Yanti, Siti Ida (2017) Hubungan Persepsi tentang pemisahan Kelas Laki-Laki dan Perempuan dengan Motivasi Belajar PAI pada Peserta Didik SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15770048.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan peserta didik dalam menyesuakan diri dengan situasi pemisahan kelas antara laki-laki dan perempuan ditandai dengan pencapaian pembelajaran yang lebih baik dari sebelumnya. Dikatakan baik persepsi peserta didik tentang pemisahan kelas laki-laki dan perempuan dikarenakan adanya persepsi positif yang muncul dari dalam maupun dari luar diri peserta didik tersebut, sehingga dapat menimbulkan tingakat motivasi belajar yang lebih baik.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, Untuk mendiskripsikan tingkat persepsi tentang pemisahan kelas laki-laki dan perempuan pada peserta didik SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan. Kedua, Untuk mendeskripsikan tingkat motivasi belajar PAI pada peserta didik SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan. Ketiga, Untuk mendiskripsikan hubungan persepsi tentang pemisahan kelas laki-laki dan perempuan dengan motivasi belajar PAI pada peserta didik SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif. Dalam penelitian ini populasinya berjumlah sebanyak 611 peserta didik dan jumlah sampel berdasarkan rumus yang sudah ditentukan sebanyak 242 peserta didik. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode dokumentasi, kuesioner yang semuanya untuk menjawab permasalahan penelitian tentang Hubungan Persepsi tentang Pemisahan Kelas Laki-laki dan Perempuan dengan Motivasi Belajar PAI pada Peserta Didik SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan.
Hasil analisis data membuktikan bahwa (1) tingkat persepsi tentang pemisahan kelas laki-laki dan perempuan pada peserta didik SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan yang berada pada tingkat paling tinggi yakni kategori sedang dengan jumlah responden sebanyak 166 peserta didik dengan prosentase 68,6%, kemudian yang kedua berada pada tingkat kategori rendah dengan jumlah responden sebanyak 46 peserta didik dengan prosentase 19,0% dan yang berada pada tingkatan akhir adalah kategori tinggi dengan jumlah responden sebanyak 30 peserta didik dengan prosentase 12,4%. (2) tingkat motivasi belajar PAI pada peserta didik SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan yang berada pada tingkat paling tinggi yakni kategori sedang dengan jumlah responden sebanyak 171 peserta didik dengan prosentase 70,7%, kemudian yang kedua berada pada tingkatan kategori rendah dengan jumlah responden sebanyak 40 peserta didik dengan prosentase 16,5% dan yang berada pada tingkatan akhir adalah kategori tinggi dengan jumlah responden sebanyak 31 peserta didik dengan prosentase 12,8%. (3) terdapat hubungan persepsi tentang pemisahan kelas laki-laki dan perempuan dengan motivasi belajar PAI pada peserta didik SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan dengan tingkat korelasi sebesar 0,521 dengan taraf signifikansi 0,000. Dari analisis data di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang baik antara variabel persepsi tentang pemisahan kelas laki-laki dan perempuan dengan motivasi belajar PAI pada peserta didik SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan.
ABSTRACT
The reflection of students’ success in adapting to the situation of separate gender class is their better achievement. Good perception on the separation comes from positive opinions ofthe students both internally and externally. Therefore, it is able to improve their learning motivation.
The study has three objectives. First, to describe the perception level on separate gender class of SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan. Second, to describe Islamic education learning motivation of the students of SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan. Third, to describe correlation between perception on separate gender classand Islamic education learning motivation of the students of SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan.
In the study, the researcher employs a quantitative approach and associative descriptive method. The population consists of 611 students and the total sample based on the formula is 242 students. The data collection involves documentation, questionnaire to deal with the problems on the correlation between perception on separate gender class and Islamic education learning motivation of the students of SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan.
Data analysis proves that: (1) the perception on separate gender class of SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan has medium level with 166 students as the total respondent and with 68.6% percentage. The next one has low level with 46 students as the respondents and with 19% percentage. The last has high level with 30 students and 12.4% percentage. (2) Islamic education learning motivation of the students of SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan has medium level with 171 students as the total respondents and with 70.7% percentage. The next one has low level with 40 students as the respondents and with 16.5% percentage. The last has high level with 31 students and 12.8% percentage.(3) The study found a correlation between perception on separate gender class and Islamic education learning motivation of the students of SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan with 0.521 level and 0.000 significance. From data analysis, it can be concluded that there is a correlation between perception on separate gender class and Islamic education learning motivation of the students of SMK Darut Taqwa Purwosari Pasuruan.
مستخلص البحث
إن نجاح الطلبة في التكيّف مع وضع فصل الصف بين الرجال والنساء تتمثل في تحقيق تعلمهم أفضل من الماضي. يعتبر تصورهم عن الفصل بين الرجال والنساء جيدابسبب وجود النظرة الإيجابية التي تأتي من داخل أنفسهم ومن خارجها، الذي يؤدي إلى رفع دافعية التعلّم أفضل.
يهدف هذا البحث إلى: أولا، وصف مستوى التصوّر عن فصل الصف بين الرجال والنساء لدي الطلبة في المدرسة الثانوية المهنية دار التقوى فورواساري فاسوروان. ثانيا، وصف مستوى دافعية تعلّم التربية الإسلامية لدي الطلبة في المدرسة الثانوية المهنية دار التقوى فورواساري فاسوروان. ثالثا، وصفعلاقة التصوّر عن فصل الصف بين الرجال والنساء مع دافعية تعلّم التربية الإسلامية لدي الطلبة في المدرسة الثانوية المهنية دار التقوى فورواساري فاسوروان.
المنهج المستخدم في هذا البحث هوالمنهج الكمي. وهذا البحث من نوع البحث الوصفي. يبلغ مجتمع البحث ما يقرب من 611 طالب وعدد عيناته حسب الصيغة التي تم تحديدها هو ما يقرب من 242 طالب وطالبة. ويتم جمع البيانات منخلال طريقة الوثائق والاستبانة والمقابلة والملاحظة وكلها تهدف إلى حل مشكلة هذا البحث؛ وهي علاقة التصوّر عن فصل الصف بين الرجال والنساء مع دافعية تعلّم التربية الإسلامية لدي الطلبة في المدرسة الثانوية المهنية دار التقوى فورواساري فاسوروان.
ومن نتائج تحليل البيانات تثبت أنّ (1) مستوى التصوّر عن فصل الصف بين الرجال والنساء لدي الطلبة في المدرسة الثانوية المهنية دار التقوى فورواساري فاسوروان؛ 166 طالب في مستوى متوسط بنسبة مئوية 68،6% و 46 طالبا في مستوى منخفض بنسبة مئوية 19،0% و 30 طالبا في مستوى مرتفع بنسبة مئوية 12،4%. (2) مستوى دافعية تعلّم التربية الإسلامية لدي الطلبة في المدرسة الثانوية المهنية دار التقوى فورواساري فاسوروان؛ 171 طالب في مستوى متوسط بنسبة مئوية 70،7% و 40 طالبا في مستوى منخفض بنسبة مئوية 16،5% و 31 طالبا في مستوى مرتفع بنسبة مئوية 12،8%. (3) هناك العلاقة بين التصوّر عن فصل الصف بين الرجال والنساء مع دافعية تعلّم التربية الإسلامية لدي الطلبة في المدرسة الثانوية المهنية دار التقوى فورواساري فاسوروانبمستوى ارتباطي 0،521 مع درجة أهمية 0،000. ومن تحليل البيانات السابقة تستنتج الباحثة منها أنّ هناك علاقة إيجابية بين متغير التصوّر عن فصل الصف بين الرجال والنساء مع متغير دافعية تعلّم التربية الإسلامية لدي الطلبة في المدرسة الثانوية المهنية دار التقوى فورواساري فاسوروان.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Aziz, Rahmat |
Keywords: | Pemisahan Kelas Laki-Laki dan Perempuan; Motivasi Belajar Separate Gender Class; Learning Motivation فصل صف الرجال والنساء; دافعية التعلم |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:37 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:37 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54276 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |