Parni, Parni (2013) Pengaruh keterampilan mengajar Guru dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Semayong, Desa Sungai Kumpai, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
11760021.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar mempunyai peranan yang sangat penting dalam pendidikan, dan kualitas pendidikan dicerminkan oleh prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya keterampilan guru mengajar, dan minat belajar. Keterampilan guru dalam proses pembelajaran akan memperoleh pandangan dari siswa. Siswa yang berpandangan positif terhadap keterampilan mengajar guru akan berpengaruh baik dalam proses belajarnya. Selain itu minat belajar juga diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa yang memiliki minat dalam belajar, maka akan memiliki kesadaran untuk mengikuti proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut. (1) Adakah pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di Mis Semayong ? (2) Adakah pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di Mis Semayong? (3) Adakah pengaruh yang positif antara keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di Mis Semayong?
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional yaitu mencari hubungan dan pengaruh antara variabel keterampilan mengajar guru (X1), Minat belajar siswa (X2) dan Prestasi belajar (Y), baik secara parsial maupun simultan.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa mempunyai korelasi positif dan signifikan sebesar (0,230), dan minat belajar siswa tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar di Mis Semayong. Sedangkan secara bersama-sama terdapat signifikan antara keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa dengan prestasi belajar dengan nilai R square yaitu 0.058 (atau 5,8%).
Berdasarkan temuan diatas, dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) Perlu adanya kerjasama antara guru dengan siswa dalam mewujudkan hasil pembelajaran yang baik sehingga bisa memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan. (2) Untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru perlu masukan dan perhatian dari pihak sekolah misalnya mengadakan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan keterampilan mengajar guru. (3) Bagi para orang tua disarankan mau mendengarkan apa yang diminati anak sehingga orang tua bisa memberikan arahan positif bagi kemajuan anak dalam belajar. (4) Sebagai seorang guru hendaknya dapat lebih menciptakan lingkungan dan suasana belajar yang menyenangkan dan guru juga perlu mendorong siswa untuk lebih bersemangat dalam belajar.
ABSTRACT
Learning achievement has a very important role in education, and the quality of education is reflected by several factors, including teachers' teaching skills, and student interest in learning. Skills of teachers in the learning process will obtain the views of students. Students have a positive perception of the teaching skills of the teacher, the better the learning process. Students who have an interest in learning, then it would have will to follow the teaching and learning process.
This study aims to answer the problem formulation as follows: (1) Is there any influence of the teaching skills of teachers on student achievement in Private Primary School Semayong? (2) Is there any influence of student interest on student achievement in Private Primary School Semayong? (3) Is there a positive influence between teachers 'teaching skills and students' interest on student achievement in Private Primary School Semayong?
This study is conducted with a quantitative approach with a descriptive correlation method is to look for relationships between variables and the influence of teachers' teaching skills (X1), interest in student learning (X2) and interpretation of study (Y), either partially or simultaneously.
The results of this study showed variable teaching skills of teachers with student achievement has a positive and significant correlation of (0.230), and student interest has no effect on student achievement in Private Primary School Semayong. While simultaneously there is a significant correlation between teachers 'teaching skills and students' interest in learning achievement with square R value is 0.058 (or 5.8%).
Based on the above findings, put forward suggestions as follows: (1) The need for collaboration between teachers and students in creating a good learning outcomes so that it can obtain maximum results and satisfying. (2) To improve the teaching skills of teachers need feedback and attention from schools such as conducting trainings related wiht teaching skills of teachers. (3) For the parents suggested that demand is willing to listen to what the child so that the parents can provide positive guidance for children's progress in learning. (4) As a teacher should be able to create an environment and a fun learning environment and teachers also need to encourage students to be more enthusiastic about learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Susanto, Djoko and Rofiq, Aunur |
Keywords: | Keterampilan Mengajar guru; Minat Belajar Siswa; Prestasi Belajar; Teaching Skills Of Teachers; Student Interest; Learning Achievement |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:11 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:11 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54997 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |