Qasanah, Nurul (2006) Pengaruh Reinforcement Guru terhadap Perilaku Disiplin Siswa di SMP Negeri 1 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01410090.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kehidupan manusia diatur oleh berbagai macam peraturan agar tidak terjadi kesalahan dalam berperilaku. Perubahan masyarakat yang cepat berpengaruh terhadap kehidupan remaja. Perkembangan moral seorang anak banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Perkembangan remaja memiliki beberapa dampak baik positif maupun negative, diantaranya perkembangan sosial, perkembangan kepribadian, dan perkembangan moral. Pengaruh teman-teman sebaya pada sikap, penampilan dan perilaku lebih besar daripada pengaruh keluarga. Untuk itu diperlukan perlu pengawasan untuk mengendalikan perilaku melalui pengembangan perilaku disiplin di sekolah agar tidak membawa dampak negatif bagi kehidupan pribadinya dan lingkungan sekitar, upaya ini lebih efektif dilakukan di lembaga sekolah oleh pendidik melalui pemberian reinforcement karena sifatnya lebih obyektif dan sanksi yang berlaku lebih tegas.
Reinforcement guru adalah segala sesuatu yang diberikan oleh guru terhadap siswa sebagai konsekuensi dari perilakunya, baik berupa imbalan penghargaan maupun hukuman. Reinforcement memiliki dua dimensi yaitu reinforcement positif dapat berupa penghargaan dan reinforcement negatif dapat berupa hukuman. Perilaku disiplin adalah perilaku yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, dan atau ketertiban.
Penelitian ini berupa penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Instrument yang digunakan berupa angket berbentuk skala likert dengan metode pendukung berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai variabel bebas adalah reinforcement guru, sedangkan variabel terikatnya adalah perilaku disiplin siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri I Batu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk penentuan kelas adalah tehnik purposive sampling, sedangkan untuk menentukan subyek menggunakan tehnik random. Jumlah keseluruhan subyek adalah siswa kelas VIII sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah tehnik skala pengukuran dengan menggunakan skala intensitas reinforcement dan skala perilaku disiplin. Kemudian data dianalisis melalui SPSS 12,0 untuk program windows.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh reinforcement guru terhadap perilaku disiplin siswa yang ditunjukkan oleh hasil r=0,622 pada taiaf signifikan 0,000 dengan prosentase hasil koefisien korelasi sebesar 62,2%. Maka, peneliti memberikan saran agar pemberian reinforcement lebih ditingkatkan lagi dan menekankan pembinaan kedisiplinan serta pengendalian tingkah laku terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat |
Keywords: | Reinforcement Guru; Perilaku Disiplin |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:29 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:29 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55294 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |