Rifa’i, Ahmad (2014) Implementasi metode UMMI untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ihsanul Amal Alabio Banjarmasin. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
12760029.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Metode Ummi adalah pendekatan dengan bahasa ibu. Bahasa ibu yang dimaksud adalah direct method yaitu metode langsung dan tidak banyak penjelasan, kedua ialah repetation atau diulang-ulang, ketiga yaitu kasih sayang yaitu kita dituntut harus bisa menunjukan kasih sayang kita terhadap anak didik kita. Tahapan pembelajaran metode Ummi : pembukaan, appersepsi, penanaman konsep, latihan, keterampilan, evaluasi dan penutup.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, memahami, dan mendeskripsikan tentang: Pembelajaran Metode Ummi yang dikembangkan di SDIT Ihsanul Amal Alabio, dengan fokus mencakup: (1) Implementasi metode Ummi di SDIT Ihsanul Amal Alabio, (2) Kualitas bacaan al-Quran setelah diterapkan metode Ummi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus (case studies). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Bidang Kurikulum, siswa, dan Kordinator Ummi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1 Implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca al-Quran adalah kurikulum yang diterapkan dengan 2 kurikulum, yaitu; kurikulum KTSP dan kurikulum dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). Penerapan pembelajaran metode Ummi mendapat antusias yang tinggi dari pihak lembaga SDIT Ihsanul Amal, kepala sekolah dan pihak guru. Pembelajaran al-Qur’an di SDIT Ihsanul Amal ini beralokasi waktu 2x35 menit dalam setiap pertemuan dan 8 JP/minggu, guru yang mengajar mendapatkan sertifikasi dari Ummi Foundation, guru-guru yang mengajar di SDIT ini juga kebanyakan hafizh-hafizah al-Quran, evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi harian, mingguan, bulanan dan semester; (2) Kualitas membaca al-Quran setelah diterapkan metode Ummi menghasilkan bacaan al-Quran yang baik dan sesuai dengan hukum-hukum tajwid yang berlaku, sebagaimana tes bacaan al-Quran yang dilakukan kepada 8 orang siswa melalui surah-surah pilihan yang berhubungan dengan kaidah-kaidah tajwid pada buku Ummi.
ABSTRACT
Ummi method is the mother tongue approach. Native language in question is a direct method, the direct method and not a lot of explanation, the second is repetation or repeated, the third is the love that we are required to be able to show our affection towards our students. Stages of learning Ummi method : opening, appersepsi, planting concepts, training, skills, evaluation and closing.
This study aims to analyze, understand, and describe about : Learning Ummi methods are developed in SDIT Ihsanul Amal Alabio, with focus include : (1) Implementation of the Ummi method at SDIT Ihsanul Amal Alabio, (2) Quality of reading the Quran after Ummi applied method.
This study used a qualitative approach with case study design (case studies). The data collection was done by using in-depth interviews, participant observation, and documentation. Technical analysis of the data includes data reduction, display data and drawing conclusions, checking the validity of the findings made by way of extension of the participation of researchers; triangulation techniques using a variety of sources, theories, and methods; and perseverance observations. Principal research informants namely, Waka Field Curriculum, Students, and Coordinator of Ummi.
The results showed that: (1 Implementation Ummi method in improving the quality of reading al-Quran is a curriculum that is implemented with 2 curriculum, namely, curriculum level education unit (KTSP) and curriculum of the Integrated Islamic School Network (JSIT). Application Ummi learning methods have high enthusiasm of the Charitable institutions SDIT Ihsanul Amal, head master and teachers. Learning the Qur'an in this Charity SDIT Ihsanul Amal times are 2x35 minutes in each meeting and 8 JP / week, certified teacher of Ummi Foundation, teachers who teach in SDIT is also mostly Hafiz-hafizah al- Quran, learning evaluation includes evaluation of daily, weekly, monthly and semester; (2 Quality of reading al-Quran after applied Ummi method produces al- Quran reading good and in accordance with the rules of recitation applicable, as the Quran reading test done to 8 students through surat options related to the rules of recitation on Ummi book.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. and Fadil, Fadil |
Keywords: | Implementasi metode Ummi; kualitas membaca al-Quran; SDIT Ihsanul Amal; Implementation Ummi method; Quality of Al-Quran Reading; SDIT Ihsanul Amal |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:35 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:35 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55248 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |