Triani, Dewi Agus (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Integrasi Sains dan Islam untuk mewujudkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SD Islam Al Azhaar Kabupaten Tulungagung. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
12760011.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perangkat pembelajaran adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Dari uraian tersebut dapat dikemukakan bahwa perangkat pembelajaran adalah sekumpulan media atau sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran dipersiapkan guru sebelum memulai pembelajaran.
Integrasi sains dan Islam pada pengembangan perangkat pembelajaran akan menghindari dikotomi ilmu, melihat pada kurikulum 2013 yaitu kurikulum tematik integratif. Pembelajaran tematik di MI/ SD Islam akan lebih barmakna jika pelajaran agama dan pelajaran umum tidak ada pemisahan dalam penyampaiannya, sehingga pelajaran agama masuk pada pemetaan tema bersama pelajaran umum lainnya. Selain itu, perangkat pembelajaran yang berintegrasi sains dan Islam akan memberikan kontribusi terhadap pembentukan karakter bangsa, antara lain karakter disiplin dan tanggung jawab. Penyusunan perangkat pembelajaran seperti silabus berkarakter, RPP berkarakter, buku guru dan buku siswa ini dapat membentuk karakter siswa, karena terintegrasinya sains dan Islam didalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati karakteristik perangkat pembelajaran berbasis intergrasi Sains dan Islam, keefektifan, efisiensi, dan kemenarikan perangkat pebelajaran, serta karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D), dengan model Dick and Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Al Azhar Tulungagung dengan mengambil kelas IV A yang berjumlah 21 siswa.
Hasil penelitian didapatkan perangkat pembelajaran mendapat penilaian kualifikasi baik, berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru pembelajaran tematik sebesar 83% yang berarti perangkat pembelajaran layak dan tidak perlu revisi, dari uji coba lapangan buku siswa mendapat kualifikasi layak dari semua subyek validasi uji coba lapangan. Dari ahli isi mendapat nilai 92% dan berada pada kualifikasi sangat layak sehingga tidak perlu revisi, sedangkan dari ahli desain buku ajar perangkat pembelajaran mendapat nilai 86,6% dan berada pada kualifikasi layak, sehingga perangkat pembelajaran tidak perlu revisi.
Dengan program SPPS 17.0 didapatkan bahwa hasil uji t paired, pada signifikansi (2-tailed) tertulis 0.000 dan t= 13,077. Apabila 0.000 0.050 = sangat signifikansi. Jadi, perangkat pembelajaran terbukti secara signifikan dapat mewujudkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas IV SD Islam Al Azhaar Tulungagung.
ABSTRACT
Instrument Learning are a number of materials, tools, media, instructions and guidelines to be used in the learning process. From this description can be argued that learning is a collection of media or devices that used by teachers and students in the learning process in the classroom. Learning Instrument prepared teachers before start the learning .
Integration of science and Islam on the development of instrument learning will avoid the dichotomy of science, see at the curriculum in 2013, namely thematic integrative curriculum. Thematic learning in MI / SD would be more meaningful if the Islamic religious studies and general studies there was no separation in this delivery, so get in on mapping religious studies with subjects other common themes. In addition, instrument learning that integrate science and Islami will contribute to the formation of national character, among others, the character of discipline and responsibility. Preparation of instrument learning such as syllabus character, character lesson plans, teacher book and this student book can form the character of students, due to the integration of science and Islam in it.
This study purpose to observe the characteristics of instrument learning based integration science and Islam, effectiveness, efficiency, and attractiveness of instrument learning, as well as the character of discipline and student responsibility. This study uses research Research and Development ( R & D ), Dick and Carey model which has ten steps in the procedure development. This research was conducted in Islamic grade students of Al Azhaar Tulungagung.by taking a class IV A, which has 21 students .
Learning results, the instrument got good qualifications assessment, based on the validation results obtained thematic learning the value of teachers by 83 % which means the device is worth learning and do not need to be revised, from field trials qualifying student gets a book worthy of all subjects validation field trials. Of content experts scored 92 % and is at a very decent qualification that does not need revision, while the expert design textbook learning device scored 86.6 % and was in decent qualifications, so that the learning does not need to be revised.
With the program SPPS 17.0 was found that the results of paired t-test , the significance ( 2 - tailed ) 0.000 Written and t = 13.077. If 0.000 < 0.050 = highly significant. So, the instrument proved to be significantly learning can realize the character of discipline and responsibility fourth Islamic grade students of Al Azhaar Tulungagung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Minarno, Eko Budi |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; Integrasi Sains dan Islam; Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab; Instrument Learning; Integration Science and Islam; Character Discipline and Responsibility |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 10:04 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 10:04 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55045 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |