Yuanita, Dianis Izzatul (2014) Pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas 3 di MI Arrahmah Purwotengah Papar Kediri. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
12760013.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dengan program macromedia flash 8 adalah salah satu dari beberapa komponen yang mendasari akan terwujudnya suatu pembelajaran yang efektif. Karena dengan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT dengan program macromedia flash 8 ini diinginkan akan dapat berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas 3 MI Arrahmah, Purwotengah, Papar, Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalen control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistic non parametik dengan uji wilcoxon,. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru dan siswa MI Arrahmah, Purwotengah, Papar, Kediri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan melalui dua tahapan yang pertama pemberian pre-test yaitu tes awal untuk mengetahui siswa segaimana pemahaman tentang pelajaran IPA. Tahap yang kedua yaitu pemberian post-test yaitu pemberian test akhir setelah diberi perlakuan fungsinya untuk apakah media pembelajaran berbasis ICT ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. (2) Penerapan media pembelajaran berbasis ICT dan penerapan pembelajaran konvensional memberikan pengaruh yang berbeda dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Hal ini terlihat dari uji hipotesis pada bab cuaca yang dilakukan dengan uji wilcoxon dapat diketahui bahwa rata-rata yang diperoleh pada post-test kelas eksperimen yakni 78,33 dan rata-rata post-test pada kelas kontrol yakni 60,00. Sedangkan uji hipotesis pada bab sumber daya alam yang dilakukan dengan uji wilcoxon dapat diketahui bahwa rata-rata yang diperoleh pada post-test kelas eksperimen yakni 82,33 dan rata-rata post-test pada kelas kontrol yakni 66,00.
Hasil observasi motivasi pada bab cuaca sebelum diberi penerapan media pembelajaran berbasis ICT diketahui pada aspek minat, perhatian, konsentrasi dan ketekunan rata-rata yang diperoleh 29,94% dan setelah penerapan media pembelajaran berbasis ICT diketahui rata-rata yang diperoleh 71,95%. Sedangkan Hasil observasi motivasi pada bab cuaca sebelum diberi penerapan media pembelajaran berbasis ICT diketahui pada aspek minat, perhatian, konsentrasi dan ketekunan rata-rata yang diperoleh 49,06% dan setelah penerapan media pembelajaran berbasis ICT diketahui rata-rata yang diperoleh 84,06%.
ABSTRACT
The use of ICT -based instructional media with macromedia flash 8 program is one of several components that will underlie the establishment of an effective learning. Due to the use of ICT -based instructional media with macromedia flash 8 program is desirable to be able to affect the motivation and learning outcomes of students in grade 3 MI Arrahmah, Purwotengah, Papar, Kediri.
This study uses a quantitative approach to the type of quasi-experimental research design with a control group design nonequivalen. Data was collected through interviews, observations, questionnaires and documentation. Data analysis was performed using statistical non parametik the Wilcoxon test. Sources of data in this study come from the principal, teachers and students MI Arrahmah, Purwotengah, Papar, Kediri.
The results showed that: (1) The study was conducted through the first two stages ie pre-test administration of the initial test to determine students' understanding of science lessons segaimana. The second stage is the provision of a post-test that is giving the final test after the treatment was given to whether the media functions of ICT -based learning can improve motivation and learning outcomes. (2) The application of ICT -based instructional media and the application of conventional learning different effect in increasing motivation and learning science students. This is evident from the hypothesis test is carried out with the weather chapter Wilcoxon test can be seen that the average obtained on the post-test experimental class that is 78.33 and the average post-test on the control class 60.00. While testing the hypothesis on natural resources chapter conducted with Wilcoxon test can be seen that the average obtained on the post- test experimental class that is 82.33 and the average post-test on the control class 66.00.
Motivation results in Chapter weather observation before being given the application of ICT -based instructional media known in the aspect of interest, attention, concentration and perseverance earned an average of 29.94 % and after the application of ICT -based instructional media known average gained 71.95 %. While the motivation observations on the weather before the chapter was given the application of ICT -based instructional media known in the aspect of interest, attention, concentration and perseverance earned an average of 49.06 % and after the application of ICT -based instructional media known to the average obtained 84.06 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. and Harini, Sri |
Keywords: | Media Pembelajaran Berbasis ICT; Motivasi; Hasil Belajar; IPA; ICT-Based Learning Media; Motivation; Learning Outcomes; IPA |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 10:04 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 10:04 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55062 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |