Sukitman, Tri (2011) Pengembangan bahan ajar IPS berbasis pendidikan kecakapan hidup (Life Skill) di SDI Surya Buana Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
09760012.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Berbagai problematika menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia mempunyai banyak kendala yang perlu diperbaiki baik dari aspek kurikulum, manajemen, strategi pembelajaran, sistematika pembelajaran maupun profesionalisme guru. Dengan demikian agar pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang lebih baik perlu adanya upaya langkah-langkah penyempurnaan mendasar konsisten dan sistematika paradigma pendidikan yang kita bangun sesuai dengan paradigma tersebut. Penyempurnaan ini adalah pendidikan dimana dapat mengembangkan potensi anak didik agar berani menghadapi tantangan hidup sekaligus tantangan global, tanpa ada rasa tertekan, pendidikan kita harus mampu mendorong anak didik memiliki pengetahuan, keterampilan, memiliki percaya diri yang tinggi yang mampu cepat beradaptasi dengan lingkungan. Pendidikan yang ingin diwujudkan kedepan adalah pendidikan yang dapat mengarahkan dan membekali kehidupan anak didik dan tidak berhenti pada penguasaan materi secara tertulis. Bertolak dari masalah tersebut, perlu konsolidasi agar pendidikan dapat membekali peserta didik dengan kecakapan hidup (Life Skill), yakni keberanian menghadapi problema hidup dan kehidupan secara wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara kreatif menemukan solusi serta mampu mengatasinya. Pendidikan perlu mensinergikan berbagai mata pelajaran menjadi kecakapan hidup yang diperlukan seseorang.
Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah Untuk menganalisis tingkat efektivitas, kemenarikan dan kesesuaian bahan ajar mata pelajaran IPS berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) yang dikembangkan untuk kelas IV A di SDI Surya Buana Malang.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain pengembangan pembelajaran Walter Dick dan Lou Carey dan hasil dari penelitian pengembangan ini menghasilkan buku ajar yaitu IPS Terpadu untuk Kelas IV Integrasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) yang diujicobakan melalui beberapa tahap. Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar pendidikan kecakapan hidup (Life Skill) mata pelajaran IPS yang telah dikembangkan yaitu dari hasil review ahli isi mata pelajaran mencapai persentase 77,00 % berada pada kualifikasi baik sehingga buku ajar tidak perlu revisi, hasil review ahli desain mencapai persentase 75,00 % berada pada kualifikasi cukup baik sehingga buku ajar perlu adanya revisi sesuai dengan instruksi review ahli desain pembelajaran, uji coba perorangan mencapai persentase 89,74 % berada pada kualifikasi baik sehingga buku ajar tidak perlu revisi, uji coba kelompok kecil mencapai 87,95 % berada pada kualifikasi baik sehingga buku ajar tidak perlu revisi, uji coba lapangan mencapai 82,88 % berada pada kualifikasi baik sehingga buku ajar tidak perlu revisi, dan uji coba guru mata pelajaran mencapai 83,08 % berada pada kualifikasi baik sehingga buku ajar tidak perlu revisi. Sedangkan untuk penyajian nilai pre-test dan post-test dilakukan dengan menggunakan analisis uji t dimana diperoleh rerata atau mean post-test yang lebih besar yaitu 81,45 dari pada nilai rerata atau mean pre-test 63,71, maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa buku ajar pembelajaran IPS berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV. Dengan demikian kesimpulannya bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa kelas IV A di SDI Surya Buana Malang setelah menggunakan buku ajar pembelajaran dari produk hasil pengembangan.
Berdasarkan catatan saat uji coba lapangan yang telah dilaksanakan, maka untuk mengoptimalkan pemanfaatan bahan ajar dalam penelitian ini adalah buku ajar ini memiliki keterbatasan diantaranya: (1) diujicobakan pada kelompok subjek yang relatif kecil, (2) waktu pelaksanaan ujicoba relatif singkat berkaitan dengan waktu penelitian uji coba yang disediakan oleh sekolah sasaran dengan kegiatan rutin akademik yang melingkupinya, (3) uji coba kelompok subyek di lapangan hanya mengambil sampel pokok bahasan tertentu karena keterbatasan waktu. Dengan demikian, disarankan seluruh produk dapat diujicobakan pada kelompok bahasan yang lebih luas. Berkaitan dengan beberapa keterbatasan yang dimiliki oleh bahan ajar pembelajaran, maka dalam memanfaatkan bahan ajar hendaknya didukung oleh sumber-sumber belajar lain yang relevan dengan materi pembelajaran. Bahan ajar ini sebaiknya tidak dijadikan satu-satunya sumber belajar dalam pembelajaran mata pelajaran IPS. Hal yang perlu digaris bawahi adalah bahwa pengembangan ini tidak dimaksudkan untuk mengatasi seluruh permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran IPS. Permasalahan lain seperti sarana dan prasarana yang kurang memadahi, bobot alokasi waktu pembelajaran yang tidak sesuai dengan kedalaman atau kepadatan materi, dan permasalahan lainnya juga perlu untuk dicarikan alternatif pemecahannnya dengan melakukan berbagai upaya yang memadai.
ABSTRACT
Various set of problems show that education in Indonesia has many obstacles which need to be repaired from the aspect of curriculum, management, learning strategy, learning systematic or even the professionalism of the teacher. Thereby, in order to find upgrading education in Indonesia, it is necessary to take any consistent improvement efforts and the systematic paradigm that we built as like its paradigm in the context. This improvement means that the education enable to develop students ability in the reason of making them face the challenge of the world courageously, both life and global challenge without any kind of pressure. Our education system should be able to motivate students to have knowledge, skills, and high self confidence to find them adapt easily to the environment. The education which is hoped to stand in the future is the education that can lead and provide students so that they can survive in the world, and it can’t be stopped only in understanding written material. Working from those problems, it is also necessary to get consolidation in order to make education system might be able to provide students the life skill. It means that the students might be able to face the life problems bravely. They also enable maintaining their life naturally without kind of pressure. Those are in purpose to make them easy to find a solution of certain problems they face. Education needs to construct some lessons to be life skill element which is required to them.
The purpose of this developing research is to analyze effectiveness level, conspicuousness, and learning material compatibility of social studies in life skill- based. It is developed for the A class of the fourth grade in Surya Buana elementary school Malang.
The research designed by Walter Dick and Lou Carey about the learning developing. This research produces learning book of integral social studies for the fourth grade. The Integration of Life skill education had been tested through some steps. The result of research is that the use of life skill education material in the field of social studies reaches 77,00 % as the expert evaluation of the content of the material. It is in a good qualification of the book material and it doesn’t need any revision. In design, it reaches 75,00 % so that the book is in good enough quality and needs a revision as the instruction of the expert reviewer. The individual test reaches 89,74 % and it is in a good quality. It doesn’t need any revision. The other percentages are: the small group test achieves 87,95 %, the field test is 82,88% the teacher of the material test is 83,08%. They don’t need a revision because they are in a good quality. The point presentation of pre-test and post-test used t test analysis and the result mean post-test point is 81,45, bigger than mean pre-test which is only in 63,71 point. Thus, this learning book is effective to increase learning result of social studies to the students in the fourth grade. There is significant difference of student learning achievement in the fourth grade of Surya Buana Elementary School after using learning book from the developing product.
Based on the record of the field test, to optimize the use of learning material in this research there must be items to look carefully. It is in a reason of the limitation of the learning book itself. They are: 1. Tested on the small group, 2. Realization of the test was in a short time as the school gave the limitation time of research, 3. Group subject test in the field only used certain topics because of time limitation. Thus, it is suggested that all products may be tested to the other materials. Related to some of limitations in learning book, the use of learning material should be supported by another relevant source. This learning material should not be the only source in social studies. The important thing must be concerned is that this development not in the purpose of resolving all matters that always be present in studying social studies. The other problems such as sufficiency of medium and infrastructure, integrity of time allocation, etc., need to be found the solution by doing sufficient efforts.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Witjaksono, Mit |
Keywords: | Bahan Ajar; Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill); dan Pelajaran IPS; learning material; life skill; and social studies |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:23 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:23 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54215 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |