Siregar, Parulian (2013) Pengaruh metode pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan soal cerita yang mengandung operasi bilangan penjumlahan dan pengurangan: Suatu kajian eksperimen pada siswa kelas III MI Nurul Hidayah dan MI Makarimal Akhlaq Karangsari Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
11760003.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan metode problem posing untuk memecahkan soal cerita yang mengandung operasi, (2) mengetahui apakah metode problem posing berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan soal cerita yang mengandung operasi bilangan, (3) dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam pemecahan soal cerita yang mengandung operasi bilangan dengan metode pembelajaran problem posing di MI Nurul Hidayah dan MI Makarimal Akhlaq Karangsari Kabupaten Malang
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan matode eksperimen kuasi (quasi experimental) dengan model desain kelompok pembanding prates-pascates berpasangan (Matching Pretest-Posttest Comparison Group Design). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu editing data, reduksi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisi data kuantitatif adalah dengan menggunakan program windows SPSS 16 (Uji homogenitas varians, Uji normalitas data, Uji linieritas Uji regresi sederhana, dan uji T-Test independent).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode problem posing dengan tipe presolution posing dalam proses pembelajaran di MI Nurul Hidayah dan Makarimal Akhlaq sebagai berikut: (a) membuka pembelajaran dengan baik, (b) menjelaskan langkah-langkah metode problem posing dalam memecahkan soal cerita dengan memberikan contoh, (c) memberikan kesempatan kepada siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami, (d) memfasilitasi kegiatan belajar siswa dengan memberikan Lembar Kerja Pengajuan Masalah (LKPM), (e) mengarahkan dan membimbing siswa dalam menyusun kalimat sederhana menjadi kalimat tanya, pengajuan soal dan cara penyelesaiannya, (f) mengarahkan siswa untuk mengajukan soal yang dibentuknya sendiri untuk dijawab siswa lain, (g) mengarahkan dan membimbing beberapa siswa untuk menanggapi dan menjawab pertanyaan yang diajukan siswa, (h) melakukan umpan balik dan tanggapan terhadap pengajuan masalah yang telah dilakukan, (i) melakukan tanya jawab tentang kesulitan-kesulitan siswa dalam mengajukan masalah, (j) menutup pembelajaran dengan baik. (2) Metode problem posing berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan soal cerita yang mengandung operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan di MI Nurul Hidayah dan MI Makarimal Akhlaq. Adapun kemampuan siswa di MI Nurul Hidayah dipengaruhi metode problem posing adalah sebesar 28% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya sebesar 72%. Sedangkan kemampuan siswa di MI Makarimal Akhlaq dipengaruhi metode problem posing adalah sebesar 49,8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya sebesar 50,2% (kategori kuat) (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam memecahkan soal cerita dengan menggunakan metode problem posing di MI Nurul Hidayah dan MI Makarimal Akhlaq.
ABSTRACT
This research was aimed to (1) reveal the application method of problem posing to solve story tasks containing summation and reduction numeral operation, (2) find out whether problem posing method has positive effect toward students ability in solving story tasks completion containing numeral operation, (3) and to find out whether there is a significant difference between students ability in solving story tasks adn problem posing learning method at Nurul Hidayah and Makarimal Akhlak Islamic Elementary School Karangsari in District of Malang.
This research used a descriptive qualitative and quantiative aprroach by using quasi experimental method with matching pretest protest comparison Group Design. The data collection was conducted by using absolute observation, detail interview, and data analysis technique, they are data editing, data reduction, data description, and conclusion making. While the quantitative data analysis was by using windows SPSS 16 program (variant homogenity test, data normality test, simple linier regression test, and T-Test independent).
The results showed that: (1) The application of the method to the type of problem posing resolution posing in the learning process in MI Nurul Hidayah and Makarimal Akhlaq as follows: (a) open learning well, (b) describes the steps in solving the problem posing method problem story by giving examples, (c) provides the opportunity for students to ask things that are not yet understood, (d) facilitating student learning by providing a Problem Submission Worksheet (LKPM), (e) directing and guiding students in developing simple sentences into sentences wondering about the filing and settlement method, (f) directing students to ask their own questions to be answered that the establishment of other students, (g) directing and guiding some students to respond to and answer questions asked by the students, (h) conduct feedback and response to submission of problems that have been done, (i) conduct a question and answer about the difficulties of students in applying problem, (j) close learning well. (2) Method of problem posing positive effect on students' ability to solve word problems containing operations of addition and subtraction number in MI Nurul Hidayah and MI Makarimal Akhlaq. The ability of students in MI Nurul Hidayah problem posing method is influenced by 28% and the rest influenced by other factors by 72%. While the ability of students in MI Makarimal Akhlaq influenced problem posing method is 49.8% and the rest influenced by other factors of 50.2% (a strong category). (3) There is no significant difference between students' ability to solve word problems by using methods problem posing in MI Nurul Hidayah and MI Makarimal Akhlaq.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Hady, M. Samsul |
Keywords: | Metode Pembelajaran Problem Posing; Kemampuan Pemecahan Soal Cerita; Problem Posing Learning Method; solving story task ability |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:09 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:09 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54885 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |