Ahmadi, Imam (2012) Strategi pembelajaran Tematik model Webbed di Madrasah Ibtidaiyah: Studi kasus di kelas awal MIN Malang 1. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
10760005.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran tematik adalah model pembelajaran yang berusaha melibatkan dari berbagai mata pelajaran dalam pembelajaranya dalam satu waktu untuk memberikan pengalaman langsung kepada murid, model pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan solusi dari pembelajaran yang terpisah yang selama ini digunakan di kelas-kelas awal Madrasah Ibtidaiyah, tidak terkecuali Madrasah Ibtidaiyah di wilayah Kota Malang. Dengan sudah diterapkannya pembelajaran tematik di MIN Malang 1, kasus ini perlu di teliti dalam pembelajarannya yang nantinya dapat dipakai sebagai referensi. Oleh karenanya penyelidikan yang cermat tentang strategi pembelajaran tematik menjadi penting di tengah kebingungan banyak madrasah menemukan sosok yang utuh dalam strategi pembelajaran tematik.
Penelitian di MIN Malang 1 ini difokuskan pada tiga hal, yaitu: 1). bagaimana strategi penyampaian pembelajaran tematik model webbed? 2). bagaimana strategi penilaian pembelajaran tematik model webbed? 3). faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi pembelajaran tematik model webbed? Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sesuai dengan pendekatan tersebut, peneliti dalam mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti berusaha mencari dan menemukan gejala-gejala apa saja yang nampak, kemudian dideskripsikan dan diolah secara utuh dan mendalam tentang nilai-nilai esensial dalam pembelajaran tematik di kelas awal tersebut.
Penelitian menghasilkan temuan sebagai berikut: 1). penyampaian pembelajaran tematik model webbed dilaksanakan dengan memanfaatkan semua dimensi sumber belajar (pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan setting); wali kelas sebagai guru tematik; interaksi murid dengan media terjadi selama proses pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun individu. 2). Penilaian pembelajaran tematik model webbed menggunakan tes dan non-tes. Dalam tes menggunakan tes tulis yang terdiri dari pilihan ganda, jawaban singkat, dan uraian. Sedangkan non-tes meliputi penilaian pengamatan, portofolio, kinerja (performance), sikap (afektif) dan produk. 3). faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran tematik model webbed adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berasal dari guru itu sendiri yang meliputi, Latar belakang pendidikan guru yang beragam, pengetahuan guru, keterampilan guru, pengalaman guru, motivasi guru, dan motivasi murid. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi faktor pembelajaran tematik meliputi, Kurikulum (KBK) dan kurikulum (KTSP), kebijakan madrasah, buku ajar yang berbentuk mata pelajaran, sarana penunjang pembelajaran masih kurang, UAS berbentuk tes tulis dari semua mata pelajaran, nilai rapor berbentuk angka dari semua mata pelajaran.
Temuan penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu referensi untuk mengembangkan strategi pembelajaran tematik dimasa yang akan datang.
ABSTRACT
Thematic class is an innovative learning model which is conducted to involve some subjects based on a theme. It is hoped that this kind of the learning model can give a solution for the former learning model in which the subject are presented separately. MIN Malang I has beeen applying the thematics class model in beginning classes (the first – fourth grade). Thus, according to the Writer, it’s important to conduct a research regarding with the strategy of thematics class which surely can be used as a reference of the teaching learning process.
The research which is conducted at MIN Malang 1 focuses on (1) How is the strategy of the teaching based on the Webbed Model thematics class; (2) How is the assessment strategy in Webbed Model thematics class; (3) Some factors influencing Webbed Model thematics class. The research uses the qualitative approach focused on a case study. Based on the approach, the writer uses an observation, interviews, and documentation in collecting the data. In this case, the Writer tries to find out some problems which are then described and processed in order to find the essential points of thematics class in the beginning classes.
The result of the research implies that (1) In Webbed Model thematics class, the learning sources can be taken from many dimensions. It could be messages, people, instruments, and background; class advisor as a teacher in thematics class; the interaction between students and the media can occur in the form of classical or individual activities, and small group discussions. (2) In the case of the learning assessment, the Webbed Model thematics class uses test and non-test assessment. Test assessment can be found in the form of multiple choice, short answer, and essays. Meanwhile in non-test assessment, the teacher can evaluate students through observation, portofolio, performance, affective, and product. (3) Some factors which can influence the Webbed Model thematics class can be classified into two factors – internal and external factors. Internal factors include teachers’ educational background, teachers’ knowledge, teachers’ experience, teachers’ skills, teachers’ motivation, and students’ motivation. While external factors include curriculum-both KBK curriculum and KTSP curriculum, school’s authority, students’ textbooks which are presented separately based on the subjects, inadequate facilities, the written-summative test, and ordinal numbers for the students’ report.
Hopefully, the results of the research can be used as a reference to develop the learning strategy in thematics class.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Susanto, Djoko |
Keywords: | Pembelajaran tematik; strategi pembelajaran; strategi penilaian; kelas awal madrasah; Thematics Class; Learning Strategy; Assessment Strategy; Beginning Classes |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:23 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:23 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54489 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |