Rachman, Arif (2013) Implementasi pendidikan karakter di MIN Leneng dan MI Gelondong Panji Sari Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah NTB. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
11760001.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan dan menghasilkan kader masa depan yang berkualitas dibidang ilmu, moral dan mental adalah pendidikan karakter. Pelaksanaan pendidikan karakter melalui lembaga-lembaga pendidikan diyakini sebagai langkah tepat untuk mengatasi persoalan yang menimpa generasi muda bangsa ini. MIN Leneng Praya dan MI Gelondong Panji Sari merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan penanaman nilai-nilai karakter di sekolah. Lembaga tersebut telah meraih sejumlah prestasi baik dari segi akademik maupun non akademik.
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui nilai-nilai yang dikembangkan di MIN leneng Praya dan MI Gelondong Panji Sari 2). Untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter di MIN Leneng dan MI Gelondong Panji Sari 3). Untuk mengetahui hambatan-hambatan dan upaya-upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di MIN Leneng Praya dan MI Gelondong Panji Sari Praya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan keaktifan peneliti terlibat dilokasi, teknik triangulasi dengan berbagai sumber dan teori serta ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, para guru dan siswa.
Sementara, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai karakter yang dikembangkan di MIN Leneng yaitu religius, kejujuran, kerjasama, peduli sosial, peduli lingkungan, kewarganegaraan, berani dan menghargai prestasi. Sementara di MI Gelondong nilai-nilai yang dikembangkan yaitu religius, disiplin, tanggung jawab, jujur, gemar membaca, peduli lingkungan, berani, dan kreatif. (2). Implementasi pendidikan karakter di MIN Leneng dan MI Gelondong dilaksanakan dengan 4 cara yaitu a). Implementasi Melalui internalisasi pembelajaran b). Implementasi Melalui Proses Pembiasaan Pada Kegiatan dan budaya Madrasah, c). Implementasi Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler, dan d). Implementasi Pendidikan Karakter melalui keteladanan. (3). Hambatan dan upaya dalam pelaksanan pendidikan karakter di MIN Leneng dan MI Gelondong yaitu: a). SDM guru yang masih rendah, b). Guru yang terbatas, c). Minimnya fasilitas, d). Perbedaan kemampuan siswa, e). Rendahnya konsentrasi siswa dan f). Penguasaan metode yang terbatas, sehingga upaya-upaya yang harus dilakukan yaitu: a). mendatangkan guru lain, b). menggunakan metode secara bervariasi, c). memberikan tugas, d). melengkapi fasilitas yang belum lengkap secara bertahap sesuai kemampuan.
ABSTRACT
One of the government's efforts to improve and produce a cadre of quality future supply of scientific, moral and mental education is character. Implementation of character education through educational institutions believed to be the right steps to overcome the problems that afflict this nation's youth. MIN Leneng Praya and MI Trailers Panji Sari is an educational institution that implements cultivation of character values in school. The agency has won a number of achievements in terms of both academic and non-academic.
This study aims to 1). Knowing the values developed in MIN leneng Praya and MI Trailers Panji Sari 2). For determine the implementation of character education in MIN Leneng and MI Trailers Panji Sari 3). To determine the obstacles and the efforts made in the implementation of character education in MIN and MI Leneng Praya Praya Trailers Panji Sari. This study uses a qualitative descriptive approach, and the data collection is done by the method of observation, unstructured interviews and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data display, and conclusion. While checking the validity of the findings made by active researchers involved in the location, triangulation techniques with a variety of sources and theories as well as the persistence of observation. Research informant’ i.e. principal, deputy head of the curriculum, the teachers and students.
While, the results showed that: (1) the values of the characters are developed in MIN Leneng i.e. religious, honesty, cooperation, social care, care for the environment, citizenship, bold and reward achievement. Whereas in MI Trailers values are developed, namely religious, discipline, responsibility, honesty, love reading, caring environment, bold, and creative. (2). Implementation of character education in MIN Leneng and MI Trailers conducted with 4 ways: a). through the implementation of learning internalization b). Teach the implementation of process activities and cultural habituation At Madrasah, c). Teach the implementation of Extracurricular Activities. d). Implementation of Character Education by example. d). Implementation of Character Education by example. (3). Barriers and effort in implementing character education in MIN Leneng and MI Trailers namely: a). HR teachers are still low, b). Teachers are limited, c). Lack of facilities, d). Differences in student ability, e). the low concentration of students and f). Mastery of the method is limited, so efforts must be made, namely: a). bring in other teachers, b). using the method varies, c). assign tasks, d). complete even by borrowing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Rasmianto, Rasmianto |
Keywords: | Implementasi; Pendidikan Karakter; Implementation; Character Education |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:09 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:09 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54808 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |