Wulandarizqy, Mei (2015) Pembentukan karakter sikap hormat siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari Pasururan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11140063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter sudah merupakan bagian dari proses pendidikan di Indonesia. Sikap hormat merupakan salah satu nilai karakter yang perlu dibentuk kepada anak sejak dini. Rasa hormat merupakan menghargai orang lain dengan berperilaku baik dan sopan. Sikap hormat merupakan perwujudan sikap saling menghargai satu sama lain, yang muda menghargai yang tua, yang tua menyayangi yang muda.Rasa hormat merupakan kebajikan yang mendasari tata krama. Sikap hormat akan membangun suatu kehidupan yang teratur sehingga terjamin hubungan harmonis antar masyarakatnya. Pada kenyataannya, sikap hormat yang dimiliki siswa saat ini mulai memudar. MI Darut Taqwa sebagai salah satu sekolah tingkat dasar yang berbasis islam melakukan beberapa upaya dalam pembentukan sikap hormat siswa yang mulai memudar. Sehingga terbentuklah sikap hormat yang dimiliki siswa MI Darut Taqwa.
Penelitian ini difokuskan pada upaya guru dalam pembentukan sikap hormat siswa di MI Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari Pasuruan dengan merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana bentuk karakter sikap hormat siswa di MI Darut Taqwa Sengonagung-Purwosari Pasuruan? (2) Bagaimanakah upaya guru dalam pembentukan karakter sikap hormat siswa di MI Darut Taqwa Sengonagung-Purwosari Pasuruan? (3) Kendala apa saja yang dihadapi oleh guru serta solusinya dalam pembentukan karakter sikap hormat siswa di MI Darut Taqwa Sengonagung-Purwosari Pasuruan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan bentuk karakter sikap hormat siswa di MI Darut Taqwa Sengon agung-Purwosari Pasuruan. (2) mengetahui upaya guru dalam pembentukan karakter sikap hormat siswa di MI Darut Taqwa Sengon agung-Purwosari Pasuruan. (3) mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru serta solusinya dalam pembentukan karakter sikap hormat siswa di MI Darut Taqwa Sengon agung-Purwosari Pasuruan.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya metode deskriptif. Terdapat banyak jenis dalam metode deskriptif. Akan tetapi dalam penelitian ini menggunakan medote studi kasus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisa dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dengan tiga bentuk uji keabsahan data yaitu uji kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Bentuk sikap hormat yang dimiliki siswa MI Darut Taqwa diantaranya: Siswa selalu memberikan salam ketika bertemu dengan guru, Siswa memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung dengan posisi duduk yang sopan dan tertib, Siswa selalu merendahkan hati (tawadlu'), selalu hormat dan sopan terhadap guru, siswa selalu menghargai pendapat teman ketika diskusi, tidak menyombongkan diri dan tidak mencaci maki teman. (2) Upaya yang dilakukan oleh guru MI Darut Taqwa dalam pembentukan sikap hormat adalah: Keteladanan/contoh, Teguran, Hadiah dan hukuman, Pengkondisian kelas, Pendekatan dengan hati. (3) kendala yang dihadapi guru MI Darut Taqwa dalam pembentukan sikap hormat siswa adalah: Karakter setiap siswa yang berbeda dan Perkembangan teknologi. Dalam mengatasi kendala-kendala tersebut, guru MI Darut Taqwa melakukan beberapa alternatif pemecahannya, diantaranya adalah: (a) Terus-menerus melakukan pendekatan melalui hati kepada siswa, (b) Guru harus mampu menjadi pribadi yang jujur dalam berkata, (c) Guru harus bersikap adil dan wajar atau tidak memihak kepada seseorang atau sekelompok saja. (d) Guru dapat memberikan hukuman yang mendidik jika tetap melakukan perbuatan yang kurang baik. (e) Kerjasama dengan orang tua untuk selalu mengawasi dan membimbing siswa dirumah.
ENGLISH:
Character education has been the part of educational process in Indonesia. Respect attitude is one of character values that has to be formed towards the children from the early age. A feeling of respect constitutes a respect to other people by behaving good and polite. Respect attitude constitutes the existence of respecting each other, the young to the old, the old to the young in the form of love. A respect is a goodness that become the basic of attitudes. A respect will build a regular life that guarantees the harmony relationship among people. In fact, the students’ respect is now fading. Islamic Elementary School Darut Taqwa as one of Elementary School degree which is basically within Islamic teaching performs some efforts in forming the students’ fading respect attitudes. So that, the students’ respect is formed and owned in Islamic Elementary School Darut Taqwa.
This research was focused on the teachers’ effort to form the students’ attitudes in Islamic Elementary School Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari, Pasuruan with some research questions as follows: 1) How is the students’ respect forms in Islamic Elementary School Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari, Pasuruan? 2) What efforts the teachers try to form the students’ respect formation in Islamic Elementary School Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari, Pasuruan? What are the challenges faced by teachers and its solutions towards the problems in forming the students’ respect attitude in Islamic Elementary School Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari, Pasuruan? The purposes of the study are to: 1) describe respect character formation of students in Islamic Elementary School Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari, Pasuruan. 2) Know the teachers’ effort to form the students’ respect character in Islamic Elementary School Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari, Pasuruan. 3) Know the challenges faced by teachers and its solution in forming the respect character of students in Islamic Elementary School Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari, Pasuruan.
To achieve the purposes of the study above, the researcher used descriptive qualitative method by case study design. The key instrument is the researcher herself, and data collection technique used is observations, interviews, and documentations. The data was analyzed by reducing the relevant data, presenting the data, and conclusion. This research was done by three forms of validity tests which were credibility test, dependability test, and confirmation.
The results of the study showed: 1) the form of respect owned by the students of Islamic Elementary School Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari, Pasuruan were: the students always greet the teachers when they meet, pay attention on the teachers’ explanation when the teaching and learning activity in progress, always being tawadlu’, being polite and respect to the teachers, respecting any opinion of friends when discussion, no selfish character and no mocking among friends. 2) the efforts the teachers did were: models, suggestions, rewards and punishment, class discipline, and psychological approach. 3) obstacles the teachers faced were the students different characters and technology development. To face those problems, the teachers had their own solutions which were they continuously approached the students psychologically, b) were capable of saying the truths c) should acted fairly to all students whether individually or group d) should punish the students to build the educated for the students misbehavior e) collaborate with parents to always guide and take care of their own children.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Karakter; Sikap Hormat; Characters; Respect | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 22 Dec 2016 15:40 | ||||||
Last Modified: | 22 Dec 2016 15:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5452 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |