Jannah, Raudlatul (2014) Pengembangan buku ajar Tematik terpadu untuk kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Serabi Barat Modung Bangkalan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
12760020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan Buku Ajar Tematik Terpadu untuk Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Serabi Barat Modung Bangkalan Selatan ini didasarkan pada kenyataan bahwa Buku ajar pada madrasah atau sekolah islam harus berbeda dari sekolah pada umumnya yang mana buku ajar itu seharusnya memiliki ciri khas tersendiri yakni dikembangkan dengan bernuansa islami agar tujuan madrasah atau sekolah islam yang ingin mengantarkan pesertadidiknya untuk berkepribadian islami tercapai. Sedangkan buku ajar yang dikembangkan adalah tema “kegiatanku”. Ada beberapa alasan pengembang memilih tema ini, pertama karna tema tersebut sangat cocok jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa dengan menyertakan doa dalam kegiatan sehari-hari mulai dari aktivitas bangun tidur sampai tidur lagi. Kedua, pembiasaan siswa untuk membaca doa pada kegiatan sehari-hari yang sudah diajarkan pada tingkat sebelumnya yaitu TK/RA ketika berada di tingkat sekolah MI sudah mulai terlupakan bahkan sudah tidak pernah membiasakannya pada kehidupan sehari-harinya.
Tujuan penelitian ini secara khusus adalah (1) Mengetahui keefektifan pengembangan buku ajar tematik terpadu tema “kegiatanku” untuk kelas 1 di MI Al-Azhar Serabi Barat Modung Bangkalan, (2) Mengetahui keefesienan pengembangan buku ajar tematik terpadu tema “kegiatanku” untuk kelas 1 di MI Al-Azhar Serabi Barat Modung Bangkalan, (3) Mengetahui kemenarikan pengembangan buku ajar tematik terpadu tema “kegiatanku” untuk kelas 1 di MI Al-Azhar Serabi Barat Modung Bangkalan.
Dalam pengembangan bahan ajar ini, pengembang menggunakan model desain pengembangan Dick and Lou Carey. Prosedur pengembangan model ini terdapat 10 tahapan desain pembelajaran tetapi pengembangan produk yang dilaksanakan pada penelitian ini hanya sampai pada 9 tahap saja, yaitu: (1) Identifying Instructional goal (mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran), (2) Conducting Instructional Analysis (Melaksanakan analisis pembelajaran), (3) Identifying Entry Behaviors, Characteristics (Mengenal tingkah laku masukan dan karakteristik siswa), (4) Writing Performance Objectives (Merumuskan tujuan khusus pembelajaran), (5) Developing Criterion-Referenced Test (Mengembangkan butir tes acuan), (6) Developing Instructional Strategy (mengembangkan strategi pembelajaran), (7) Developing and Selecting Instruction (menyeleksi dan mengembangkan bahan pembelajaran), (8) Designing and Conducting Formative Evaluation (merancang dan melaksanakan evaluasi formatif), dan (9) Revising Instruction (Merevisi bahan pembelajaran).
Pengembangan ini menghasilkan produk buku ajar tematik terpadu untuk siswa kelas 1 bernuansa islami. Produk pengembangan ini diujicobakan melalui beberapa tahap secara berurutan yakni (1) Validasi ahli isi/materi pembelajaran tematik, (2) Ahli Desain Pembelajaran, (3) Ahli Bahasa (4) Ahli Pembelajaran tematik, (5) Uji coba perorangan, kelompok kecil dan uji coba lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar yang dihasilkan memiliki tingkat keefektifan yang tinggi. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil perbandingan antara pre test dan post tes sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar. Data statistik menunjukkan ada kenaikan sebesar 17,65% dari hasil pre test (sebelum menggunakan buku ajar) mendapatkan kumulasi nilai sebesar 69,40% dan post test (setelah menggunakan buku ajar) mendapatkan kumulasi nilai sebesar 87,05%. Tingkat keefisienan menunjukkan kurang maksimal karna buku ajar tematik terpadu kurang efisien jika digunakan pada siswa yang kemampuan membacanya kurang lancar. Sedangkan tingkat daya tarik buku ajar memiliki tingkat kemenarikan yang tinggi, berdasarkan rata-rata penilaian siswa terhadap semua komponen mencapai 85,9%. Dari hasil tersebut hasil pengembangan sudah dapat dikatakan sudah memenuhi unsur kebutuhan pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik dengan model pendekatan tematik terpadu.
ABSTRACT
Development of Integrated Thematic Textbook for Class I at the MI Al-Azhar Serabi Barat Modung Bangkalan is based on the fact that textbooks in madrassas or Islamic schools should be different from the school in general which textbook it should have its own characteristics which are developed by Islamic nuance that purpose madrassas or Islamic schools that want to deliver pesertadidiknya to achieve an Islamic personality. While textbooks are developed is the theme of "my activities". There are several reasons developers choose this theme, the first theme is perfect because if it is associated with the daily life of students to include prayer in daily activities ranging from waking activity to sleep again. Second, habituation students to read prayers in daily activities that have been taught in the previous level of TK / RA when it is in the MI school level have started forgotten never even get used in everyday life.
The purpose of this study is specifically (1) Determine the effectiveness of the development of an integrated thematic textbook theme "my activities" for class 1 in MI Al-Azhar Serabi Barat Modung Bangkalan, (2) Knowing keefesienan textbook development of integrated thematic theme "my activities" for class 1 MI Al-Azhar Serabi Barat Modung Bangkalan, (3) determine the attractiveness of the development of an integrated thematic textbook theme "my activities" for class 1 in MI Al-Azhar Serabi Barat Modung Bangkalan.
In the development of teaching materials, the developers use the design model development Dick and Lou Carey. This model development procedure there are 10 phases of instructional design but product development is carried out in this study is limited to the first 9 stages, namely: (1) Identifying Instructional goal (identifying common goals of learning), (2) Conducting Instructional Analysis (Implement learning analysis), (3) Identifying Entry Behaviors, Characteristics (Know Your input behavior and characteristics of students), (4) Writing Performance Objectives (Formulate specific learning objectives), (5) Developing Criterion-Referenced Test (Develop a test point of reference), (6) Developing Instructional Strategy (developing learning strategies), (7) Developing and Selecting Instruction (select and develop instructional materials), (8) Designing and Conducting Formative Evaluation (designing and implementing formative evaluation), and (9) Revising Instruction (Revise learning materials ).
This development produces integrated thematic textbook for grade 1 students of Islamic nuance. Product development is tested through several stages in sequence ie (1) Validation of expert content / thematic learning materials, (2) Design Expert Learning, (3) a Language (4) Expert thematic learning, (5) Trial individual, small group and field trials.
The results showed that the textbook has generated a high level of effectiveness. This was indicated by an increase in the comparison between pre-test and post-test before and after using the textbook. Statistics show that there is an increase of 17.65% from the pre-test (before using the textbook) to get the cumulative value of 69.40% and a post-test (after using the textbook) to get the cumulative value of 87.05%. Shows less than the maximum level of efficiency because the integrated thematic textbook less efficient when used on student reading ability substandard. While the rate allure attractiveness of the textbook have a high level, based on the average of all components of assessment of students reached 85.9%. From these results the development results can already be said to have fulfilled the needs of learning especially in thematic learning model integrated thematic approach.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun and Rofiq, Aunur |
Keywords: | Buku Ajar; Tematik Terpadu; Bernuansa Islami; Textbook; Thematic Integrated; Islamic nuance |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:35 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:35 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55340 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |