Rosyidi, Lukman (2004) Dampak Advertensi terhadap perilaku konsumen: Tinjauan Psikologis dan Normative kasus di Plaza Matahari Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97490092.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Advertensi pada jaman sekarang bukan saja menjadi masalah ekonomi, tetapi merupakan masalah psikologis juga. Hal tersebut disebabkan karena proses penimbulan kebutuhan pada konsumen untuk membeli barang-barang produksi merupakan proses psikologis. Kelakuan konsumen dipengaruhi oleh advertensi untuk membeli barang-barang atau mempergunakan jasa-jasa. Sehingga dalam hal ini penggunaan advertensi di Indonesia perlu untuk diselaraskan dengan norma masyarakat sekitarnya agar dalam proses sosialisasinya masyarakat dapat menerima dengan baik informasi yang disampaikan oleh produsen sekaligus dengan dapat diterimanya produk dari produsen ke konsumen tersebut maka pendapatan produsen pun dapat meningkat. Dengan demikian maka apakah dampak advertensi terhadap perilaku konsumen ditinjau dari psikologis dan normative kasus di Plaza Matahari Madiun.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data mengenai dampak advertensi terhadap perilaku konsumen ditinjau dari psikologis dan normative kasus di Plaza Matahari Madiun.
Penelitian ini dilakukan di Matahari Supermarket Madiun. Sampel berjumlah 10 orang dari pihak produsen dan 10 orang dari pihak konsumen. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisa dengan diorganisir seefektif mungkin, melakukan pengkodean, menganalisis data, menguji data dan menginterpretasi data.
Hasil penelitian menyatakan bahwa advertensi secara psikologis berdampak terhadap perilaku konsumen dan apabila hal tersebut didukung dari segi normative maka advertensi tersebut akan lebih baik dan lebih menguntungkan bagi kedua belah pihak baik produsen maupun konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Judiari, Josina |
Keywords: | Dampak Advertensi terhadap Perilaku Konsumen; Tinjauan Psikologis dan Normative Kasus di Plaza Matahari Madiun |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 14:54 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 14:54 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55156 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |