Zuhri, Anis Fuadah (2013) Pendidikan karakter berbasis Puisi: Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia kelas V SD/MI. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
11760029.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Berbagai fakta menunjukkan telah terjadi kemerosotan kualitas pendidikan di Indonesia. Sistem pendidikan dianggap gagal, karena melahirkan lulusan yang berkemampuan baik secara akademik namun memiliki moral yang rendah. Sudah selayaknya perbaikan proses pendidikan dan kualitas hasil didikan diperhatikan melalui langkah-langkah yang mendasar, konsisten dan sistematis. Penyempurnaan dilakukan melalui pendidikan yang meningkatkan kualitas akademis (pengetahuan), keterampilan, dan mampu menejembatani dimensi moral pendidikan dengan ranah sosial dan sipil peserta didik. Pendidikan yang dibutuhkan adalah pendidikan yang membekali dan mengarahkan peserta didik, sehingga tidak terpaku hanya pada kemampuan secara akademik. Berawal dari berbagai hal tersebut, perlu dilakukan konsolidasi agar pendidikan dapat membekali peserta didik dengan kemampuan akademik yang baik dan lulusan memiliki karakter yang baik pula. Pendidikan karakter berbasis puisi dirancang untuk memberikan kontribusi terhadap persoalan-persoalan tersebut.
Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk buku ajar yang berjudul Pendidikan Karakter Berbasis Puisi. Hasil pengembangan ini dijadikan suplemen dalam mempelajarai Bahasa Indonesia dengan tema puisi. Belajar apresiasi sastra dalam hal ini puisi yang telah dipadukan dengan nilai karakter pada hakikatnya adalah belajar tentang hidup dan kehidupan. Melalui karya tersebut, peserta didik akan memperoleh gizi batin, sehingga sisi-sisi gelap dalam hidup dan kehidupannya bisa tercerahkan lewat kristalisasi nilai yang terkandung dalam karya yang dipelajarinya. Buku ajar ini dapat dipelajari peserta didik secara mandiri atau dengan bimbingan guru.
Penelitian dan pengembangan ini dirancang menggunakan desain pengembangan pembelajaran Dick dan Carey, yang dikhususkan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD/MI se-kecamatan Ponggok. Pengembangan buku ajar ini telah melewati uji coba beberapa tahap. Hasil uji coba tersebut menunjukkan: prosentase 90,00% berasal dari penilaian (review) ahli isi materi pendidikan karakter dan kurikulum pendidikan dasar berada pada kualifikasi sangat baik sehingga tidak perlu mendapatkan revisi; hasil penilaian (review) ahli isi materi puisi mencapai prosentase 85,00% berada pada kualifikasi baik dan tidak perlu mendapatkan revisi; ahli materi Bahasa Indonesia melakukancreview dengan prosentase 80,00%; prosentase 73,00% merupakan penialaian (review) ahli desain pembelajaran, perlu mendapatkan revisi sesuai dengan instruksi; hasil uji coba perorangan terhadap peserta didik SDN Kebonduren I mencapai prosentase 91,00% dan hasil uji coba perorangan terhadap peserta didik MI Hasyim Asy’ari Kebonduren mencapai prosentase 97,00%, keduanya berada pada kualifikasi sangat baik sehingga tidak perlu diadakan revisi; hasil uji coba kelompok kecil di SDN Ponggok I mencapai prosentase 87,00% dan prosentase 89,00% hasil uji coba kelompok kecil di MI Misriu Subontoro, keduanya berada pada kualifikasi baik dan tidak perlu revisi; uji coba lapangan di MIN Sidorejo berada pada prosentase 79% berada pada kualifikasi baik dan tidak perlu direvisi; uji coba terhadap guru matapelajaran Bahasa Indonesia di dua Sekolah Dasar (SD) dan tiga Madrasah Ibtida’iyah (MI) mendapatkan prosentase 93,00% berada pada kualifikasi sangat baik dan tanpa revisi. Perolehan nilai pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir) mengalami pengingkatan sebesar 7,96; dari nilai pre-test sebesar 88,33 dan nilai post-test sebesar 96,29; sehingga buku ajar Pendidikan Karakter Berbasis Puisi ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan tema puisi.
Bahan ajar Pendidikan Karakter Berbasis Puisi ini masih belum sempurna, karena masih diuji cobakan pada kelompok terbatas, waktu yang relatif singkat, dan uji coba lapangan hanya menggunakan sampel pokok bahasan tertentu. Diharapkan peneliti dan pengembang berikutnya melakukan uji coba yang lebih luas demi kesempurnaan produk yang dikembangkan.
Penyebaran produk bahan ajar ini dapat dilakukan melalui MGMP Bahasa Indonesia dan KKG Bahasa Indonesia. Forum tersebut merupakan wadah yang tepat bagi pengembangan bahan ajar ini. Penyebaran produk ini juga bisa dilakukan melalui jurnal penelitian, dengan maksud memberikan informasi kepada guru dan instansi lainnya tentang pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar ini.
Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar Pendidikan Karakter Berbasis Puisi diharapkan dipelajari dan dimanfaatkan oleh semua pihak yang membutuhkan bahan ajar apresiasi puisi berbasis karakter; sehingga kritik dan masukan dapat peneliti peroleh demi meningkatkan kualitas pengembangan berikutnya.
ABSTRACT
Various facts indicate there has been a decline in the quality of education in Indonesia. The educational system has failed, because the graduates are capable academically but have low morale. They should have improved the quality of the education process and education through basic steps, consistent and systematic. Improvements made to improve the quality of education through academic (knowledge), skills, and able to consolidate moral dimension of education with social and civic realm learners. Education needed is education that equips and directs learners, so it does not dwell only on the basis academic ability. Starting from this, needs to be done in order to consolidate education that equip learners with good academic skills and graduates have a good character as well. Poetry-based character education designed to contribute to these problems. The research and development produce a textbook titled Poems Based Character Education.
This development results as a supplement in learning Indonesian themed poetry. Learn to appreciate literature in this poem has been combined with the value of the character in essence is learning about life and living. Through these works, students will gain an inner nutrition, so the darker sides of life and life can be enlightened through the crystallization of the values contained in the works of the learned. This textbook can learn by students independently or with the guidance of a teacher.
Research and development has been designed using the design and development of teach Dick Carey, who is devoted to teach Indonesian class V SD / MI as Ponggok. The textbook development has gone through several stages of trials. The trial results showed: 90.00% percentage derived from the assessment (review) expert content material and character education curriculum basic education at a very good qualification so no need to get a revision; outcome assessment (review) poetry matter expert content reaching 85 percent, are in good qualifications and do not need to get a revision; Indonesian matter experts reviewing the percentage of 80.00%, 73.00% is the percentage of assessment (review) expert instructional design, needs to get revised in accordance with the instructions; individual trial results on learners SDN Kebonduren I reached 91.00% and the percentage of test results to the individual learner MI Hasyim Kebonduren percentage reaches 97.00%, both of which are very good in qualifying so there should be a revision; small group of trial results SDN Ponggok I reached 87.00% and the percentage of 89.00% percent test results in small groups Misriu Subontoro MI, both at qualifying well and do not need to be revised; MIN field trials in Sidorejo is at 79% in the percentage of qualifying well and do not need to be revised; trial against Indonesian lesson teacher in two elementary schools (SD) and three Islamic elementary school gain 93.00% in the percentage of excellent qualifications and without revision.
Acquisition value of the pre-test (initial test) and post-test (final test) experienced rising by 7.96, from pre-test value of 88.33 and a post-test score of 96.29; making textbook-Based Character Education Poems is effective in improving learning outcomes Indonesian themed poetry. Based Character Education instructional materials poem is still not perfect, because it was tested on a limited group, a relatively short time, and field trials using only samples given subject.
Researchers and developers are expected next test for the perfection broader product developed. This product dissemination of teaching materials can be done through MGMP Indonesian and KKG Indonesian. The Forum is an organization that is right for the development of teaching materials. Deployment of these products can also be done through research journals, with the intention of providing information to teachers and other agencies on the development and utilization of these materials. Results of research and development of teaching materials based Character Education Poetry expected studied and utilized by all parties who need instructional materials based poetry appreciation character; criticism and feedback so researchers can get to improve the quality of subsequent development.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Susanto, Djoko and Tamrin, Dahlan |
Keywords: | Pendidikan Karakter; Puisi; Bahan Ajar; dan Matapelajaran Bahasa Indonesia; Character Education; Poetry; Instructional Materials; and Indonesian lesson |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:11 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:11 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55027 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |