Hidayati, Irmatul (2015) Penggunaan media gambar berbasis lagu untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan kelas III SD Islam Al- Ma’arif 02 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang memegang peranan penting dalam pengajaran bahasa Indonesia dan harus dikuasai oleh setiap peserta didik di sekolah. Dari hasil pengamatan pada siswa kelas III Sekolah Dasar Islam Al-Ma’arif 02 Singosari Malang, diperoleh gambaran tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan, yaitu peserta didik masih kesulitan dalam berimajinasi juga kesulitan dalam menulis karangan. Guru pun belum menggunakan media dalam mengembangkan keterampilan menulis dalam proses pembelajaran. Dengan adanya masalah tersebut diperlukan metode dan media yang dapat mengembangkan keterampilan siswa dalam membuat sebuah tulisan berbentuk karangan. Dalam penelitian ini menggunakan media gambar berbasis lagu, media tersebut digunakan sebagai miniatur dari sebuah lagu yang menggambarkan isi dari sebuah lagu.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan,implementasi, dan evaluasi penggunaan gambar berbasis lagu untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas III Sekolah Dasar Islam Al-Ma’arif 02 Singosari Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, (1) perencanaan dibuat berdasarkan konsep yang terdapat dalam penggunaan media gambar berbasis lagu yaitu mempersiapkan semua perlengkapan. Langkah awal pada perencanaan adalah menetapkan materi pembelajaran, mengembangkan silabus, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, mempersiapkan instrumen penelitian, serta mempersiapkan media yang digunakan dalam pembelajaran. (2) Pelaksanaan tindakan dilakukan pada II siklus, berikut tahapan yang dilakukan setiap siklus perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan adanya pelaksanaan pembelajaran menggunakan media gambar berbasis lagu dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan kelas III SD Islam Al-Ma’arif 02 Singosari Malang tahun pelajaran 2014-2015. (3) Evaluasi penggunaan media gambar berbasis lagu untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan kelas III SD Islam Al-Ma’arif 02 Singosari Malang mengalami peningkatan hal ini dapat ditunjukkan bahwa nilai rata-rata akhir siswa, yaitu dari 50,81% sebelum tindakan dilakukan, menjadi 70,68% pada siklus I, dan menjadi 76,39% pada siklus II. Dari situ dapat dilihat dari keberhasilan penggunaan media gambar berbasis lagu yang digunakan dalam penelitian, serta pengamatan lapangan juga menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berbasis lagu dapat mengembangkan keterampilan menulis siswa dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran mengarang.
ABSTRACT
Writing skills is one of language skills that play an important role in teaching Indonesian and should be mastered by every student in the school. From the observations at SD Islam Al-Maarif 02 Singosari Malang, the researcher obtained a description of the learning that has been implemented, in the school the student are still difficult in imagining and writing essays. Teachers have not use the media that can develop the writing skills in the learning process. With the issue of the necessary methods and media that can develop the students' skills in making an essay. In this research, the researcher used track-based media image, the media is used as a miniature of a song that describes the contents of a song.
The aim of this research is to describe the planning, implementation, and evaluation of the use of synthetic analysis of structural method track-based media image to improve essay writing skills the third grader of SD Islam Al-Maarif 02 Singosari Malang.
The approach that used in this study is qualitative. And the type of the research is classroom action research (PTK). In this study, the researcher using data collection techniques namely: observation, interviews, documentation, and testing. The data analysis of this research is using the qualitative descriptive analysis.
According to the research results, it can be concluded that, (1) the plan was made based on the concept that exist in the using of track-based media image was prepared. The first step for the planning are, prepare the study materials, develop the syllabus, arrange the teaching plan, prepare the research instrument, and prepare the teaching media. (2) The classroom action research was done at the cycle 2, followed by the next steps that were done in every cycle of planning, execution, observation, and reflection. With the implementation of learning using track-based media image can improve essay writing skills of class III SD Islam Al-Maarif 02 Singosari Malang 2014-2015 school year. (3) The evaluation of the using of track-based media image to improve essay writing skills of the third grader students of SD Islam Al-Maarif 02 Singosari Malang has improved and it can be seen from the average result of the students, from 50,81% before the implementation and become 70,68 after the cycle 1, and raise to 76,93 in the cycle 2. From the result, we can see that the using of synthetic analysis of structural method track-based media image in the research and the field observation is showing the successful improving the ability of the students writing skills and can be implemented in writing subject.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Gambar Berbasis Lagu; Keterampilan Menulis Karangan; Track-based media image; Essay writing skills | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 15 Dec 2016 15:09 | ||||||
Last Modified: | 08 May 2023 14:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5437 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |