Maryamah, Maryamah (2016) Efektivitas metode Project- Based Learning dan media objek langsung terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
14760011.PDF - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Standar keterampilan menulis karangan ditingkat sekolah dasar masih rendah untuk itu diperlukan metode dan media pembelajaran yang efektif yang mampu memotivasi siswa agar lebih senang menulis sehingga terdapat peningkatan terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi. Adapun penelitian ini tujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Project-Based Learning dan Media Objek Langsung dengan siswa yang tanpa menggunakan metode Project-Based Learning dan Media Objek Langsung, dan (2) efektivitas metode Project-Based Learning dan Media Objek Langsung Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in Malang. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. homogenitas menunjukkan varian data penelitian ini homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji regresi.
Hasil penghitungan uji regresi pada data skor tes akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai t sebesar 3,739, df sebesar 15, dan P sebesar 0,002. Hasil penghitungan uji regresi pada data skor tes awal dan tes akhir kelompok eskperimen menunjukkan bahwa nilai t sebesar 3,455, df sebesar 19, dan P sebesar 0,003. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (P 0,003<0,005) maka signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan pada keterampilan menulis karangan deskripsi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Metode Project-Based Learning dan Media Objek Langsung dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan Metode Project-Based Learning dan Media Objek Langsung, dan (2) Metode Project-Based Learning dan Media Objek Langsung efektif dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in Malang.
ABSTRACT
Standard essay writing skills of primary school level is still low for the necessary methods and effective learning media that can motivate students to be more fun writing so there is an increase in the essay writing skills description. As this study aim to prove: (1) differences in the skill of writing essays descriptions of students who take the learning by using Project-Based Learning and Media Direct Object with students without using Project-Based Learning and Media Direct Object, and (2) the effectiveness of methods Project-Based Learning and Improvement Against Media Direct Object Description Essay Writing Skills In Government Elementary School fourth grade students Hidayatul Mubtadi'in Malang.
This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental methods. The research design was pretest-posttest control group design. The study population was the whole Islamic Elementary School fourth grade students Hidayatul Mubtadi'in Malang. The research sample was determined by random cluster sampling technique. Validity is the validity of the content used by expert judgment. Data collection technique used test, the pretest and posttest. Homogeneity showed homogeneous variant of this research data. Furthermore, the data were analyzed using regression test.
Results of regression test calculation at the end of the test score data control group and the experimental group showed that the t value of 3.739, df at 15, and P of 0.002. Results of regression test calculation at the beginning of the test score data and the final test group experimentation showed that the t value of 3.455, df is 19, and P 0,003. The P value is smaller than the significance level of 5% (P 0.003 <0.005) so significant. The conclusion of this study were (1) no significant differences ability on the skills of essay writing descriptions of students who take the learning by using Method Project-Based Learning and Media Direct Object with students who take the lesson without using the method of Project-Based
Learning and Media Direct Object, and (2) method of Project-Based learning and Media Direct Object effective in teaching essay writing descriptions on Government Elementary School fourth grade students Hidayatul Mubtadi'in Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Susanto, Djoko and Budianto, Langgeng |
Keywords: | efektivitas; metode Project-Based Learning; Media Objek Langsung; keterampilan menulis karangan deskripsi; effectiveness; methods Project-Based Learning; Media Direct Object; essay writing skills description |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 15:00 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 15:00 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55219 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |