Strategi guru kreatif dalam proses belajar mengajar mata pelajaran IPS kelas VIII D di SMPN 4 Singosari

Nuria, Fauda (2016) Strategi guru kreatif dalam proses belajar mengajar mata pelajaran IPS kelas VIII D di SMPN 4 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12130099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tugas seorang guru semakin hari semakin berat, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru sebagai komponen utama dalam dunia pendidikan dituntut untuk mampu mengimbangi bahkan melampaui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang dalam masyarakat. Maka melalui sentuhan guru disekolah diharapkan mampu menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi tinggi. Untuk mencapai kompetensi tersebut maka butuh adanya suatu kreativitas dalam pembelajaran, karena Kreativitas merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran dan guru harus bisa menerapkan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, dan menyenangkan dan tidak membosankan diperlukan adanya suatu keterampilan dan banyak ide-ide untuk menangkap suatu peluang dalam proses belajar mengajar.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendiskripsikan strategi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS di SMPN 4 Singosari. (2) mendeskripsikan respon siswa terhadap kinerja guru dalam proses belajar mengajar di SMPN 4 Singosari. (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru kreatif dalam proses belajar mengajar yang ditempuh di SMPN 4 Singosari.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatifdengan jenis studi kasus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis dengan cara menggunakan proses perolehan data dari mulai pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.

Hasil dari analisis ini menjelaskan bahwa : (1) strategi guru kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMPN 4 Singosari dengan cara membuat RPP dam menggunakan model pembelajaran yang bervariatif (2) respon siswa terhadap kinerja guru kreatif dalam proses belajar mengajar di SMPN 4 Singosari sangat senang dan materi yang disampaikan dapat dipahami. (3) kendala yang dihadapi guru kreatif dalam proses belajar mengajar diantaranya kondisi kelas, penyusutan waktu, fasilitas terbatas, pengkondisian siswa yang sulit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Keywords: Strategi Guru Kreatif; Belajar Mengajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:42
Last Modified: 22 Dec 2016 08:42
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5461

Actions (login required)

View Item View Item