Penerapan metode drill untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Jantiganggong 2 Perak Jombang

Ati, Shinta Dwi Cahyaning (2015) Penerapan metode drill untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Jantiganggong 2 Perak Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11140041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran Matematika yang dianggap menakutkan bagi siswa dapat mempengaruhi rendahnya kualitas program pembelajaran di sekolah. Penyebabnya seringkali oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut. Hal itu dikarenakan kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk mengatasi hal itu telah banyak konsep pembelajaran aktif yang ditawarkan. Pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah penerapan metode drill. Dengan menerapkan metode ini diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada metode ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses perencanaan penerapan metode drill untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Jantiganggong 2 Perak Jombang, (2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan penerapan metode drill untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Jantiganggong 2 Perak Jombang, (3) Mendeskripsikan proses evaluasi penerapan metode drill untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Jantiganggong 2 Perak Jombang.

Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK kolaboratif yang dilaksanakan sebanyak dua siklus penelitian. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan pengukuran tes. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses perencanaan penerapan metode drill pada pelajaran matematika dilakukan dengan menentukan subyek dan materi yang akan diteliti, mempersiapkan sumber pelajaran, menyusun materi, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan mempersiapkan instrumen penelitian berupa angket respon siswa, lembar observasi kinerja guru dan siswa serta pre test, post test. (2) Proses pelaksanaannya dilakukan dengan 2 siklus 3 kali pertemuan. Pada siklus II penerapan metode drill dipadukan dengan metode snow ball throwing. (3) Proses evalusi penerapan metode drill pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDN Jantiganggong 2 dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dibuktikan pada hasil pre test pada sebelum diadakannya penelitian, siklus I pertemuan ke-1 dan ke-2 serta siklus II yang porsentasenya mulai dari 17%, 50%, 66,67% sampai 100%.

ENGLISH:

Studying mathematics that makes student frightening can affect the bad quality of studying program at Madrasah. The causes are often from the studying system that is done at the Madrasah. Most of students in following the learning process at the class they only come, listen teacher, see teacher writting on the board, then try to remember what materials which teacher has taught at the class. To cope that problem many active learning methods already exist. Active learning methods seems to be the solution of low quality or teaching quality in Indonesia, one of them is the drill methods. By applying this method is expected to increase the quality of teaching, because in this method student’s activeness is preferred.

The purposes of this research are (1) Describing theplanning proccess of drill method to improve students mathematics achievement at IV grade in SDN Jantiganggong 2 Perak Jombang, (2) Describing the application proccess of drill methods to improve students mathematics achievement at IV grade in SDN Jantiganggong 2 Perak Jombang, (3) Describing the evaluation proccess of the application of drill methods to improve students mathematics achievement at IV grade in SDN Jantiganggong 2 Perak Jombang.

The researchers used the qualitative approach with the PTK collaborative research types that is done by two research cycles. The sequence of research program includes 4 phases: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, (4) reflection. The techniques of data collection that is used are questionnaires, observation, interviews, documentation and measurement test. The analysis that is used by the researchers is the qualitative descriptive techniques. To check the data validity the researchers used the triangulation techniques.

The result of the research showed that: (1) the planning proccess of drill methods at mathematics subject is done by determining the subjects and materials that will be observed, preparing the teacher resourch, arranging materials, making the planning of learning proccess (RPP), and preparing the research instruments that are student’s questionnaires, paper of the observation teacher and student’s performance and pre test, post test. (2) The implementation proccess is done by 2 cycles and 3 times meeting. At the second cycle the implementation of drill methods is combined to the snow ball throwing methods. (3) the evaluation proccess of the application of drill methods in mathematics at IV grade SDN Jantigangging 2 can improve students achievement, it can be proven by the result of pre test before the research done, first and second meeting on first cycle, and second cycle which the percentage from 17%, 50%, 66,67% till 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Marno, Marno
Keywords: Metode Drill; Prestasi Belajar; Drill methods; Student Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:26
Last Modified: 15 Dec 2016 08:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5429

Actions (login required)

View Item View Item