Mikuati, Rahayu (2006) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada kamar bersalin di Rumah Sakit Islam Hasanah Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00410066.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Mutu pelayanan selalu menjadi perltatian dan menjadi kajian menarik bagi para ahli diberbagai negara. Untuk Indonesia sendiri GBHN 1999 menyatakan bahwa dalam Pelita VI tentang kebijakan sektor kesehatan masyarakat, serta kualitas pelayanan kesehatan.
Mutu pelayanan akan memberikan dampak terhadap kepuasan konsumen. Banyaknya Rumah Sakit menimbulkan persaingan ketat sesame rumah sakit Oleh karena itu Rumah Sakit dituntut untuk، mampu menggerakkan, mengatur dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan dari berbagai kelompok mulai dari tenaga professional sampai non professional, hal ini untuk menarik konsumen (pasien) agar memilih menggunakan jasa mereka dan mendapatkan kepuasan.
Rumah sakit Islam Hasanah merupakan salah satu rumah sakit yang ada di Indonesia. Oleh karenannya RSI Hasanah Mojekerto dituntut untuk mampu bersaing dengan memilih keunggulan dengan senansetiasa berusaha memberikan yang terbaik khususnya dalam hal kualitas pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kamar bersalin di RSI Hasanah.
2. Mengetahui bagaimana kepuasan pasien pada RSI Hasanah Mojekerto khususnya dikamar bersalin.
3. Mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang berusaha menggabungkan antara variabel-variabel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan self report yaleni berupa pilihan ganda dengan 4 alternatif jawaban yang harus dipilih oleh pasien observasi partisipan dimana penelitian tidak langsung terlibat dan ikut dalam suatu kelompok yang diteliti. Hal ini dilakukan karena tidak memungkinkan bagi peneliti untuk masuk dan terlibat langsung.
Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah koefesien korelasi berganda yakni untuk mengetahui hubungan positif antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen di RSI Hasanah Mojekerto. Pembuktian hipotesis menggunakan uji statistik multiple regresi dan koefesian regresi, ini terbukti hasil pengujian hipotesa dengan Dokumentasi dari dokumentasi peneliti mendapatkan arsip data pasien rawat inap untuk kepentingan perbandingan jumlah seluruh pasien dan pengambilan sampel.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh variabel X (kualitas pelayanan) dana Y (kepuasan konsumen dengan bantuan komputasi seri program statistik SPSS 11.0. maka dari sampel 40 orang didapat hasil analisis statistika tingkat kepuasan konsumen pada level tinggi 7,5 %% cukup 70 % dan rendah sebesarl2,7%.ReliabiIitas instrumen kualitas pelayanan 0,8867 , kepuasan konsumen sebesar 0,9163 kemudian dari statistika utama didapat korelasi positif antara konsumen dengan kualitas pelayanan sebesar 0,559 pada taraf sigaifikanasi P 0,001.
Maka kesimpulan yang didapat dari analisis di atas bahwa:
1. RSI Hasanah memiliki kualitas pelayanan kamar bersalin yang baik.
2. Pasien yang menggunakan jasa kamar bersalin merasa puas dengan pelayanan yang ada,
3. Ada pengaruh yang siguifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasaan konsumen pada kamar bersalin RSI Hasanah Mojokerto.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Judiari, Josina |
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 14:51 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 14:51 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55192 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |