Kholisotin, Lilik (2013) Strategi pembelajaran Tematik kelas awal di SD Muhammadiyah 08 DAU Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
11760015.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (870kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Implementasi pembelajaran tematik akan terwujud dan tercapai manakala guru dalam merencanakan, melaksanaakan dan mengevaluasi menguasai berbagai strategi/metode pembelajaran. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu, yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran, sehingga dapat memberikan pembelajaran dan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Untuk itu kegiatan pembelajaran bagi kelas awal perlu dilaksanakan dengan pendekatan yang tepat dengan berbagai strategi dan metode.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran tematik yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian/evaluasi, (2) mendiskripsikan bagaimana bentuk-bentuk strategi/metode pembelajaran tematik yang diimplementasikan guru di SD Muhammadiyah 08 DAU Malang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif yaitu penelitian yang berusaha mendiskripsikan implementasi pembelajaran tematik terkait perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian serta bentuk-bentuk strategi/metode yang diimplemenasikan guru dalam proses pembelajaran tematik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian adalah guru kelas 1, 2, dan 3, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum.
Hasil dari penelitian yang dilakukan melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi menunjukkan bahwa: (1) implementasi pembelajaran tematik di SD Muhammadiyah 08 DAU Malang setidaknya telah melalukan upaya yang baik. Namun memang kenyatannya guru-guru kelas 1, 2, dan 3 masih mengalami kesulitan dalam implementasi pembelajaran tematik ini dalam hal menggabungkan tema-tema dari mata pelajaran satu kemata pelajaran lain, membuat jaring tema, (2) Bentuk-bentuk strategi pembelajaran tematik yang di implementasikan di SD Muhammadiyah 08 DAU Malang pada hakekatnya telah menggunakan berbagai metode baik ceramah, tanya jawab, penugasan, kerja kelompok, index card matc dan bermain peran (role playing). Namun dalam proses pembelajaran pendekatan yang digunakan masih pendekatan yang berorientasi pada guru, dimana guru masih berperan aktif dan bukan siswa yang banyak berkreasi dan aktif dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran tematik hendaknya digunakan model pembelajaran aktif. Hal ini proses dalam pembelajaran harus didominasi oleh siswa dengan menggunakan otaknya untuk menemukan konsep dan memecahkan masalah yang sedang dipelajarinya.
ABSTRACT
The implementation of thematic learning will be realized and attained when the teacher in planning, implementing and evaluating control of various strategies/learning methods. Integrated thematic learning is learning, which uses the theme to tie some subjects, so as to provide learning and meaningful experience for the students. For the learning activities for the classroom needs to be implemented beginning with the right approach with a variety of strategies and methods.
The research aims to (1) describe how the implementation of thematic learning related to the planning, implementation and assessment / evaluation, (2) describe how the forms of strategy/thematic learning methods that are implemented in the elementary teacher Muhammadiyah Malang 08 DAU.
This research used the descriptive qualitative research method to describe the implementation of thematic learning related to planning, implementation, and assessment as well as other forms of strategies / methods are implemented thematic teacher in the learning process. Data was collected through in-depth interviews, observation and documentation. Research informants are teachers grade 1, 2, and 3, the principal and vice principal areas of the curriculum.
The results of research conducted through observations, interviews and documentation showing that: (1) the implementation of thematic learning in SD Muhammadiyah Malang least 08 DAU has been put through a good effort. But the reality is teachers grade 1, 2, and 3 are still experiencing difficulties in the implementation of the thematic learning in terms of combining the themes of the subjects one the another lesson, make a web theme, (2) forms of thematic learning strategies in implemented in SD Muhammadiyah Malang 08 DAU has substantially better uses various methods lectures, discussion, assignments, group work and role playing (role playing). But the learning process is the approach used in teacher-oriented approach, where teachers still play an active role and not a lot of students to be creative and active in the learning process. Should be used in thematic learning model of active learning. In this case the learning process is dominated by students using their brains to find concepts and solve the problem that is being studied, in other words, namely "what I hear, I forget", "what I see, I remember," "what I do , I understand ".
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah and Rofiq, Aunur |
Keywords: | Strategi; Pembelajaran Tematik; Strategy; Learning Thematic |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:10 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:10 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54940 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |