Responsive Banner

Penerapan pembelajaran tematik integratif di SD Insan Amanah Malang Tahun Ajaran 2014/2015

Kulis, Grestina Mataning (2015) Penerapan pembelajaran tematik integratif di SD Insan Amanah Malang Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11140039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Dalam pembelajaran ini, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyajikan konsep kepada peserta didik serta dalam pembuatan soal evaluasi. Namun kenyataannya di lapangan, para guru masih merasa kebingungan terutama dalam membuat soal evaluasi.

Masalah yang diangkat pada penelitian ini yaitu meliputi: (1) bagaimana implementasi pembelajaran tematik integratif (meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran) di SD Insan Amanah Malang? (2) apa kendala dan solusi yang ditempuh dalam implementasi pembelajaran tematik integratif di SD Insan Amanah Malang?

Penelitian ini tergolong dalam pendekatan penelitian kuatitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan member cek.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran tematik integratif di SD Insan Amanah Malang telah dilaksanakan pada kelas 1, 2, 4 dan 5. Dalam perencanaan pembelajaran para guru telah melakukan tahapan sebagai berikut: membuat silabus, membuat program mingguan dan membuat RPP. Pada pelakasanaan pembelajaran, para guru melakukan tiga kegiatan, yakni pendahuluan, inti dan penutup. Dalam pembelajarannya, guru menggunakan pendekatan scientific learning. Sedangkan untuk penilaian implementasi pembelajaran tematik integratif, meliputi penilaian guru terhadap siswa dan penilaian pihak sekolah terhadap para guru yang menerapkan pembelajaran tematik integratif. (2) Kendala yang dialami SD Insan Amanah Malang meliputi: a. Kendala Sumber Daya Manusia meliputi latar belakang pendidikan guru. b. Kendala Sumber dan Media Ajar meliputi ketidak sesuaian materi antar mata pelajaran dalam sub tema, konsep yang salah seperti “akar pangkat” pada kelas 5 dan keterlambatan buku ajar. Sementara itu solusi yang telah ditempuh SD Insan Amanah untuk mengatasi kendala tersebut yaitu: a. Solusi kendala Sumber Daya Manusia: diikutkan diklat, workshop dan pelatihan-pelatihan seperti Lesson Study terkait pembelajaran tematik integratif, mengadakan diskusi kelompok (per rumpun mata pelajaran) dan pembahasan materi dengan kelompok kerja guru (KKG). b. Solusi kendala Sumber dan Media Ajar: pengusahaan penyesuaian antar mata pelajaran, pemberian konsep secara mandiri, dan penggandaan buku ajar dengan cara mengkopi buku yang terdapat di internet.

ENGLISH:

Thematic integrative learning is learning approach integrating the various competencies of various subjects into various themes. In this research, teachers are required to be more creative in presenting concepts to students as well as in the manufacture of evaluation questions. But the reality on the ground, the teachers still feel confused, especially in making the evaluation questions.

The issues raised in this research that includes: (1) how implementation of integrative thematic learning (including planning, execution and assessment) in SD Insan Amanah Malang? (2) what the constraints and solutions used in the implementation of the thematic integrative learning in SD Insan Amanah Malang?

This research is classified in a descriptive quantitative research approaches. Data collection technique used observation, interview and documentation. In testing the validity of the data, this study using triangulation
techniques and member checks.

The results showed that: (1) the application of thematic learning integrative in SD Insan Amanah Malang has been implemented in grades 1, 2, 4 and 5. In the learning plan the teachers have done stages the following: create a syllabus, making the weekly program and make the RPP. On implementation learning, teachers do three activities, namely introductory, core and cover. In learning, teachers use scientific approach to learning. As for the assessment of implementation thematic integrative learning, includes assessment of the students and teachers school party assessment against the teachers who apply learning thematic integrative. (2) The problem faced SD Insan Amanah Malang such as: a. Constraints of Human Resource such as the educational background of teachers. b. Constraints of source and materials teach such as material discrepancy between the eyes lessons in the sub-themes, misconceptions such as "square root" in class 5 and delays in textbooks. While the solutions that have been used SD Insan Amanah to overcome these constraints, namely: a. Human Resource solutions Humans: such us training, workshops and trainings as Lesson Study associated thematic integrative learning, group discussion (per clump of subjects) and discussion of the working groups of teachers (KKG). b. Solutions of source and materials teach such as: adjustment between subjects, giving concept independently, and doubling book taught by copying books found on the internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDWahidmurni, WahidmurniUNSPECIFIED
Keywords: Tematik Integratif; Thematic Integrative
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 15 Dec 2016 10:26
Last Modified: 15 Dec 2016 15:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5428

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item