Adji, Waluyo Satrio (2014) Penanaman nilai-nilai kewirausahaan: Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Model Kota Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
12760024.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan dasar berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Anak mempunyai potensi yang luar biasa, khusunya cara kerja otaknya dalam menerima informasi dan menyimpannya dengan baik sampai mereka dewasa. Nilai yang ditanamkan pada usia emas anak akan membentuk karakter sesuai dengan nilai yang ditanamkan. Perencanaan pembelajaran tentang penanaman nilai-nilai kewirausahaan penting untuk disadari oleh guru, sehingga karakter wirausaha dapat diciptakan sedini mungkin. Penelitian ini difokuskan pada (1) Apa saja nilai-nilai kewirausahaan yang ditanamkan di SD Negeri Model Kota Malang,(2) Bagaimana cara menanamkan nilai-nilai kewirausahaan di SD Negeri Model Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanakan penelitian di SD Negeri Model Kota Malang, dikarenakan dalam misi di sekolah yaitu menjadikan kewirausahaan sebagai soko guru dalam pembelajaran, sarana dan prasarana yang memadai, dan prestasi siswa yang diraih baik nasional maupun internasional.
Hasil penelitian diketahui bahwa, (1) nilai-nilai kewirausahaan yang telah ditanamkan di SD Negeri Model Kota Malang adalah: nilai mandiri, nilai kreatif, nilai orientasi pada prestasi, nilai berani mengambil resiko, nilai kepemimpinan, nilai kerja keras, nilai jujur, nilai disiplin, dan komunikatif (2) cara penanaman nilai-nilai kewirausahaan melalui pengintegrasian nilai-nilai kewirausahaan kedalam setiap mata pelajaran,, budaya, ekstrakurikuler dan muatan lokal. Penelitian ini menyarankan (1) kepada Kepala Sekolah hendaknya selalu mempererat tali silaturahmi dengan orang tua dalam rangka menyamakan visi dan misi sekolah, menggalakan kegiatan-kegiatan terkait wirausaha, mengoptimalan kegiatan bisnis di sekolah melalui dunia online. (2) Kepada wali kelas hendaknya lebih bias menata perlengkapan pembelajaran seperti RPP sehingga apa yang diintegrasikan dapat termaktub di dalamnya, hendaknya sebelum mengintegrasikan nilai-nilai de dalam mata pelajaran lain, para wali kelas diharapkan untuk membuat jarring-jaring tema. (3) Kepada Sekolah Lain, SD Negeri Model Kota Malang adalah salah satu sekolah yang berfokus pada penanaman nilai- nilai kewirausahaan, harapannya dengan penelitian ini sekolah yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan sejak dini dapat menjadikan SD Negeri Model Kota Malang sebagai salah satu rujukan dalam mengembangkan nilai-nilai kewirausahaan di jenjang sekolah dasar.
ABSTRACT
Primary education plays an important role in improving the quality of human resources. Child has tremendous potential, especially the workings of his brain in receiving the information and store it properly until they are adults. The values inculcated at the golden age will form the character in accordance with the values that instilled. Lesson plans on subjects about instilling the values of entrepreneurship is important to realized by teachers, so that the entrepreneurial character can be created as early as possible. This research is focused on (1) What are the entrepreneurship values inculcated in SD Negeri Model Kota Malang, (2) How to instil the values of entrepreneurship in SD Negeri Model Kota Malang
The research is using qualitative research methods through a case study. The techniques of data collection through observation, interview, and documentation. Data analysed by data reduction, data display, and withdrawal conclusion. Conducting research in SD Negeri Model Kota Malang, because in a school’s mission is to make entrepreneurship as the role model in learning, adequate facilities and infrastructures, and students achievement are from both national and international.
Results of the research revealed that, (1) Entrepreneurship values that have been instilled in SD Negeri Model Kota Malang is the value of independent, creative, orientation on achievement, risk-taking, leadership, hard work, and honesty. (2) Method of instilling the entrepreneurship values through integrating the values of entrepreneurship in each subject, extracurricular activities, self-development, and local content. This research suggests (1) the principal, the principal should always tighten the relationship with the parents in order to equalize the vision and mission of the school, the principal should be promoting entrepreneurship related activities, should be the principal business activities in schools optimization through the online world. (2) To the guardian class, homeroom should be biased arranging learning equipment such as Lesson Learning can be integrated so that what is contained within it, should be before integrating the values de in other subjects, the homeroom teachers are expected to make a net-nets theme (3) To Other School, SD Negeri Model Kota Malang is one school that focuses on the cultivation of the values of entrepreneurship, this research hopes to schools that have the same vision and mission in instilling entrepreneurial values from an early age can make models of SD Negeri Model Kota Malang as a reference in developing the entrepreneurial values at primary school level.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad and Bashith, Abdul |
Keywords: | Nilai Kewirausahaan; Entrepreneurship Value |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 10:04 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 10:04 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55070 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |