Yusuf, Nurul Husna (2013) Pengaruh penggunaan Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
10760008.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dapat disebabkan oleh siswa sering merasa bosan dan tidak memahami materi pelajaran, ditambah pula penyampaian materi pelajaran yang kurang menarik serta kurangnya komunikasi antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif solusi yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan siswa dapat berperan aktif adalah penggunaan media pembelajaran yang interaktif (Multimedia Interaktif). Oleh karena itu, dari berbagai media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan software program macromedia flash.
Dalam mempelajari al-Qur’an baik dalam membaca, menulis, menerjemahkan (tafsiran) dan menerapkan isi kandungan ayatnya tentunya siswa tidak akan langsung bisa, tetapi melalui tahapan-tahapan. Oleh karena itu dalam pembelajaran ini juga diperlukan suatu metode yang praktis dan cepat serta didukung dengan media yang tepat pula dan disesuaikan dengan kemampuan siswa agar mudah memahaminya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran al-Qur’an di SDIT Ukhuwah Banjarmasin, untuk mengetahui bagaimana penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran al-Qur’an di SDIT Ukhuwah Banjarmasin, dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran al-Qur’an di SDIT Ukhuwah Banjarmasin.
Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berjenis eksperimen untuk mencari pengaruh. Sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas VI SDIT Ukhuwah Banjarmasin, sebagai kelas eksperimen adalah kelompok al-Qur’an A dan kelompok al-Qur’an B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada sampel sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara X (penggunaan multimedia interaktif) terhadap Y (hasil belajar) dengan α = 0,05 didapat t Tabel sebesar 2.05183. maka t hitung ≥ t tabel = 2.459 ≥ 2.05183. Secara matematis Y = 40.652+0.312X+e artinya bila nilai X ditingkatkan, maka nilai Y juga akan meningkat. secara parsial variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil perhitungan uji t-test pada tabel 4.13, didapat t hitung untuk variabel (X) penggunaan multimedia interaktif adalah 0.389 dengan tingkat signifikansi 0.700.
ABSTRACT
The low motivation and the low achievement of students can be caused by bored and uncapability of students to understand the lesson and the other side, it may be caused of uninteresting and unattaractive communication between teacher and student during teaching period. And one of alternative solution to make the attractive and interesting teaching is the using of teaching tools (interactive multimedia). Then, one of the interactive teaching tools that can be used in the process of learning and teaching period in this research is the using of macromedia flash program software.
In learning qur’an, the students usually learn gradually from reading, writing, translation and application the verses to daily life. Therefore need the practical and fast method with the suitable tool and accordance with students capability.
The purpose of this research is to know the influence of interactive multimedia to the learning result of students class six in qur’anic lesson at SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Beside that to know the using of interactive multimedia to the qur’anic lesson at SDIT Ukhuwah Banjarmasin and the last, to know the improvement of learning result to the interactive multimedia application in qur’anic learning at SDIT Ukhuwah Banjarmasin.
This research is using quantitative and experiment classification for looking the influence. And about the sample is taken from class six (VI) SDIT Ukhuwah Banjarmasin. The group of qur’an A as the experiment class and the group of qur’an B as the control class. Data was collected from questionnaire that has been given to the sample before treatment and after giving treatment, then has been analyzed by using the simple regression.
The result of the simple regression analyzing showed that there is the significant influence between X (using interactive multimedia) to Y (the learning result) with α = 0.05 found as 2.0518. so t hitung ≥ t tabel = 2.459 ≥ 2.05183. As mathematically Y = 40.652 + 0.312 X + e it means if the value of X is increased, so the value of Y will increase. Partially the free statistically variable to the bound variable. The result of t-test to the table 4.13, found t hitung for x variable the using of interactive multimedia is 0.389 with significant level 0.700.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Rofiq, Aunur |
Keywords: | Multimedia Interaktif; Hasil Belajar; dan Mata Pelajaran al-Qur’an; Interactive Multimedia; Learning Result; And Qur’anic Lesson |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:23 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:23 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54754 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |