalah suatu aktivitas yang didalamnya terdapat proses memberikan atau menerima pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan nilai. Proses pembelajaran yang baik dapat menyebabkan perubahan tingkah laku, guru sebagai pemberi pengetahuan dan keterampilan perlu memahami berbagai cara, gaya, tanggapan, dan sikap siswa didiknya dalam proses belajar mengajar untuk memastikan pengajaran yang mempunyai makna. Keberhasilan siswa dalam belajar akan mempunyai pengaruh pada psikis siswa, terlebih jika siswa berhasil lulus dalam Ujian Nasional. Matematika merupakan salah satu pelajaran yang diujikan dalam Ujian nasional, oleh karenanya siswa dituntut untuk aktif dalam belajarnya supaya nilai Matematika dapat menunjang kelulusannya. Dalam beberapa kasus angka ketidak lulusan siswa pada UAN 2006 sebagian besar pada pelajaran Matematika. Prestasi belajar dapat diperoleh dengan baik jika di duktmg dengan proses belajar yang efektif. Oleh karenanya dalam,memperoleh prestasi Matematika apakah Gaya belajar memegang peranan aktif pada siswa kelas XI ' tahun ajaran 2005-2006 di SMA Al-Ma’arif Singosari Malang.
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin menganalisis pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar Matematika pada siswa kelas XI periode 2005-2006 SMU Al-Ma’arif Singosari Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya belajar dan dokumentasi report Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Angket diberikan pada seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 216 siswa pada tanggal 4-6 Agustus 2006. Jumlah pertanyaan dalam angket berjumlah 36 yang semuanya adalah favorabel karena angket ini sering di ujikan dalam kegiatan seminar. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memakai ANOVA.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan signifikan p visual 0,104, p Auditori 0,181 dan p Kinestetik 0,10460,675. Sehingga dapat diartikan F hitung lebih kecil dari pada F tabel. Kesimpulannya adalah tidak ada pengaruh ahtara ketiga sub variable gaya belajar terhadap prestasi belajar Matematika pada siswa kelas XI SMA Al-Ma’arif Singosari Malang. Gaya belajar siswa kelas XI SMA Al-Ma’arif Singosari adalah 112 siswa mempunyai gaya belajar visual, 52 siswa mempunyai gaya belajar auditori, 52 siswa mempunyai gaya belajar kinestetik, hasil ini diperoleh dari angket cara mengidentifikasi gaya belajar, sedang nilai matematika siswa kelas XI periode 2005-2006 dengan sampel 216 rata-rata berada pada kategori baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat |
Keywords: | Gaya Belajar; Prestasi Belajar |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:30 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:30 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55360 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |