Marudin, Marudin (2014) Pengaruh pendekatan Contextual Teaching & Learning dengan metode Inquiry terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA siswa kelas V MIN Leneng Praya Lombok Tengah-NTB. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
12760028.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan suatu ilmu teoritis, IPA mempunyai ciri khas yaitu objektif, metodik, sistematik dan berlaku umum. Dengan sifat tersebut terkembangkan suatu sikap yang disebut sikap ilmiah yang salah satu dari sikap ilmiah tersebut adalah tidak percaya begitu saja pada suatu kesimpulan tanpa adanya bukti-bukti nyata. Namun dalam realitanya di sekolah, siswa selalu diberi pembelajaran dengan strategi konvensional yang menyebabkan siswa tidak berkembang dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa menyikapi permasalahan di atas, perlu dikembangkan pendekatan ataupun metode yang tepat dan efektif. Pendekatan CTL dengan metode Inquiry sebagai salah satu pendekatan atau metode alternatif yang menjadikan pembelajaran lebih efektif dan meneyenangkan yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Beranjak dari permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Tingkat Motivasi Belajar IPA Sebelum dan sesudah dilakukan CTL (Contextual Teaching & Learning) Pada Siswa Kelas V MIN Leneng Praya Lombok Tengah-NTB. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pendekatan CTL (Contextual Teaching & Learning) Denganmetode Inquiry untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MIN Leneng Praya Lombok Tengah-NTB.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kuantitatif Eksperimen, dengan jenis penelitian mandiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunaka observasi, wawancara dan dokumnetasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriftif kualitatif sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa dengan analisa deskriftif kuantitatif.
Dari hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa, bentuk penggunaan penedekatan CTL melalui metode Inquiry yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA adalah dengan guru memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa mencari jawaban atas pertanyaan tersebut dengan cara melakukan praktek atau percobaan. Penggunaan pendekatan CTL melalui metode Inquiry terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA min Leneng Praya Lombok Tengah-NTB. Hal ini dapat dilihat pada lembar observasi motivasi yang menunjukkan bahwa peningkatan motivasi siswa dari pre test sampai terakhir.
ABSTRACT
Natural Sciences is a scientific theory, but the theory was based on observations. IPA has a characteristic that is objectively, methodical, systematic and valid umum. By the nature of an attitude terkembangkan called scientific attitude among the scientific attitude is not just believe a conclusion without any real evidence. But in reality, schools, student learning is always given with conventional strategies that cause students do not thrive in learning activities that can affect students' motivation to address the above problems, need to develop approaches or methods are appropriate and effective. CTL approach with the method of Inquiry as an approach or an alternative method that makes learning more effective and meneyenangkan are expected to increase students' motivation in teaching science.
Moving on from the above problems, the formulation of the problem in this research is how the level of motivation to learn science before and after CTL (Contextual Teaching Learning) Students In Class V MIN LenengPraya, Central Lombok-NTB. While the purpose of this study is to describe the approach to CTL (Contextual Teaching Learning) With Inquiry method to increase students' motivation class V MIN LenengPraya, Central Lombok-NTB.
This study used a quantitative research design experiment, with the kind of independent research. Data was collected to make use of observation, interviews and dokumnetasi. Qualitative data were analyzed with descriptive qualitative analysis while the quantitative data were analyzed with analysis by quantitative descriptive analysis.
From the observation and empirical data in the field suggests that, through the form of the use of CTL Approach Inquiry method is effective in increasing students' motivation in science teaching is to the teacher asks the students then students search for answers to these questions in a way to practice or experiment. CTL approach through the use of Inquiry method proven to improve students' motivation in the fifth grade science this Leneng MIN Praya, Central Lombok- NTB. This can be seen in the observation sheet motivation suggests that increased student motivation from pre-test to the last.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M and Hidayah, Rifa |
Keywords: | Pendekatan CTL; Metode Inquiry; Motivasi Belajar IPA; CTL Approaches; Methods Inquiry; Motivation Science |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:35 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:35 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55246 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |