Implementasi kurikulum 2013 pada sekolah berbasis iptek dan al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Nurul Izzah Malang

Fatah, Shalahuddin (2015) Implementasi kurikulum 2013 pada sekolah berbasis iptek dan al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Nurul Izzah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11140037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sekolah SD Islam Nurul Izzah Kota Malang yang berdiri sejak tahun 2006 merupakan SD berbasis IPTEK dan Al-Qur’an. Sekolah ini sudah mengimplentasikan Kurikulum 2013 sejak berlakunya Kurikulum 2013 tahun 2013 melalui sosialisasi yang telah diselenggarakan oleh pemerintah. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang melakukan penyederhanaan, dan tematik-integratif, menambahjam pelajaran dan bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Akan tetapi ada beberapa faktor yang mendukung dan menghambat dalam implementasi Kurikulum 2013.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses implementasi Kurikulum 2013 di SD Islam Nurul Izzah Malang berbasis IPTEK dan Al-Qur’an, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat proses implementasi kurikulum 2013 pada sekolah berbasis IPTEK dan Al-Qur’an di SD Islam Nurul Izzah Malang.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan pada bagian analisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu data dianalisis dengan cara mereduksi data tidak relevan, mengorganisasikan data, dan penyimpulan data yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data. Hasil analisis data selanjutnya dicek keabsahannya melalui pemeriksaan triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) SDI Nurul Izzah Malang sudah melaksanakan Kurikulum 2013 mulai sejak awal diberlakukanya Kurikulum 2013 yakni pada Bulan Juli 2013. Implementasi Kurikulum 2013 ini mengacu kepada aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah, Pemerintah Kota Malang mengharuskan sekolah dasar di Kota Malang ini menggunakan K-13. Implementasi Kurikulum 2013 sudah diterapkan dengan cukup baik, guru berusaha menyusun perencanaan atau RPP sesuai Kurikulum 2013 dengan bepedoman pada Permendikbud 81A. Sekolah berbasis IPTEK dan Al-Quran ini sangat menunjang dalam Implementasi K-13. (2) Faktor pendukung implementasi Kurikulum 2013 meliputi: (a) kreativitas guru yakni kesiapan guru terkait dengan urusan kompetensinya, (b) aktivitas peserta didik dalam kelas yakni siswa yang aktif dalam pembelajaran, (c) fasilitas dan sumber belajar yakni sekolah yang berbasis IPTEK dengan ditunjang sarana prasarana yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, (d) lingkungan yang kondusif yakni dengan suasana sekolah berbasis Al-Quran, terkait dengan pembelajaran Al-Quran yang diterapkan sangat menunjang implementasi Kurikulum 2013 yakni meningkatkan Iman dan Taqwa siswa yang ada dalam kaitan Kompetensi Inti yang pertama yakni menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Faktor penghambat implementasi Kurikulum 2013 terdapat faktor internal pada: (a) aktivitas siswa yakni siswa yang pasif dan malas dalam proses belajar padahal materi pembelajaran tema harus berjalan terus sehingga siswa tersebut akan tertinggal materi pembelajaran tematik, (b) penilaian yang terlalu banyak dan rumit dalam K-13 menggunakan deskripsi sehingga membutuhkan lembar kertas yang banyak dan biaya untuk membuat rapot menjadi tinggi.

ENGLISH:

Nurul Izzah Islamic elementary school Malang, established in 2006, is a science and technology-based and Qur'an. This school has been implementing the curriculum in 2013 since the enactment of the Curriculum 2013 in 2013 through socialization that has been organized by the government. The 2013 curriculum is the curriculum that simplifies, and thematic-integrative, adds school hours and aims to encourage learners or students, better able to make observations, ask questions, reasoning, and communicate the (present), our students are expected to have better competence attitudes, skills , and knowledge. However, there are several factors that support and hinder the implementation of Curriculum 2013.

The purpose of this study was to: (1) describe the process of the implementation of Curriculum 2013 in SD Islam Nurul Izzah Malang-based science and technology and the Qur'an, (2) describe the factors supporting and inhibiting the process of implementation of school-based curriculum in 2013 on science and technology and the Quran SD Islam Nurul Izzah in Malang.

To achieve the above objectives, this study used a qualitative approach. In the process of collecting data the author uses the method of observation documentation, and interviews. While on the data analysis the authors used a qualitative descriptive analysis techniques, namely the data were analyzed by reducing irrelevant data, organizing data, and inference data described with words or sentences. Data analysis was performed with data reduction. Results of subsequent data analysis check its validity through triangulation inspection data. The results showed that, (1) SDI Nurul Izzah Malang has implemented Curriculum 2013 started since the beginning of the adoption of Curriculum 2013 in July 2013. The implementation of Curriculum 2013, referring to the rules that have been created by the government, Malang City Government requires primary school in Malang The use of K-13. Implementation of Curriculum 2013 has been implemented fairly well, teachers try planning or RPP according to the curriculum in 2013 based on Permendikbud 81A. School-based science and technology and the Koran is very supportive in the implementation of K-13. (2 Factors supporting the implementation of Curriculum 2013 include: (a) the creativity of teachers that teacher preparation associated with the business competence, (b) the activity of learners in the class of students who are active in learning, (c) the facilities and learning resources that school-based science and technology with supported infrastructure that is used in the learning process, (d) environment that is conducive to the atmosphere of the Koran-based schools, related to the learning of the Koran are applied strongly support the implementation of Curriculum 2013 which improve student Iman and Taqwa is in connection Core Competencies the first one that is receiving and the teachings of their religion factor inhibiting the implementation of Curriculum 2013 there were internal factors: (a) the activities of the students are passive and lazy students in the learning process when the theme of learning materials must go on so that students will be left behind learning materials thematic, (b) valuation too many and complicated in K-13 using descriptive and thus require many sheets of paper and the cost to make rapot be high.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sulalah, Sulalah
Keywords: Kurikulum 2013; Sekolah Berbasis IPTEK dan Al-Quran; Curriculum 2013; The School-Based Science and Technology and the Al-Quran
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:26
Last Modified: 15 Dec 2016 08:09
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5421

Actions (login required)

View Item View Item