Syabrina, Muhammad (2014) Pengembangan buku ajar Tematik berbasis karakter tema “makananku sehat dan bergizi” untuk kelas IV SD Islam As Salam Kota Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
12760008.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan buku ajar berbasis karakter untuk kelas IV tema “Makananku Sehat dan Bergizi” dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif di SDI As-Salam didasarkan pada kenyataan bahwa belum tersedianya buku ajar tematik khusus untuk peserta didik yang bersekolah di lembaga Islam yang berbasis Islam yang mengakamodir pembelajaran tematik dan adab. Tentunya karakteristik peserta didik yang sekolah dasar yang berbasis Islam berbeda dengan yang sekolah di sekolah dasar biasa. Karakteristik inilah yang menjadi faktor penting untuk penanaman karakter, sehingga media atau sarana pembelajaran harus disusun menyesuaikan dengan keadaan tersebut.
Dalam penelitian pengembangan buku ajar ini, pengembang menggunakan model desain pengembangan Dick and Lou Carey. Prosedur pengembangan model ini terdiri dari sepuluh tahap. Akan tetapi, pada pengembangan ini hanya Sembilan tahap yang dilaksanakan.
Pengembangan ini menghasilkan produk berupa buku ajar tematik berbasis karakter. Produk pengembangan ini diujicobakan melalui beberapa tahap secara berurutan yakni, (1) Validasi ahli materi, ahli media/desain pembelajaran, dan ahli bahasa, (2) Validasi dan uji coba guru tematik kelas IV, (3) Uji coba perorangan, kelompok kecil, dan uji coba lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar yang dihasilkan memiliki tingkat efektivitas dan kemenarikan yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji coba berada pada kategori baik menurut skala 5. Adapun hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan adalah sebagai berikut: (1) Validasi ahli materi 85,00%, (2) Validasi ahli media/desain pembelajaran 86,66%, (3) Validasi ahli bahasa 85,00%, (4) Validasi dan uji coba guru wali kelas IV 86,66%, (5) Uji coba perorangan 90,00%, (6) Uji coba kelompok kecil 91,66%, (7) Uji coba lapangan 87,05%. Selain hasil tersebut, percobaan penggunaan buku ajar tematik di SD Islam As-Salam juga menunjukkan adanya peningkatan karakter siswa yang dilihat dari peningkatan hasil pre-test dan post-test, setelah dianalisis menunjukkan: (1) Karakter religius Rata-rata peningkatan karakter pada postest mencapai 3.06 dibanding pretest yang hanya berada pada 2.41 yang menunjukkan bahwa ada peningkatan perolehan belajar basil belajar siswa sebesar 0.65. (2) Karakter Tanggungjawab Rata-rata peningkatan karakter pada postest mencapai 3.12 dibanding pretest yang hanya berada pada 2.24. (3) Karakter secara umum Rata-rata peningkatan karakter pada postest mencapai 77.20 dibanding pretest yang hanya berada pada 58.08 yang menunjukkan bahwa ada peningkatan perolehan belajar basil belajar siswa sebesar 19.12. Dengan demikian, pengembangan sudah dapat dikatakan memenuhi unsur kebutuhan pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik integratif berbasis karakter Islami di kelas IV.
ABSTRACT
Textbook development of thematic based on character fo 4th grade theme” Makananku Sehat dan Bergizi” using a thematic integrative learning approach in SDI As-Salam is based on the fact that the unavailability of a special thematic textbook for students enrolled in institutions of Islam which accommodate thematic and etiquette. Obviously the characteristics students of Islamic elementary school are different from the students in regular elementary school. This characteristic is an important factor for the cultivation of character, so the media or means of learning should be prepared to adjust to the situation.
In this study textbook development, developers use the design model of the development from Dick and Lou Carey. The model development procedure consists of ten stages. However, the development is just nine stages are implemented.
The product from this development is thematic textbook based on character. Product from this development was demonstrated through several stages in sequence namely, (1) Validation matter experts, media specialists / instructional design, and expert language, (2) Validation and testing of teachers thematic 4th grade, (3) trial individual, small group, and class trials.
The results showed that the textbook has generated a level of high effectiveness and attractiveness. This is indicated by the test results are in the good category according 5 scale. The results of the validation and testing that has been done is as follows: (1) Validation matter experts 85.00%, (2) Validation of expert media / design learning 86, 66%, (3) Validation linguists 85.00%, (4) Validation and teacher IV testing 86.66%, (5) 90.00% of individual trials, (6) 91,66% of a small group trials, (7) class trials 87.05%. In addition to these results, the experimental use of textbooks in As-Salam Islamic elementary school also showed an increase in students' character as seen from the increase in the pre-test and post-test, after analysis showed: (1) religious character average elevation of character at posttest reaches 3:06 pretest than just being at 2:41 which shows that there is an increase in learning acquisition for students to learn result 0.65. (2) Character Responsibility average elevation of character on the posttest than the pretest which reaches 3:12 just to be on the 2:24. (3) The characters in general average elevation of character to reach 77.20 compared pretest posttest only be at 58.08 which indicates that there is an increase in learning acquisition for students to learn result 19:12. So, development can already be said to meet the learning needs of the element, particularly the thematic learning-based integrative Islamic character in the fourth grade.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun and Aziz, Rahmat |
Keywords: | Pengembangan; Buku Ajar; Berbasis Karakter; Development; Textbook; character |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:35 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:35 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55293 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |