Ariadi, Akhmad Baidawi (2016) Pengembangan media pembelajaran IPS kelas II berbasis Multimedia Flipbook di MI Al Khoirot Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
14760029.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Flipbook merupakan salah satu jenis animasi yang menampilkan lembar- lembar sebuah halaman buku seperti layaknya sebuah buku. Penelitian ini pada KD. 2.3 Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga dengan tema kerjasama di sekitar tetangga. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan proses pengembangan media flipbook dalam pembelajaran IPS kelas II di MI Al Khoirot, 2) menjelaskan tingkat kemenarikan penggunaan media flipbook dalam pembelajaran IPS kelas II di MI Al Khoirot., 3) menjelaskan perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang menggunakan media flipbook dan siswa yang menggunakan metode konvensional.
Proses pengembangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembagan R&D, dengan model pengembangan ASSURE yang terdiri dari: a) menganilis pemelajar/peserta didik), b) menyatakan standar dan tujuan, c) memilih metode, media dan bahan pembelajaran), d) menggunakan media dan bahan pembelajaran, e) mengaktifkan keterlibatan peserta didik, f) evaluasi dan revisi. Hasil uji kelayakan diperoleh data kuantitatif dari pengisian angket dengan skala likert dan data kualitatif berasal dari saran dan komentar. Uji dependent sample t-test digunakan untuk menganalisis data pre-test dan post-test hasil belajar siswa.
Tingkat kemenarikan media flipbook kategori sangat menarik dengan skor uji coba perorangan sebesar 91,5%, uji coba kelompok kecil sebesar 96,9%, dan uji lapangan sebesar 91,3%. Hasil penelitian ini terdapat perpedaan antara hasil belajar IPS siswa yang menggunakan media flipbook dan siswa yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan uji-t sampel berpasangan menunjukkan pada bagian Paired Samples Test Sig. (2-tailed) sebesar .000 karena siqnifikansi kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvesional tidak ada perbedaan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji-t sampel berpasangan menunjukkan pada bagian Paired Samples Test Sig. (2-tailed) sebesar .015 karena siqnifikansi lebih dari 0,05 maka Ho diterima dan Hi ditolak.
ABSTRACT
Flipbook is one type of animation that displays the pages of a book pages like a book. This study on KD. 2.3 Give examples of other forms of cooperation in the neighborhood with the theme of cooperation in the neighborhood. The purpose of this study is 1) to describe the process of the development of media flipbook in learning social studies class II in MI Al Khoirot, 2) explain the level of attractiveness of the use of media flipbook in learning social studies class II in MI Al Khoirot, 3) explains the differences in the results of social studies among students using the media flipbook and students using conventional methods.
The process of developing this study using research planning and developing a R&D, with a development model ASSURE comprising: a) analyze the learners), b) state standards and objectives, c) selecting methods, media and materials) , d) utilize media and materials, e) required learner participation, f ) evaluate and revise. The test results obtained quantitative data on the feasibility of filling the questionnaire with Likert scale and qualitative data derived from suggestions and comments. Test dependent sample t- test was used to analyze the data pre-test and post-test student learning outcomes.
The level of attractiveness of the media flipbook very interesting category with a score of individual testing amounted to 91.5 %, small group trial amounted to 96.9 %, and 91.3% for field testing. The results of this study are the differences in the results of social studies students use media flipbook and students using conventional methods. Based on paired sample t-test showed portion Paired Samples Test Sig. (2-tailed) of .000 since siqnifikan less than 0.05 then Hi refused and Hi accepted. Student learning outcomes using conventional methods there is no difference in student learning outcomes. Based on paired sample t-test showed portion Paired Samples Test Sig. (2 - tailed) of .015 since siqnifikan more than 0.05 then the Ho is accepted and Hi rejected.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Murni, Wahid and Susilowati, Samsul |
Keywords: | Pengembangan media; flipbook; hasil belajar; Media Development; Flipbook; Learning Outcomes |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:35 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:35 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55245 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |