Fardiana, Iis Uun (2014) Pengembangan media pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis Integrasi Sains dan Islam pada kelas IV MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
12760015.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan media berbasis integrasi sains dan Islam merupakan suatu proses pengembangan media yang dalam proses belajar mengajar dilakukan dengan cara menggunakan bantuan komputer serta memadukan media gambar, gambar bergerak (animasi), video, suara maupun teks berjalan, sehingga pembelajaran tidak akan terkesan monoton. Dalam pembelajaran IPA yang banyak membutuhkan pengetahuan secara nyata bisa terwujud dengan media macromedia flash berbasis integrasi sains dan Islam. Dengan demikian akan berdampak baik terhadap peningkatan pemahaman materi IPA pada siswa kelas IV MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo.
Berdasarkan pada latar belakang diatas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, sehingga peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan pengembangan media berbasis integrasi sains dan Islam dengan menggunakan program macromedia flash yang hasilnya menggunakan media CD (Compact Disc). Penelitian ini menggunakan R&D seperti yang dikemukakan oleh Dick & Carey. Pengumpulan data dilakukan dengan, dengan interview, angket dan observasi.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa pengembangan media berbasis integrasi sains dan Islam ini mampu meningkatkan pemahaman materi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo, terbukti prosentase rata-rata perolehan hasil belajar pada tes terakhir mencapai 85,8 dibanding tes awal yang hanya berada pada 76,8 yang menunjukkan bahwa ada peningkatan perolehan hasil belajar siswa setelah belajar menggunakan hasil produk pengembangan media ajar berbasis integrasi Sains dan Islam.
ABSTRACT
Developing media through science and Islam intergration is a process of media development in the learning process assisted by using computer system and picture creation, animation, video, audio, and moving text, so that learning will not seem monotonous. In learning science that requires a lot of real knowledge can be realized with Macromedia Flash-based media integration of science and Islam. Because of that, teaching and learning process. Will be attractive and give positive influence on students’ natural science comprehension at MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo.
Based on the research background, the objective of this research is to investigate those problems and to produce media based on science and Islam integration by using macromedia flash software and the output is in the form of CD (Compact Disc). This research used Research and Development methodology adapted from Dick and Carey methodology. To collect the data, the researcher applied interview, questionnaire, and observation.
The result shows that, developing natural sciences learning media based on science and Islam integration are able to increase fourth grade students’ comprehension on natural science material at Madrasah Ibtidaiyah Mamba'ul Huda Ngabar Ponorogo. It can be seen from the mean of post test result 85.8, while in the pre-test the mean 76.8. Therefore, it can be concluded that the students get better score after using the media.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Barizi, Ahmad |
Keywords: | Pengembangan; Media berbasis integrasi sains dan Islam; IPA; Development; Media-based integration of science and Islam; IPA |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 10:04 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 10:04 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55066 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |