Hafiz, H. Abdul (2014) Pengembangan buku ajar tema “tempat tinggalku” berbasis Al-Qur’an dan Hadits kelas IV semester II di SDI/MI Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
12760002.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan Buku Ajar tema “Tempat Tinggalku” Berbasis Al-Qur‟an dan Hadits Kelas IV Semester II di SDI/MI Kandangan Kab. Hulu Sungai Selatan Prov. Kalimantan Selatan ini didasarkan pada kenyataan bahwa belum tersedianya bahan ajar yang terintegrasi dengan Al-Qur‟an dan Hadits. Hal pengembangan ini dimaksudkan untuk dapat memenuhi tersedianya buku ajar yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah Islam secara umum dan khususnya sasaran penggunaan bahan ajar.
Tujuan penelitian ini secara khusus adalah (1) Menghasilkan buku ajar berupa buku siswa yang dapat dijadikan rujukan untuk pembelajaran tematik terpadu kelas IV tema “Tempat Tinggalku” Berbasis Al-Qur‟an dan Hadits. (2). Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV tema “Tempat Tinggalku” Berbasis Al-Qur‟an dan Hadits.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembanagn Research and Development (R & D), dengan model Dick & Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Sungai Paring Kandangan dan SDIT Qurrata „Ayun Kandangan dengan mengambil kelas IV yang berjumlah 13 siswa ntuk MIN Sungai Paring Kandangan dan 26 siswa untuk SDIT Qurrata „Ayun.
Berdasarkan hasil uji coba buku ajar oleh ahli isi sebesar 86% dengan kualifikasi baik. Hasil uji coba buku ajar oleh ahli desain sebesar 91% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba buku ajar oleh ahli bahasa sebesar 80% dengan kualifikasi baik. Hasil uji coba buku ajar oleh ahli pembelajaran pada MIN Sungai Paring Kandangan sebesar 84,61% dengan kualifikasi baik. Hasil uji coba buku ajar oleh ahli pembelajaran pada SDIT Qurrata „Ayun Kandangan sebesar 80% dengan kualifikasi baik.
Uji coba lapangan yang dilakukan di MIN Sungai Paring Kandangan menunjukkan bahwa respon pengguna terhadap pengembangan buku ajar ini berada pada kualifikasi baik atau setara dengan presentase skala tingkat pencapaian sebesar 86,15%. Sedangkan uji coba lapangan yang dilakukan di SDIT Qurrata „Ayun Kandangan menunjukkan bahwa respon pengguna terhadap pengembangan buku ajar ini berada pada kualifikasi baik setara dengan prosentase skala tingkat pencapaian sebesar 88,15%.
Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 berbasis Al-Qur‟an dan Hadits.
ABSTRACT
The textbook development which have Al-Qur‟an and Hadits basis for fourth grade, second semester of elementary school which have theme “Tempat Tinggalku” in SDI/MI Kandangan Kab. Hulu Sungai Selatan Prov. Kalimantan Selatan, based on the preliminary research that there is no integrated textbook. This research and development aims to provide the textbook in improving students‟ learning outcome or students‟ achievement in Islamic school.
The aims of this research are (1) to release the final product of students‟ textbook which could be the one of the thematic guidance for fourth grade students which have theme “Tempat Tinggalku” along with Al-Qur‟an and Hadits basis. (2) to improve students‟ learning outcomes in thematic learning.
This research employ Research and Development (R & D), with Dick & Lou Carey model which have ten steps in developing procedure. This research takes place in MIN Sungai Paring Kandangan and SDIT Qurrata „Ayun Kandangan, and the objective of this research are fourth grade students of Elementary School which is consist of 13 students and 26 students.
Based on the try-out of textbook by the content expert got 82% with have good qualification,the design by the expert got 91% with have very good qualification, and by the linguist expert got 80% means good qualification. The result of textbook by the expert teacher in MIN Sungai Paring Kandangan got 84.61% which have good qualification and in SDIT Qurrata „Ayun Kandangan got 80% means have good qualification as well.
The try-out has been deployed in MIN Sungai Paring Kandangan shows that the respondents of the development of textbook users in the main of good qualification or in equivalence with the percentage of the achievement scale 86.15%. Meanwhile in SDIT Qurrata „Ayun Kandangan shows that the respondents of the development of textbook has come to the good qualification which have 88.15% scale.
In conclusion the textbook which is being developed have good qualification achievement, then it is appropriate to use in the thematic learning in curriculum 2013 which consist of Al-Qur‟an and Hadits basis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus and Rofiq, Aunur |
Keywords: | Buku Ajar; Tematik Terpadu; Berbasis Al-Qur‟an dan Hadits; Textbook; Thematic base; the basis of Al-Qur‟an and Hadits |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 10:04 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 10:04 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55036 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |