S., Nur Hayati (2004) Tingkat Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence) siswa kelas II Madrasah Aliyah Negeri Sampang Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
99410203.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kualitas intellegensi atau kecerdasan yang tinggi dipandang sebagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam belajar atau meraih kesuksesan dalam hidupnya. Namun baru-baru ini telah berkembang pandangan lain yang menyatakan bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi keberhasilan (kesuksesan) dalam hidupnya bukan semata-mata ditentukan oleh tingginya kecerdasan intelektual, tetapi oleh faktor kemantapan emosionH yang oleh ahlinya, yaitu Daniel Goleman disebut Emotional Intelligence. Mengigat kondisi kehidupan dewasa ini semakin kompleks. Kehidupan yang semakin kompleks ini memberikan dampak yang sangat buruk teihadap kehidupan emosional seseorang Hasil survey terhadap para orang tua dan guru dalam bukunya Yusuf yang berjudul psikologi perkembangan anak dan remaja, yang hasilnya menunjukkan bahwa ada kecenderungan yang sama diseluruh dunia, yaitu generasi sekarang lebih banyak mengalami kesulitan emosional dari pada generasi sebelumnya. Mereka lebih kesepian dan pemurung lebih bringasan dan kurang menghargai sopan santun, lebih gugup dan mudah cemas. Untuk menuju keberhasilan (kesuksesan) seseorang dalam hidupnya didukung oleh kecerdasan emosional yang tinggi. Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif diskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa. Dalam pengumpulan data menggunakan angket, dan observasi. Dalam pengambilan sampel penelitian ini mengambil 75 siswa dari 150 siswa kelas n.
Instrumen penelitian ini adalah skala dengan menggunakan skala likert yaitu skala kecerdasan emosional yang mengacu pada 5 aspek kecerdasan emosional. Skor perhitungan tingkat kecerdasan emosional siswa kelas n dari 75 siswa (100%) tingkat tinggi 14 siswa (18,67 %), sedang 52 siswa (69,33 %), dan tingkat rendah 9 siswa (12,00 %). Semua perhitungan dengan menggunakan bantuan komputer versi IBM Seri Program Statistik (SPS) edisi Sutrisno Hadi dan Seno Pamurdiyanto (1996).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa kelas II Madrasah Aliyah Negeri Sampang berada pada tingkat sedang Untuk itu disarankan pada siswa atau remaja mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi karena akan berpengaruh pada keberhasilan dan kesuksesan seseorang.
ABSTRACT
Intelligence quality or high intelligence is seen as the factor effecting individual success in learning or in reaching their success life. However, recently Daniel Goleman has developed another point of view, that says the most dominant factor effecting their life success is not only determined by high intelligence, but it is also effected by Emotional Intelligence. To take into account that life condition today is more complex. This more complex life gives bad effect for individual emotional life. The result survey for parent and teachers was written by Yusuf, which is entitled Children and Teenager psychology development. The result showed that there is the same inclination for all people in world. That the current generation is more experiencing emotional difficulties than before, they are more silent and burnout, more aggressive and less in friendship, more nervous and anxiety. To reach individual success in their life is important encouraged by high emotional. Emotional intelligence is ability to recognize self-sense and another-sense, ability to motivate them selves, and ability to manage the emotion properly for them selves and in the relation with another people.
This research is descriptive quantitative research, which is aimed to know student emotional intelligence level. In collecting data is using questionnaire and observation. In taking sampling of the research is taking 75 students on the second class.
The research instrument is scale by using likert-scale, that is emotional intelligence scale based on 5 aspects of emotional intelligence. Score of computation of emotional intelligence level for student in the second class. There are 75 students (100%)و high level 14 students (18,67%)و mid level 52 students (69,33%)و and borderline 9 students (12,00%). All computations using SPS software by Sutrisno Hadi and Seno Pamurdiyanto (1996).
The result research showed that level of emotional intelligence student of Madrasah Aliyah Negeri Sampang on the second class stays on mid-level. Therefore, the student should have high emotional intelligence, because it will effect to individual success.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Soleh, A. Khudori |
Keywords: | Kecerdasan Emosional Siswa; Madrasah Aliyah Negeri Sampang Kabupaten Sampang Emotional Intelligence of Student; Madrasah Aliyah Negeri Sampang Kabupaten Sampang |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 14:48 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 14:48 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55175 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |