Restyaning, Erna (2006) Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00410078.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Sedangkan Penyesuaian diri adalah kemampuan individu untuk menyelaraskan antara kebutuhan internal pribadi dengan tuntutan dari luar sehingga individu dapat berfungsi secara efektif dan seimbang. Terdapat realita di Universitas Islam Negeri Malang khususnya pada fakultas psikologi, adalah bahwa kebanyakan mereka memiliki penyesuaian diri yang sangat kurang. Hal ini dilihat dari sisi cara penyesuaian yang mereka lakukan, sisi positif dan negatif hasil penyesuaian (penyesuaian untuk kebaikan dan kejelekan). Hal ini tidak heran jika mahasiswa tersebut bukan mahasiswa fakultas psikologi yang sehari-harinya berkomunikasi dalam bidang psiko (jiwa), intuisi, lingkungan, kecerdasan, interaksi sosial dan cara-cara menghadapi hidup dalam bermasyarakat. Ketika seorang mahasiswa fakultas psikologi yang mengerti terhadap kecerdasan emosional dan penyesuaian diri maka sudah seharusnya mahasiswa tersebut minimal berusaha imtuk menjadikan diri mereka sebaik-baik individu baik dalam menata diri maupun dalam pergaulan sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional mahasiswa fakultas psikologi yang berhubungan dengan penyesuaian diri. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat hubungan yang positif antara tingkat kecerdasan emosional dengan tingkat penyesuaian diri. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah kecerdasan emosional sedangkan variabel terikatnya adalah penyesuaian diri Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi semester I, III, V dan ٧II serta berusia 18-21 tahun yang berjumlah 80 orang, dilakukan dengan cara metode quota sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari angket kecerdasan emosional dan angket penyesuaian diri. Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan Product Moment yang kemudian dikorelasikan dengan Part Whole untuk menguji validitasnya dan Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem angket
Dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson, didapatkan hasil r = 0,646 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitan ini terbukti bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri pada mahasiswa UIN Malang. Yang artinya bahwa semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional maka semakin tinggi pula tingkat penyesuaian diri.
ABSTRACT
Emotional Intellegence is ability to recognize our own feeling and feeling of others, ability of self-motivation alone and ability manage emotion better at ownself and in contact with others. While self adaptation is ability of individual to harmonize with internal requirement of person with demand from outside so that individual can function effectively and is well-balanced. There are realita in UIN Malang specially at psychology faculty, there are student most owning self adaptation of very less. This matter is seen from side of is way of adaptation which they do, negative and positive side result of adaptation (adaptation for the kindliness of ugliness and). This matter do not too interesting if the student non everyday psychology faculty student of him communicate in the field of psiko ( soul/ head]), intuition, environmental, intellegence, social interaction and way of facing to live in to go into society. When a psychology faculty student understanding to emotional quotient and self adaptation hence have student ought to be the minimize out for make their self as good as good individual in arranging self and also in assocciation of social.
This research aim to to know emotional quotient storey;level of psychology faculty student related to self adaptation. Hypothesis the raised is that there are relation with emotional quotient storey, level with storey; level self adaptation. There are two variable, free variable is Emotional Quotient and dependen variable. Sampel in this research is semester psychology student of 1, III, V and ofvn and also have age to 18-21 year, 80 person and used metod quota sampling. Instrument the used is enquette which consist of emotional quotient enquette and enquette self adaptation. For the instrument qviality testing is used Product Moment correlated with Part Whole to test the validity and Alpha cronbarch for questionnaire reliability item.
With used Product Moment Correlation formula from Pearson, result 0,646, means that the hypothesis of the research is proved with the existing of positiv correlation between Emotional Quotient with Self Adaptation among students of UIN Malang. Means that more the more high of Emosional Quotien so more the more high of Self Adaptation. And more the low of Emotional Quotien so more the low of Self Adaptation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Rahayu, Iin Tri |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Penyesuaian Diri Emotional Quotient; Self Adaptation |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 14:51 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 14:51 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55212 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |