Fatmah, Nirra (2014) Pengaruh puisi Islami pada pembelajaran bahasa Indonesia terhadap pembentukan karakter di MI Nurul Jadid Kolomayan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
12760012.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Puisi islami merupakan puisi yang berhiaskan nuansa islam didalamnya. Tema dalam puisi islami tidak selalu membahas tentang keilahian, tetapi juga membicarakan tentang hubungan antar manusia, kasih sayang, pujian hingga keadaan sosial masyarakat. Puisi islami bisa disampaikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk membentuk karakter anak, karena bahasa termasuk media komunikasi. Oleh karena itu bahasa merupakan cermin kepribadian seseorang artinya melalui bahasa, seseorang dapat diketahui kepribadiannya atau karakternya. Dengan demikian, Bahasa Indonesia merupakan salah satu bidang yang memegang peranan penting untuk membentuk karakter seseorang, salah satunya yaitu dengan menggunakan puisi islami.
Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut, maka diperlukan puisi islami untuk di uji coba pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk membentuk karakter siswa, sehingga siswa dapat mengetahui dan memahami kandungan dan sifat atau karakter yang terdapat dalam puisi islami tersebut, dan bisa mengimplementasikan dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eksperimen Kuasi (Quasi Eksperimental) banyak digunakan dalam penelitian pendidikan terutama yang variabel-variabelnya ada yang tidak bisa diamati, seperti kematangan, regresi statistik, dll. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Jadid Kolomayan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar dengan mengambil sampel kelas III yang berjumlah 24 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa puisi islami pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap pembentukan karakter mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil pengamatan karakter baik sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada siswa kelas III sebesar 33,4% dan 62,5% yang berarti bahwa puisi islami pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap pembentukan karakter sangat efektif dari pengamatan uji coba dilapangan.
Dengan SPSS 16.0. Dalam hasil uji tersebut signifikansi (2-tailed) tertulis 0.046. Apabila 0, 046 ≤ 0, 05 = sangat signifikansi. Artinya Ho ditolak dan H1 diterima, kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan puisi islami pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap pembentukan karakter di MI Nurul Jadid Kolomayan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar.
ABSTRACT
Islamic poetry is poetry that is decorated with Islamic nuance in it. Themes in Islamic poetry is not always discussing about divinity, but also talked about human relationships, affection, praise to the social situation. Poetry Islamic learning can be delivered in Indonesian to shape the character, because the language of communication including media. Therefore, language is a reflection of one's personality that is to say through language, one can know his personality or character. Thus, Indonesian is one area that plays an important role in shaping a person's character, one of which is by using Islamic poetry.
To realize this learning, it is necessary to Islamic poetry in trials in learning Indonesian to form the character of students, so that students can know and understand the content and the nature or character contained in the Islamic poetry, and can implement in their daily lives.
His research uses Quasi-Experimental research (Quasi-Experimental) is widely used in educational research, especially that there are variables that can not be observed, such as maturation, statistical regression, etc.. This research was conducted in MI Nurul Jadid Kolomayan, Wonodadi Subdistrict, Blitar by taking samples of the third class numbering 24 students.
Based on the results, that poem Islamic learning Indonesian in the formation of character gets a good qualification assessment, because the character is based on observations both before and after the treatment was given in class III at 33,4% and 62,5% which means that poem Islamic learning Indonesian to the formation of a very effective character of the observations in the field trials.
With SPSS 16.0. In the results of the test of significance (2-tailed) 0.046 written. If 0, 046 ≤ 0, 05 = very significant. This means that Ho is rejected and H1 is accepted, the conclusion was no significant effect on the learning of Islamic poetry Indonesian towards the formation of character in MI Nurul Jadid Kolomayan, Wonodadi Subdistrict, Blitar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. and Fadil, Fadil |
Keywords: | Puisi Islami; Bahasa Indonesia; Pembentukan Karakter; Islamic Poetry; Indonesian; Character Building |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 10:04 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 10:04 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55060 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |