Nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kisah Nabi Nuh AS di dalam Al-Quran menurut para Mufassir

Rohman, Yovi Nur (2016) Nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kisah Nabi Nuh AS di dalam Al-Quran menurut para Mufassir. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12110079.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan Islam sudah diterapkan sejak Allah mengajarkan nama-nama benda kepada nabi Adam AS. Bahkan semua Rasul yang diutus Allah kepada kaumnya secara tidak langsung telah menerapkan Pendidikan Islam. atas jasa para Rasul yang tidak mengenal lelah dalam menegakkan kalimat Allah, Ajaran Tauhid yakni ajaran Islam bisa berjaya dan terus berkembang sampai sekarang.

Peneliti berpendapat bahwa alangkah baiknya jika kita berusaha menemukan nilai-nilai pendidikan Islam dari sejarah-sejarah umat terdahulu yang ada didalam Al-Quran, karena dengan pendekatan sejarah kita bisa belajar segala sesuatu yang pernah terjadi sebagai bahan renungan untuk mengambil yang baik dan meninggalkan yang buruk.

Kisah yang dijadikan sampel peneliti dalam penelitan ini adalah kisah nabi Nuh AS dan kaumnya dengan merujuk pendapat para mufassir dalam menafsirkan ayat-ayat yang berhubungan dengan kisah nabi Nuh AS. Adapun Nilai-nilai pendidikan Islam yang mencoba peneliti temukan meliputi; Nilai pendidikan aqidah, Nilai pendidkan ahlak dan Nilai pendidikan ibadah.

Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) karena peneliti berusaha menemukan Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Al-Quran menggunakan analisis content.

Nilai-nilai Pendidikan Islam yang dapat peneliti simpulkan dari kisah nabi Nuh AS adalah (1) Nilai Pendidikan Aqidah meliputi: Perintah mengesakan Allah, Perintah beriman kepada Allah dan Rasulnya, Bertakwa kepada Allah dan Rasulnya, Beriman kepada hari pembalasan. (2) Nilai Pendidikan Ahlak meliputi: Lemah lembut dalam berdakwah, Berbaik sangka, Belas kasih dan saling menasehati, Sabar, Larangan bersikap sombong dan tidak menghargai orang lain. (3) Nilai Pendidikan Ibadah: Perintah amar ma’ruf nahi munkar, Mendidik anak dengan baik, Birrul walidain.

ENGLISH:

Islamic education has been applied since God teaches the names of objects to the prophet Adam. In fact all the Messengers sent by God to his people indirectly have implemented Islamic Education. for services Apostles tireless in upholding the sentence of God, Islamic teachings can prosper and continue to grow until now.

Researchers argue that it would be good if we try to find the values of Islamic education from the history of the past is in the Koran, because with the historical approach we can learn everything that ever happened as contemplative materials to take the good and leave the bad.

Stories sampled in this study is the story of Noah and his people with the reference to the opinions of the mufassirs in interpreting passages that relate to the story of Noah As for the educational values of Islam are trying to find researchers include: educational value of aqidah, educational value Morals and the educational value of worship.

This study included literature research because researchers trying to find the values of Islamic education in the Koran used content analysis.

The values of Islamic Education to researchers conclude from the story of Noah AS is (1) Values Education of Aqidah include: Command Oneness of God, command believe in Allah and his messenger, cautious to Allah and his messenger, Faith in the Day of Judgment. (2) Morals Education Values include: Meek in preaching, Be kind thought, Compassion and edify each other, Patient, Prohibition arrogant and does not respect others (3) Values Education Worship: commanding the good and forbidding the evil, Educating children well, treat the parents well.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sulalah, Sulalah
Keywords: Nilai; Pendidikan Islam; Kisah Nabi Nuh AS; Mufassir; Values; Islamic Education; The Story of Noah AS; mufassir
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 03 Jan 2017 09:11
Last Modified: 03 Jan 2017 09:12
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5519

Actions (login required)

View Item View Item