Ali, Mustapa (2011) Pengaruh penggunaan Multimedia Interaktif terhadap peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas V MIN Malang 2. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
09760009.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Proses pembelajaran adalah satu rangkaian kegiatan yang sangat kompleks, tidak hanya bertujuan untuk mentransper pengetahuan kepada siswa, akan tetapi sebelum itu guru harus menyiapkan banyak hal dan salah satunya adalah membuat siswa termotivasi, senang dan butuh terhadap pelajaran tersebut, sehingga proses pembelajaran berjalan sesuai harapan. Terutama dalam pelajaran bahasa Arab yang cukup sulit untuk siswa tingkat MI. Oleh sebab itu perlu adanya kondisi belajar yang menyenangakan yang membuat siswa termotivasi, salah satunya adalah dengan membuat media (Multimedia Interaktif) sehingga materi tidak terasa begitu sulit.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Multimedia Interaktif dalam penelitian eksperimen ini dan adakah pengaruh yang signifikan penggunaan multimedia interaktif terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas V MIM Malang 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran bahasa Arab dan pengaruh yang signifikan penggunaan multimedia interaktif terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas V MIN Malang 2. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas V A MIN Malang 2 sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas V B sebagai kelas kontrol, adapun instrument penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dianalsis dengan tehnik regresi sederhana.
Hasil analsis data membuktikan bahawa : (1) Uji hipotesis secara simultan, yaitu menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan uji F. Dengan hasil F hitung 38.215 ≥ F tabel 4,15. Sehingga Ha yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia interaktif terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa VA MIN Malang 2 diterima. (2) Untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t yaitu dapat dilihat bahwa t hitung Multimedia interaktif (X) dengan nilai, t Tabel = 6.182 ≥ t hitung ≥ t tabel = 2,04. maka Ha diterima dan Ho ditolak, itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan oleh variabel X terhadap motivasi belajar siswa (Y). Pengaruh variabel (X) R Square sebesar 0.538 atau 54%, terhadap motivasi belajar (Y), Artinya besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 54%. Sedangkan sisanya yaitu 46% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
ABSTRACT
The learning process is a highly complex series of activities, not only aims to mentransper knowledge to students, but before that the teacher must prepare many things and one of them is to keep students motivated, excited and in need of these lessons, so that the learning process goes according to expectations. Mainly in Arabic language lessons are quite difficult for the student level MI. Therefore there is need for conditions that make learning menyenangakan motivated students, one of which is to create media (Multimedia Interaktif) so that the material does not seem so difficult.
Formulation of the problem in this study is how the application of multimedia Interaktive in a research experiment and the extent of the influence of the use of multimedia interaktive to motivate students in learning the Arabic language class V MIM Malang 2. This study aims to determine how the application of multimedia in learning Arabic and the extent of the influence of the use of flash media to motivate students in learning the Arabic language class V MIN Malang 2. This study uses an experimental method with quantitative approach. The population of this study were students MIN Malang VA Class 2 a total of 33 students as an experimental class and 34 students in grade VB as a control class, while the instrument of this research is to use questionnaires and dianalsis with simple regression techniques.
The results of data analysis proves bahawa: (1) test hypotheses simultaneously, which is testing the effect of independent variables on the dependent variable used F test With results counted 38 215 F ≥ F table 4.15. So Ha which says there is a significant effect between the use of multimedia interactive to motivate students to learn Arabic VA 2 MIN Malang accepted. (2) To test the hypothesis is partially used the t test of t count can be seen that the multimedia interactive (X) with a value, t Table = 6182 count ≥ t ≥ t table = 2.04. Ha is received and then Ho is rejected, it means there is a significant influence by the variable X to the students' motivation (Y). Effect of variable (X) R Square of 0538 or 54%, of learning motivation (Y), means that the degree of influence of independent variables on the dependent variable was 54%. While the rest that is 46% influenced by other variables not studied ..
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad and Susanto, Djoko |
Keywords: | Multiedia interaktif; motivasi belajar siswa dan pembelajaran bahasa Arab; multimedia interactive; students' motivation and learning Arabic |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:23 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 09:12 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54209 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |