Arifa, Arifa (2013) Strategi pembelajaran muatan lokal Bahasa Jawa untuk membentuk karakter siswa di MI Nurul Hidayah Karangsari Bantur Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
11760009.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya, yang ditandai dengan beragamya suku bangsa, bahasa, adat istiadat serta potensi yang dimiliki. Antara satu wilayah dengan wilayah lain. Keragaman budaya tersebut berpengaruh terhadap pengembangan kurikulum. Perlu adanya kurikulum yang memberika n kebebasan terhadap wilayah mempuyai potensi serta budaya yang berbeda dengan wilayah lain. Kurikulum muatan lokal hadir sebagai solusi terhadap kesenjangan antara budaya lokal serta kurikulum yang ditentukan pemerintah. Dengan adanya kurikulum muatan lokal, sekolah atau madrasah diberikan kebebasan untuk memilih mata pelajaran muatan lokal yang sesuai dengan budaya dan potensi lingkungannya.
Derasnya pengaruh arus globalisasi di segala sektor kehidupan juga dianggap menjadi pemicu menurunya pemakaian bahasa Jawa di masyarakat Jawa. Dalam kaitannya dengan yang dikemukakan diatas maka penelitian ini tentang strategi pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa di MI Nurul Hidayah, yang mayoritasnya merupakan suku Madura. Berangkat dari problem tersebut, penelitian ini ingin menjawab beberapa masalah penelitian yang secara lebih spesifik dapat digambarkan dalam rumusan sebagai berikut: 1) Bagaimana Strategi Pembelajaran muatan lokal bahasa Jawa di MI Nurul Hidayah Bantur Malang? 2) Bagaimana perilaku siswa setelah mendapatkan pelajaran muatan lokal bahasa Jawa?
Sesuai objek kajiannya, yaitu strategi pembelajaran muatan lokal bahasa Jawa untuk meningkatkan karakter siswa MI Nurul Hidayah Karangsari Bantur Malang, maka dalam penelitian ini bersifat eksplanatori yang lebih mengarah kepada studi kasus. Sumber data berupa data kualitatif berupa, wawancara kepada kepala madrasah, guru mata pelajaran muatan lokal, dan wakil kepala madrasah bagian kesiswaan juga observasi terhadap lingkungan sekolah, lingkungan sekitar dan suasana kelas. Adapun penelitian dibatasi kepada siswa kelas 5 MI Nurul Hidayah.
Kajian ini menemukan strategi pembelajaran muatan lokal bahasa Jawa untuk membentuk karakter siswa MI Nurul Hidayah meliputi: 1) menerjemahkan bahasa Jawa ke dalam bahasa Madura; 2) mengajurkan siswa menggunaka bahasa Jawa ketika berada di dalam kelas; 3) mengajak siswa bercakap-cakap menggunakan bahasa Jawa dan 4) ceramah dan karakter (perilaku) siswa MI Nurul Hidayah setelah mendapatkan pelajaran muatan lokal bahasa Jawa dilihat dari beberapa hal misalya: 1) Sopan santun; 2) kebersihan dan ketertiban; 3)kedisiplinan.
ABSTRACT
Indonesia is a country which it has many cultures it shown by the variety of culture, language, custom and the potency which there are inside for one area to another. The variety of the culture influence to the improvement of curriculum. It is important to create the curriculum which can give a freedom to a area which has a potency and different culture to another. Local curriculum created to solve the problem between the first culture to the curriculum which created by government by the local curriculum, the school can be free to choose the local curriculum lesson which needed based on the culture and potency of the environment.
Based on hard influency of globalization in many aspects of life had made decrease use of Java language in the environment of Javanese. Related to explanation above this research about the strategy of study local curriculum at MI Nurul Hidayah Karangsari Bantur Malang, which most of them are maduranese. Related to the problem this research would like to solue the research problem in specific can explain to this conclution: 1)How the strategy of local curriculum for Java language at MI Nurul Hidayah Karangsari Bantur Malang?, 2) How the reaction of students after get the lesson about local curriculum Java language?
Based on the goal the strategy of local curriculum Java language to improve the character of student at MI Nurul Hidayah Karangsari Bantur Malang. so, for this research is explanatory which would like to make case study. The data is qualitative, interview to the head master teacher, vice of head master and observation to the environment of school. And the situation of class. The research limited to the student in 5th class MI Nurul Hidayah.
This research find the strategy about learning process of local curriculum for Java language to create character of student at MI Nurul Hidayah Karangsari Bantur Malang like : 1) translate Java to maduranese language;2)ast to the student to use Java language when they stay in the class; 3) ask the student to do cominication use Java language and 4) speech, and character of student at MI Nurul Hidayah after get the local curriculum of Java language from some aspect like: 1) the attitude, 2) clearness and obey, and 3) discipline.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Susanto, Djoko and Zain, Basri |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Muatan Lokal; Bahasa Jawa; Karakter; The Learning Strategy; Local Curriculum; Java Language; character |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:09 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:09 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54933 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |