Noer, Resi Kartika Prasasti (2023) Relevansi permainan tradisional pada film Squid Game bagi anak usia dini. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
19160036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perilaku sosial merupakan pondasi untuk anak ketika akan memasuki dunia sosial, dimana anak diharuskan untuk berinteraksi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persamaan permainan tradisional yang ada di Indonesia dan permainan tradisional yang ada di Korea dan juga untuk melihat perilaku sosial dalam permainan tradisional untuk anak usia dini pada film squid game. Penelitian ini juga bermaksud untuk memberikan pengetahuan terhadap guru dan orang tua bahwa permainan tradisional sangat berpengaruh terhadap pembentukan perilaku sosial dan bisa menjadi bahan belajar untuk anak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif mengunakan pendekatan library research (studi kepustakaan). Sumber data diperoleh dari film dan sumber pendukung lainnya berupa literature. Analisisyang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis isi. Analisi isi digunakan untuk menganalisis isi dari film squid game itu sendiri.
Temuan hasil dari penelitian ini adalah terdapat komponen-komponen terhadap permainan tradisional dalam film squid game, yaitu : Mugunghwa kkoci pieot seumnida, Juldarigi, Guseul nori, Geonneogi, dan Ojingeo geim. Adapun perilaku sosial pada film squid game sendiri yaitu saling tolong menolong, kekompakan, kerjasama, demostrasi, sportif, disiplin, bermain bersama, empati, menghargai oorang lain, saling tolong menolong, persahabatan dan solidaritas. Adapun perilaku penyimpang lainnya yaitu perilaku egois, berbohong, dan belas dendam yang seharusnya tidak boleh dimiliki oleh anak. Adapun relevansi pada permainan tradisional bagi anak usia dini yaitu keterkaitan anak dalam bermain, permainan tradisional yang diangkat dalam film squid game bisa menjadi media pembelajaran. Walaupun begitu jika kita perhatikan, ada beberapa permainan yang dirancang dalam film squid game yang diberikan kepada anak akan berbahaya jika tetap memakai konsep area permainan yang sama dengan di film. Permainan itu berupa Juldarigi dan Ojingeo geim yang arena permainannya sangat tinggi.
ENGLISH:
Social behavior is the foundation for children when they enter the social world, where children are required to interact with other people. The purpose of this study was to find out the similarities between traditional games in Indonesia and traditional games in Korea and also to see the social behavior of traditional games in early childhood in squid game films. This study also intends to provide knowledge to teachers and parents that traditional games are very influential in the formation of social behavior and can be learning materials for children.
This study uses a type of qualitative research using a library research approach (literary study). Sources of data obtained from films and other supporting sources in the form of literature. The analysis used in this research is content analysis. Content analysis is used to analyze the content of the Squid game film itself.
The findings from this study are that there are traditional game components in squid game films, namely: Mugunghwa kkoci pieot seumnida, Juldarigi, Guseul nori, Geonneogi, and Ojingeo geim. Social behavior in the Squid Game film itself is mutual assistance, cohesiveness, cooperation, demonstration, sportsmanship, discipline, playing together, empathy, respecting others, mutual assistance, friendship and solidarity. As for other deviant behavior, namely selfish behavior, lying, and revenge that children should not do. As for the relevance of traditional games for early childhood, namely the involvement of children in playing, traditional games raised in the Squid Game film can be learning media. Even if you pay attention, there are several games designed in the Squid Game film which if given to children will be dangerous. The games are Juldarigi and Ojingeo geim whose playing field is very high.
ARABIC:
السلوك الاجتماعي هو الأساس للأطفال عندما يدخلون العالم الاجتماعي، حيث يُطلب من الأطفال التفاعل مع الآخرين. كان الغرض من هذه الدراسة هو اكتشاف أوجه التشابه بين الألعاب التقليدية في إندونيسيا والألعاب التقليدية في كوريا وأيضًا رؤية السلوك الاجتماعي في الألعاب التقليدية للطفولة المبكرة في فيلم Squid Game. هدف هذه الدراسة أيضًا إلى توفير المعرفة للمعلمين وأولياء الأمور بأن الألعاب التقليدية لها تأثير كبير في تكوين السلوك الاجتماعي ويمكن أن تكون مواد تعليمية للأطفال.
استخدم هذا البحث منهج بحث المكتبة. مصادر البيانات التي تم الحصول عليها من الأفلام والمصادر الداعمة الأخرى في شكل نص. التحليل المستخدم في هذا البحث هو تحليل المحتوى. استخدم تحليل المحتوى لتحليل محتوى فيلم Squid Game نفسه.
النتائج التي توصلت في هذه الدراسة هي أن هناك ألعابًا تشبه إندونيسيا، مثل تمثال Mugunghwa kkoci pieot seumnida / statue tak و Juldarigi / tug of war و Guseul nori / marbles و Geonneogi / engklek و Ojingeo geim / gobak sodor. السلوك الاجتماعي في فيلم Squid Game هو التعاون والتسامح والتماسك والاحترام المتبادل والمساعدة المتبادلة والتعاطف والامتثال للقواعد وحل المشكلات.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Wahyuningtiyas, Dessy Putri |
Keywords: | perilaku sosial; permainan tradisional; relevansi; social behavior; traditional games; relevance; السلوك الاجتماعي ; الألعاب التقليدية ; الملاءمة |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Resi Kartika Prasasti Noer |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 14:21 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 14:21 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54501 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |