Masyruroh, Laylatul (2015) Pengembangan media pembelajaran kolase berbasis pemanfaatan daur ulang sampah pada pembelajaran tematik dengan tema kegemaranku di kelas I MI PPAI Pandanajeng Tumpang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Media pembelajaran kolase merupakan sarana media untuk kegiatan menempel kedalam bentuk gambar. Latar belakang dari penelitian ini adalah kelemahan pada media kolase dari segi efisiensi waktu dan efektifannya, Berdasarkan hal tersebutlah maka dilakukannya penelitian pengembangan media pembelajaran kolase berbasis pemanfaatan daur ulang sampah pada pembelajaran tematik dengan tema Kegemaranku di kelas I MI PPAI Pandanajeng Tumpang.
Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana uji validitas pengembangan media pembelajaran kolase berbasis pemanfaatan daur ulang sampah pembelajaran tematik dengan Tema Kegemaranku di kelas 1 MI PPAI Pandanajeng Tumpang?, (2)Bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran kolase berbasis pemanfaatan daur ulang sampah terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran tematik dengan Tema Kegemaranku untuk meningkatkan hasil belajar di kelas 1 MI PPAI Pandanajeng Tumpang?
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development. Dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan (2) identifikasi tujuan (3) merumuskan materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah (6) tes uji coba (7) revisi (8) media diproduksi.
Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran kolase berbasis pemanfaatan daur ulang sampah memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 90%, ahli media mencapai 80%, ahli desain 92,5%, ahli mata pelajaran mencapai 92,5%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 95%, hasil belajar siswa rata-rata nilai pre-test 58,8 dan nilai post-test 87,2. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung≥ t tabel yaitu 3, 17 ≥ 1,740 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga media pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran.
Berdasarkan paparan data diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas 1.
ENGLISH:
Instructional media collage is an activity which involve sticking a collage into a form of picture. This research background is centered at the weakness of media collage in terms of time’s efficient and its effectiveness, Based on those reasons the researcher do the research on the development of instructional media collage based on the utilization of waste recycling in thematic learning with the theme “hobby” in class 1 MI PPAI Pandanajeng Tumpang.
The research problems of this research are: (1) How the validity examination of the development of instructional media collage based on utilization of waste recycling in thematic learning with the theme “hobby” in class I MI PPAI Pandanajeng Tumpang?, (2) How the using of instructional media collage based on utilization of waste recycling in thematic learning with the theme “hobby” influences the student’s understanding in thematic learning with the theme “hobby” to increase the learning result in class 1 MI PPAI Pandanajeng Tumpang?
The researcher use descriptive analysis by using quantitative and qualitative data research. This is kind of Research and Development research. The steps of this research are: (1) necessity analysis (2) purpose identification (3) formulating materials (4) formulating the instrument to measure the achievement (5) the script writing (6) the trials (7) revision (8) and how the media produced.
Results of the research-based development of instructional media collage utilization of waste recycling valid criteria with test results matter experts reach the 90% level of validity, media experts reach 80%, the design experts reach 92.5%, the subject of study experts reached 92.5%, and the results field trials reached 95%, the results of the average value of the student learning about 58.8 and a pre-test post-test value about 87.2. At the-t manual with the understanding level about 0,05 the result are thitung ≥ttabel which is 3,17 ≥ 1,740 means Ho rejected and Ha accepted. As the result there are significant differences in the developed instructional media. This is shows that the developed product has qualification with the high validity level, which made the instructional media can be used in the learning process.
According to the explanation above, the conclusion is, the instructional media has high validity level and impact to the student’s learning result.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Kolase; Pembelajaran Tematik; Kelas I SD/MI; Development; Instructional Media; Collage; Thematic Learning; Class 1 Of SD/MI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 15 Dec 2016 15:10 | ||||||
Last Modified: | 15 Dec 2016 15:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5431 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |