Rosyadi, Imron (2006) Studi Korelasi antara Prestasi Belajar dengan Kenaikan Remaja pada Siswa kelas 3 di MTs Miftahul Ulum Ngingit Tumpang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00410051.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Di kalangan remaja terutama remaja sekolah, sudah tidak asing lagi terjadinya perilaku negatif pada sisi Sisi di sekolah seringkali memiliki perilaku yang bermasalah yang tentunya cenderung kepada perilaku yang negatif. Hal ini menyebabkan timbulnya berbagai masalah kenakalan remaja di lingkungan sekolah. Remaja yang sedang mengalami perkembangan menuju kedewasaan dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan segala perubahan pada dirinya. Tentunya peranan pendidik dan orang tua sangat diperlukan untuk meredam kegoncanganjiwa dan mengarahkan remaja agar dapat mengembangkan segala potensi positif yang mereka miliki seperti bakat, kemampuan dan minat. Namun melihat fenomena dan realita yang terjadi saat ini bukanlah hal yang baru bahwa anak bermasalah dapat memiliki prestasi yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara prestasi belajar dengan kenakalan remaja.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan uji analisis statistik korelasional Karl Pearsons. Pengambilan sampel penelitian dalam penelitian ini peneliti mengambil sebagian siswa kelas 3. Sampel yang dimaksud adalah siswa kelas 3 sejumlah 60. Variabel terdiri dari 1 variabel bebas yaitu kenakalan remaja dan 1 variabel terikat yaitu prestasi belajar. Data prestasi belajar diperoleh dari rerata rapor semester 1 dan 2 siswa kelas 3 pada saat kelas 2. Data Kenakalan Remaja diperoleh dari penyebaran angket dengan bentuk tertutup.
Dari data penelitian dapat diketahui bahwa tingkat kenakalan remaja pada siswa tergolong sedang yaitu sebesar 86,7%. Untuk prestasi belajar siswa diketemukan bahwa tingkat prestasi belajar siswa kelas 3 tergolong sedang yakni sebesar 83,3%. Dan dari analisis data tentang hubungan prestasi belajar dengan kenakalan remaja dengan menggunakan analisis korelasi product moment dari Karl Pearsons didapatkan hasil 0,000 dimana taraf signifikansinya adalah 5%. Jumlah subyek 60 orang diketahui r tabel 0,254 sehingga rxy < r tabel yang berarti bahwa hipotesa yang diajukan peneliti dalam penelitian diterima. Hipotesa ada hubungan negatif antara prestasi belajar dengan kenakalan remaja pada siswa kelas 3 di MTs Miftahul Ulum Malang
ABSTRACT
Among adolescent especially school adolescent, have old stuff the happening of negative behavior at student. Student in school oftentimes have behavior having problem which it is of course tend to to negative behavior. This matter cause incidence of various problem of juvenile delinquent in school environment. Adolescent which is experiencing of growth go to adulthood claimed to can to adapt to all change at herself. It is of course educator role and parent very needed to to weaken soul convulsion and instruct adolescent to be can develop all positive potency which they have like talent, enthusiasm and ability. But see realita and phenomenon that happened in this time is not new matter that problem child can have good achievement Target of this research is to know do there are relation between achievement learn with juvenile delinquent.
Research type which used in research is quantitative research with statistical analysis test of Karl Pearsons korelasional. Intake of Sampel research in this research of researcher take some of class student 3. such Sampel is class student 3 a number of 60 . Variable consist of 1 free variable that is adolescent mischief and 1 variable tied that is achievement learn. Achievement data leam to be obtained from semester notification average 1 and 2 class student 3 at the class 2. Juvenile delinquent data obtained from spreading ofenquette with form closed.
From research data can know that juvenile delinquent storey level at student pertained is that is equal to 86,7%. For the achievement of leam student met that achievement storey level leam class student 3 pertained namely equal to 83,3%. And from data analysis about achievement relation leam with adolescent mischief by using moment product correlation analysis from Karl Pearsons got result 0,000 where its level is 5%. Amount of subyek 60 people known by r of tables of 0,254 so that rxy < r of is tables of meaning that raised hypothesizing researcher in research accepted. Hypothesizing " there is negative relation between achievement leam with juvenile delinquent at class student 3 in MTS Miftahul Ulum Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Annawati, Fonny |
Keywords: | Prestasi Belajar; Kenakalan Remaja Achievement Learn; Juvenile Delinquent |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 14:49 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 14:49 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55189 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |