Ati, Dwi Sucik Ning (2006) Perbedaan tingkat Perilaku Prososial pada Anak Yatim yang tinggal di Panti Asuhan dengan Anak yang tinggal bersama Orang Tua di rumah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01410039.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perilaku prososial merupakan segala bentuk perilaku yang mempunyai konsekwensi sosial positif yang diwujudkan dalam bentuk pemberian bantuan fisik maupun psikis terhadap orang lain. Dengan indikator perilaku prososial yang meliputi simpati, kerjasama, membantu, berderma, dan altruisme. Anak-anak yang dimaksud adalah anak atau siswa dalam penelitian ini adalah mereka yang berada pada rentang usia 10-12 tahun dan bersekolah di Sekolah Dasar. Panti asuhan adalah lembaga yang mempunyai tanggungjawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial dan melakukan penyantunan serta pengentasan anak terlantar, memberikan pelayanan pengganti atau perwalian anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental, dan sosial pada anak asuh sehingga memperoleh kesempatan yang luas, dan memadai bagi perkembangan kepribadiannya. Panti asuhan dalam penelitian ini adalah panti asuhan dengan sistem asrama, yaitu anak yang tinggal di asrama dimana kondisi lingkungannya yang sesak karena tempat tinggal yang jadi satu dengan jumlah yang besar dan fasilitas yang masih terbatas. Tempat tinggal (rumah) adalah tempat kediaman atau tempat tinggal yang didiami atau ditinggali dan ditempati oleh seseorang atau beberapa orang. Tempat tinggal dalam penelitian ini adalah tempat tinggal di daerah pedesaan yang rata-rata rumahnya sederhana dengan dihuni oleh banyak anggota keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perilaku prososial pada anak yang tinggal di panti asuhan dengan anak yang tinggal di ramah.
Rancangan penelitian adalah komparasi. kuantitatif. Variabel bebas adalah tempat tinggal yaitu anak yang tinggal di panti asuhan (XI) dengan anak yang tinggal di ramah (X2). Variabel terikat adalah perilaku prososial (Yl). Populasi penelitian adalah siwa SD Gading Kembar II Jabung Malang kelas V dan VI, Panti asuhan Nurul Abyadh Malang, Panti asuhan putri Aisyiyah Muhammadyah Malang. Sampel diambil pada anak-anak yang berusia 10 sampai 12 tahun dengan teknik purposive random sampling. Instrumen penelitian adalah skala psikologi. Uji coba instrumen dilaksanakan di SD Gading Kembar dan panti asuhan Nurul Abyadh Malang. Uji validitas dengan rumus product moment. Uji reliabilitas dengan rumus alpha cronbach. Hasil uji coba menunjukan 5 item skala perilaku prososial yang gugur dari 50 item. Metode analisa data dengan rumus t-test.
Hasil penelitian menunjukan perilaku prososial pada anak yang tinggal di rumah (XM6O.433). Perilaku prososial pada anak yang tinggal di panti asuhan sebesar (X2 148.400). hasil uji beda yang dilakukan menunjukkan perbedaan (t = 4107 p>0.010) itu berarti ada perbedaan perilaku prososial yang sangat signifikan antara anak yang tinggal di panti asuhan dengan anak yang tinggal di rumah.
ABSTRACT
Prosocial behavior is patterns of behavior having positive social consequence actualized in from of giving physical and psychological aid to other. Indicators of prosocial behavior are including sympathy, cooperation, suport, give a donation, and altruism. The children observed in this observation are 10-12 years old and study in Elementary School. Orphanage is a institution having responsibility to provide social prosperity service, to help and to raise homeless children, and to give foster children guardianship service to meet their phsycal, mental, and social needs, so the children can obtain wide and proper change for the personality development. The orphanage observed in this project is an orphanage using dormitory system, which is ochupied by numerous children, but it is has unproper facilities. Home observed in this project is houses in village, which are simple and occupied by a lot of family member. The aim of this observation is to know the difference between prosocial behavior of the children living in orphanage and at home.
Observation design used is quantitative comparison. Free variable are children living in orphanage (XI) and children living at home (X2). Bound variable is prosocial behavior (Y1). Population observed is the pupils of SD Gading Kembar II Jabung Malang, level 5 and 6, “Nurul Abyadh” Orphanage Malang, and Female “Aisyiyah Muhammadyah" Malang. Sample taking technique used in this observation is Purposive Random Sampling Technique, Observation instrument used is Psychology Scale. Instrument try out is carried out in SD Gading Kembar II Jabung Malang and “Nurul Abyadh” Orphanage Malang. Validity test have done using Product Moment Formula, and reliability test using Alpha Cronbach Formula. The result of the test shown 5 items of prosocial behavior scale those are fall from 50 items. The data is analtzed using test Formula Method.
The result of this project shown prosocial behavior of the children living at home ( XI 160.433)m and children living in orphanage (X2= 148.400). result of differentiation test shown the difference ( t=4107;p, 0.010) it is could be concluded that there is significant difference betwwen prosocial behavior of the children living in orphanage and at home with parents.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Nuqul, Fathul Lubabin |
Keywords: | Perilaku Prososial; Panti Asuhan; Anak; Rumah Prosocial Behavior; Orphanage; Children; Home |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:29 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:29 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55260 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |