Nursyamsiah, Nursyamsiah (2013) Pengaruh penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sunan Kalijogo Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
10760031.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu unsur reformasi dalam pendidikan sains di sekolah adalah penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Asumsinya, sains dan teknologi berkaitan sangat erat dan hasil-hasilnya telah memasuki seluruh aspek kehidupan manusia. Sains dan teknologi juga harus menjadi bagian integral dari sistem pendidikan agar siswa menjadi warga negara dan warga masyarakat yang melek dan sadar sains dan teknologi sejak dini. Pendekatan sains, teknologi dan masyarakat (STM) adalah strategi dalam perencanaan pembelajaran yang konteksnya adalah masyarakat, dengan mengaitkan sains dengan masyarakat melalui teknologi sebagai penghubung yang tampak nyata bagi peserta didik. Pembelajaran IPA di SD/MI dapat dilaksanakan secara aktif, kreaktif, efektif dan menyenangkan dengan memanfaatkan sarana atau sumber belajar yang ada di lingkungan sekolah atau anak, serta didukung kemampuan guru untuk menciptakan dan menggunakan alat peraga yang ada di lingkungan sekitar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam pembelajaran IPA, apakah ada pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA kelas 3 yang menggunakan penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dengan pendekatan konvensional di MI Sunan Kalijogo Malang, bagaimanakah tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan STM dalam pembelajaran IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam pembelajaran IPA, untuk mengkaji pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA kelas 3 yang menggunakan penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan pendekatan konvensional di MI Sunan Kalijogo Malang, mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pendekatan STM dalam pembelajaran IPA.
Desain penelitian ini adalah menggunakan Quasi Experimental Design dalam bentuk pretest- postest control group desaign. Dengan penelitian 2 kelas, kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas control, dengan populasi seluruh siswa kelas 3 MI Sunan Kalijogo Malang. Dan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan pendekatan sains, teknologi dan masyarakat (STM) yaitu sebesar 80 atau yang mencapai KKM sebesar 82,53% sementara yang tidak menggunakan pendektan STM sebesar 75,53 atau yang mencapai KKM sebesar 70,59% hasil belajar siswa kelas 3 kelas MI Sunan Kalijogo Malang. Dan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar kelas eksperimen yaitu sebesar 53,5% dipengaruhi oleh pendekatan STM sementara 46,5% dipengaruhi oleh faktor lain dan tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan STM sangat positif
Hasil penelitian ini diharapkan mampu menambah kajian literatur tentang penerapan pendekatan STM dalam meningkatkan hasil belajar IPA, sebagai pertimbangan guru dalam memberi pembelajaran IPA yaitu dengan pendekatan STM yang dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa.
ABSTRACT
One of reformation elements in science education in schools is the implementation of Society Technological Science (STM) Approach. It is assumed that science and technology are very closely related one another, and the results have entered all aspects of human life. Science and technology must be integral part of education system too in order to make students become citizens and societ y who are literate and aware of science and technology since the early. The approach of science, technology, and society (STM) is a strategy in learning plan with society as the context, by linking science with society through technology as apparent liaison for students. Learning of natural sciences in SD/MI can be implemented actively, creatively, effectively, and ingratiatingly by utilizing facilities or learning sources in school area or students, and supported by teacher capability to create and use props in the surrounding.
The problems of the study in this research are how is the implementation of society technological science (STM) approach in the learning of natural sciences, is there any significant influence of study results of natural sciences for the 3rd grade students that use the implementation of society technological science (STM) approach and conventional approach in MI of Sunan Kalijogo of Malang, how is student response towards the implementation of STM approach in learning of natural sciences.
This research aims to describe the implementation of society technology science (STM) approach in the learning of natural sciences, to assess significant influence of study results of natural sciences for the 3rd grade students that use the implementation of society technological science (STM) approach and conventional approach in MI of Sunan Kalijogo of Malang, to describe student response towards STM approach in learning of natural sciences.
This research design is by using Quasi Experimental Design in the form of pre test- post test control group design. By research on 2 classes, class A is used as experimental class while class B is used as control class, with all of the 3rd grade students of MI of Sunan Kalijogo of Malang as the population. The approach in this research uses descriptive quantitative.
The research results shows that there is average difference of study results with the approach of science, technology, and society (STM) is 80 or reaches KKM by 82.53% while those without the approach of science, technology, and societ y (STM) is 75.53 or reaches KKM by 70.59 of study results of the 3rd grade students of MI of Sunan Kalijogo of Malang. In addition, there is significant influence of study results of experimental class by 53.5% affected by STM approach while 46.5% are affected by other factors and student response towards the implementation of STM approach is very positive.
The result of this research is expected to be able to increase literature reviews on the implementation of STM approach in increasing study results of natural sciences, as teacher consideration in giving the learning of natural sciences, that is by STM approach which is able to optimize student study results.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Hady, M. Samsul |
Keywords: | Pendektan STM; Hasil Belajar; STM Approach; Study Result |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:20 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:20 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54806 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |