Minhad, Minhad (2013) Profesionalisme Guru IPA dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sekuduk Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas, Propinsi Kalimantan Barat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
11760018.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Fokus penelitian dijabarkan dengan subfokus sebagai berikut: (1) Faktor- faktor apa yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di MIN Sekuduk? (2) Bagaimana profesionalisme guru IPA dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MIN Sekuduk?
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sekuduk Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis studi kasus, teknik pengumpulan data dengan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data, pengecekan keabsahan data, dan yang terakhir adalah tahap-tahap penelitian yang akan dilakukan.
Dari hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, faktor pendukung dalam meningkatkan prestasi peserta didik pada mata pelajaran IPA di MIN Sekuduk Kecamatan Sejnagkung Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat yaitu: pertama, dipengaruhi oleh peserta didik itu, karena seperti apapun pengaruh dari orang lain akan mampu mengantarkan pada kesuksesan jika orang itu mau melakukannya atau merubahnya atau dengan kata lain meraih yang dinginkan. Kedua, dipengaruhi oelh faktor-faktor sosial yaitu lingkungan madrasah yang kondusif, lingkungan yang mendukung serta lingkungan masyarakat sekitar. Kedua, profesionalisme guru IPA dalam meningkatkan prestasi peserta didik pada mata pelajaran IPA yaitu: (1) Guru IPA sudah menguasai substansi bidang studi baik dalam meningkatkan dan mengaplikasikan bidang studi serta sesuai dengan konteks lingkungan madrasah, (2) Baik pula dalam mengembangkan konsep ilmu/ teknologi, (2) Sangat sesuai pula materi dengan perkembangan siswa, (3) Guru juga sangat baik dalam merealisasikan perencanaan dan pembimbingan terhadap siswa dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari, (4) selalu mampu membimbing siswa dengan baik. latarbelakang pendidikan guru IPA di MIN Sekuduk tidak sesuai karena beliau lulusan STKIP jurusan bimbingan konseling, namun ia selalu mengikuti berbagai kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan dalam mata pelajaran IPA, (5) Dalam ciri yang lain guru IPA memiliki rasa pengabdian yang baik kepada masyarakat, (6) Bekerja atas dasar hati nurani.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran sebagai bahan pertimbangan dalam profesionalisme guru IPA dalam meningkatkan prestasi peserta didik pada mata pelajaran IPA, sehingga akan mampu menjadikan atau meningkatkan profesionalitas guru secara berkualitas termasuk juga peserta didiknya. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran sebagai bahan pertimbangan dalam profesionalisme guru IPA dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MIN Sekuduk Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat yaitu guru IPA lebih memberikan peran berarti dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran IPA.
ABSTRACT
This study focus on two research problems: First, What is the factors that influence the students’ outstanding study in sciences subject in Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sekuduk?. Second, How is the sciences teacher’ professionalism in increasing the students’ outstanding in Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sekuduk?
The study is conducted in Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN). It is designed as a qualitative research (case study). The instruments used to collect the data are observation sheet for the researcher, observation checklist, interviewing, documentation and the last is the step in doing the research.
The whole results of the study are: First, The factors that support to increase the students’ outstanding study of science subject in Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sekuduk Sambas Kalimatan Barat. (1) Self Motivation, Students have effort to get what they want (2) It is influenced by social factors such as environment and the culture of the society. Second, the role of head master of Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)Sekuduk Sambas Kalimantan Barat as EMASLIM (Educator, Manager, Supervisor, Leader, Innovator and Motivator), (1) Head master ask some teachers to continue their study in SI and S2 program, every week the workshop held in the school to make a better quality of the teachers, (2) teachers always delegated to join in training for all of the lesson, (3) holding the study comparative to other institution which has a better quality, (4) they join in KKG forum in Kalimantan Tengah, (5) making a good relationship with other institution, (6) providing the library in order to make better quality of the teachers.
From the result of this study, researcher gives suggestion as consideration in sciences teacher’ professionalism increasing the students’ outstanding in sciences subject, in order to increase the quality of the teacher and student, and also the teacher give the role or responsible to the students to increase the students’ outstanding study in sciences subject.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Susanto, Djoko |
Keywords: | Profesionalisme; Guru IPA; Prestasi Belajar dan Peserta Didik; Professionalism; Sciences’ teacher; outstanding study; Student |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 10:04 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 10:04 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55030 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |