Rahman, Marita Lailia (2013) Implementasi kurikulum Cambridge dalam pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar: Studi kasus di SDIT Baitul Izzah Nganjuk. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
11760030.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kurikulum adalah elemen krusial dalam proses pendidikan. Kurikulum berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Lembaga pendidikan perlu menyadari pentingnya kurikulum. SDIT Baitul Izzah Nganjuk sebagai sebuah lembaga pendidikan dasar Islam di Nganjuk memadukan kurikulum nasional, agama dan Cambridge dalam pembelajaran. Kurikulum Cambridge diterapkan dalam tiga mata pelajaran, matematika, sains, dan bahasa Inggris. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional adalah mata pelajaran yang termasuk dalam muatan lokal. Saat ini, muatan lokal bahasa Inggris mendapatkan stigma negatif dari masyarakat dengan anggapan memberatkan siswa. Namun, dengan diterapkannya kurikulum Cambridge dalam muatan lokal bahasa Inggris, SDIT Baitul Izzah Nganjuk meraih banyak prestasi baik akademik maupun non akademik. Hal itu menunjukkan bahwa bahasa Inggris penting untuk dipelajari sejak pendidikan dasar. Berangkat dari permasalahan di atas, maka penelitian ini menjadi urgen untuk dilakukan. Adapun fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran bahasa Inggris di SDIT Baitul Izzah Nganjuk, (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di SDIT Baitul Izzah Nganjuk, (3) Bagaimanakah Evaluasi pembelajaran bahasa Inggris di SDIT Baitul Izzah Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data berasal dari informan dan dokumentasi yang disesuaikan dengan fokus penelitian. Untuk teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian/display data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:. (1) Perencanaan pembelajaran bahasa Inggris di SDIT Baitul Izzah Nganjuk meliputi tujuan, materi, media, strategi dan penilaian pembelajaran. Tujuan pembelajaran bahasa Inggris di SDIT Baitul Izzah Nganjuk adalah untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan globalisasi. Materi dalam pembelajaran bahasa Inggris diambil dari panduan kurikulum Cambridge yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Media pembelajaran yang digunakan menggunakan media cetak dan media elektronik berupa buku dan OHP. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris disesuaikan dengan materi, situasi dan kondisi siswa dalam kelas. Sedangkan penilaian pembelajaran bahasa Inggris dilakukan dengan penilaian tes dan non tes berupa tes tulis dan penilaian afektif. (2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di SDIT Baitul Izzah Nganjuk sesuai dengan silabus dan RPP berdasarkan panduan kurikulum Cambridge. RPP tersebut memuat langkah-langkah guru sebelum pelajaran dimulai, saat pembelajaran berlangsung, dan ketika pembelajaran berakhir. Pada saat pembelajaran berakhir guru juga menggunakan umpan balik untuk mengetahui pemahaman siswa. (3) Evaluasi pembelajaran bahasa Inggris di SDIT Baitul Izzah Nganjuk dilakukan ketika adanya kelompok kerja guru yang menggunakan kurikulum Cambridge bidang bahasa Inggris. Selain itu evaluasi juga dilakukan ketika pembelajaran berakhir dengan menggunakan umpan balik. Evaluasi yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.
ABSTRACT
The curriculum is a crucial element in the educational process. The curriculum serves as a tool to achieve educational goals. Education institutions need to be aware of the importance of the curriculum. SDIT Baitul Izzah Nganjuk as a basic Islamic education institution in the national curriculum combines national, religion and Cambridge in learning. Cambridge curriculums are implemented in three subjects, mathematics, science, and English. English as an international language is a subject included in local content. Currently, English local content gets a negative stigma of people with burdensome student assumption. However, with the implementation of the curriculum in the Cambridge English local content, SDIT Baitul Izzah Nganjuk won many achievements both in academic and non-academic. It shows that it is important to learn English since elementary school. Departing from the above problems, it is becoming urgent research to be done. The focus of the study include: (1) How is the planning of learning English at SDIT Baitul Izzah Nganjuk, (2) How is the implementation of learning English at SDIT Baitul Izzah Nganjuk, (3) How is the evaluation of learning English at SDIT Baitul Izzah Nganjuk.
This study used a qualitative approach and case study research. Source data comes from informants and documentation tailored to the research focus. For data capture techniques using interviews, observation, and documentation. The data analyses are done with data reduction, presentation / display the data and drawing conclusions. To check the validity of the data is done by triangulation.
The results showed that: (1) Planning in learning English at SDIT Baitul Izzah Nganjuk includes objectives, materials, media, strategy and assessment of learning. The purpose of learning English at SDIT Baitul Izzah Nganjuk is to prepare students to face the challenges of globalization. Materials in English lessons are taken from the Cambridge curriculum guides that are tailored to the needs of students. Instructional media used to use print and electronic media such as books and OHP. Strategies that are used in English language learning materials adapted to the situation and condition of the students in the classroom. While learning English language assessment performed with assessment tests and non-test in the form of a written test and affective ratings. (2) The implementation of English language learning in SDIT Baitul Izzah Nganjuk in accordance with the syllabus and lesson plans based on curriculum guidelines Cambridge. The lesson plan contains steps the teacher before class starts, when the learning takes place, and when the study ended. At the end of learning, teachers use feedback to determine student understanding. (3) Evaluation of learning English at SDIT Baitul Izzah Nganjuk work done when a group of teachers who use the curriculum areas of English Cambridge. The evaluation is also done when the learning ends by using feedback. Evaluation conducted aimed to determine the level of knowledge and understanding of students in learning English.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Susanto, Djoko and Zain, Basri |
Keywords: | Implementasi; Kurikulum Cambridge; Bahasa Inggris; Implementation; Cambridge Curriculum; English |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:24 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:24 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55029 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |