Asyik, Ahmad (2014) Pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) untuk peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Fatah Desa Banjarejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
10760016.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam penelitian masalah yang diambil adalah apakah dengan pendekatan PAIKEM model cooperatif Learning tipe KKP dapat meningkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V terutama pada materi membaca memindai. Pada pengamatan awal (pra siklus) diketahui bahwa aktivitas siswa terkesan monoton dan hasil belajar siswa berada di bawah kriteria ketuntasan Minimal (KKM), yakni sebesar 75.Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, tindakan yang dimunculkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi membaca memindai di kelas V MI Al Fatah Banjarejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang adalah “penggunaan metode PAIKEM model cooperatif learning tipe KKP”.
Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia, yaitu pada siklus II didapat hasil dari 34 siswa tidak terdapat anak yang tidak hadir sehingga semua mendapat nilai dengan rincian nilai rata-rata kelompok 79,12, nilai rata- rata individu 89,12, rata-rata nilai akhir 85,12 dan semua siswa menperoleh nilai di atas KKM. Peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum dan sesudah siklus II adalah 36,19 % pada siklus III dari 34 siswa juga hadir semua, dengan rincian nilai rata-rata kelompok 90,26, nilai rata-rata individu 90,56, rata-rata nilai akhir 90,44 dan semua siswa menperoleh nilai di atas KKM. Peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum dan sesudah siklus III adalah 44,71 %.
Meskipun pada Siklus I dari 34 siswa ada 2 siswa yang tidak mengikuti proses belajar mengajar sehingga tidak ada nilai, dengan rincian nilai rata-rata hanya 62,50, 22 siswa mendapat nilai di bawah KKM dan hanya 10 siswa yang mendapat nilai di atas KKM atau hanya 31,25 % dari siswa yang hadir tentu hal ini jauh dari apa yang diharapakan. Maka dari itu peneliti mengadakan perbaikan dengan cara mengobservasi cara belajar dan wawancara untuk mengetahui penyebab kurangnya prestasi belajar siswa.
Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan PAIKEM model Cooperative Learning tipe KKP dapat meningkatkan hasil belajar Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi membaca memindai siswa kelas V MI Al Fatah Desa Banjarejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Berdasarkan kesimpulan ini, maka disarankan kepada rekan guru agar menguasai dan mencoba menerapkan metode pembelajaran terbaru seperti metode PAIKEM model Cooperative Learning tipe KKP supaya suasana pembelajaran bisa hidup, bervariasi dan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar.
ABSTRACT
Problem of research is whether PAIKEM approach with Cooperative Learning Model Type KKP can increase student learning achievement in Indonesia Language Lesson Grade V precisely in the scan reading material. Preliminary observation (pre-cycle) has indicated that student activity is monotonous and student learning result remains below minimal accomplishment criteria, which counts to 75. Research type is classroom action research. The action shown in Indonesia Language in the scan reading material at Grade V MI Al Fatah Banjarejo, Pakis Subdistrict, Malang District, is “the use of PAIKEM Method with Cooperative Learning Model Type KKP”.
Result of observation indicates that the increase of student learning result on Indonesia Language is found at Cycle II and seen on 34 students. No absent students are observed such that all students have provided group average rate of 79.12, individual average rate of 89.12, and final average rate of 85.12. All students have mark above KKM. The increase of student learning result before and after Cycle II is 36.19 %. All students are presented and the detail of rating is group average rate of 90.26, individual average rate of 90.56, and final average rate of 90.44. All students have mark above KKM. The increase of student learning result before and after Cycle III is 44.71 %.
At Cycle I, of 34 students, there are 2 students who do not attend teaching- learning activity. They do not have mark such that the average rate only reaches 62.50. Besides, 22 students have mark below KKM. Only 10 students or 31.25 % of the presented students can get above KKM. This result is not expected. Therefore, the author attempts for improvement by observing the learning and interview methods to understand the reason behind the lack of student learning achievement.
Based on the result of learning improvement through Classroom Action Research, it is then concluded that the use of PAIKEM with Cooperative Learning Model Type KKP can truly increase the learning result of Indonesia Language lesson in the scan reading material for Grade V students at MI Al Fatah Banjarejo Village, Pakis Subdistrict, Malang District. It may be suggested to teacher colleagues that they must master and try to apply the latest learning method such as PAIKEM Method with Cooperative Learning Model Type KKP to produce a more living, variable and effective learning situation in order to increase learning result.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Susanto, Djoko and Rofiq, Aunur |
Keywords: | Pendekatan; Pembelajaran Aktif; Kreatif; Efektif dan menyenangkan; Bahasa Indonesia; Approach; Active; Creative; Effective and Pleasant Learning; Indonesia Language |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 09:27 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 09:27 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55106 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |