Khairunnisa, Khairunnisa (2013) Penggunaan pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi pelajaran menulis puisi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Selat Hulu Kapuas. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
11760016.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendekatan kontekstual adalah suatu konsep belajar di mana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, sementara siswa memperoleh pengetahuan dan ketrampilan dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit, dan dari proses mengkonstruksi sendiri, siswa memperoleh bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat. Dalam pembelajaran menulis, belajar secara kontekstual berarti belajar mengeluarkan potensi penuh seorang siswa secara alamiah. Siswa diberi kesempatan untuk menerapkan dan mengembangkan ide atau gagasan secara kritis dan komunikatif dalam bentuk bahasa tulis yang dapat bermakna bagi dirinya maupun bagi yang membacanya.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan hasil balajar bahasa Indonesia pada materi menulis puisi antara siswa-siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan (2) Mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi pelajaran menulis puisi.
Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN Selat Hulu Kapuas tahun pelajaran 2012/2013. Kelas Va sebagai kelompok eksperimen dan kelas Vb sebagai kelompok kontrol. Materi yang diajarkan adalah menulis puisi. Data kemampuan awal siswa diambil dari hasil pretes, sedangkan nilai postes digunakan sebagai data penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jika dilihat dari nilai rata-rata postes, hasil belajar di kelompok eksperimen (75,87) lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol (68,13). Perbedaan ini juga dikuatkan oleh hasil perhitungan uji beda yang nilai signifikansinya lebih kecil dari sig. = 0,05 yakni sebesar 0,002. Hal ini menunjukkan bahwa pengguanaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sementara itu, perhitungan uji efektivitas menunjukkan bahwa rata-rata nilai g factor di kelompok eksperimen menunjukkan angka 0,49. Ini berarti, penggunaan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran bahasa Indonesia cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran menulis puisi.
ABSTRACT
Contextual teaching and learning is a conception of teaching and learning that helps teachers relate subject matter content to real world situation, and motivates students to make connections between knowledge and its applications to their lives. While students gain knowledge and skills from a limited context, step by step, and from the process of constructing their own, students gain preparation to solve problems in their life as a member of society. In teaching writing, contextual learning means learning to unleash the full potential of a student naturally. Students are given the opportunity to apply and develop ideas critically and communicative in the form of written language which can be meaningful for themselves and for those who read it.
This thesis aims are: 1) To know the differences in the learning result of Indonesian subject in poetry writing material among the students who learn with contextual approach and the students who learn with conventional approach, and 2) To know the effectiveness of using contextual approach in improving the learning result of Indonesian subject on poetry writing material.
This research used a quasi-experimental design. The subject was the fifth grade students of MIN Selat Hulu Kapuas academic year 2012/2013. Class Va as experimental group and class Vb as control group. The taught material is writing poetry. The first data of students’ ability is taken from pretest result, while the posttest result is used as research data.
The results showed that there are significant differences between the students’ learning results of Indonesian subject in experimental group with control group. If seen from the average value of the posttest, the results of learning in the experimental group (75.87) is higher than the average value of the control group (68.13). This difference was also confirmed by the results of the calculations of Independent-sample T-Test which significance value is smaller than the sig. = 0.05 which is equal to 0.002. This showed that the use of the contextual approach can improve students’ learning result. Meanwhile, the effectiveness test calculations showed that the average value of g factor in the experimental group showed 0.49 points. This means, the use of a contextual approach in Indonesian subjects is quite effective in improving student learning result in the subject matter writing poetry.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Susanto, Djoko and Zain, Basri |
Keywords: | Pendekatan kontekstual; hasil belajar; menulis puisi; Contextual approach; Learning result; Writing poetry |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:10 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:10 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54944 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |