Maghfiroh, Wahidatul (2016) Penerapan pembelajaran baca-tulis al-Qur’an dengan metode qiroati di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
5416.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Skripsi ini membahas penerapan metode Qiroati dalam membaca dan menulis Al-Qur’an surat al-Kautsar ,Quraisy pada kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto. Pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan atau dipelajari oleh setiap orang Islam karena merupakan salah satu cara memahami Al-Qur’an dengan baik. Dalam belajar membaca ataupun menulis Al-Qur’an tentunya tidak langsung bisa, akan tetapi harus melalui tahapan-tahapan. Maka dari itu, dalam pengajaran baca tulis Al-Qur’an juga diperlukan suatu metode yang praktis dan cepat. Metode Qiroati merupakan salah satu metode yang secara langsung tanpa dieja dan membiasakan membaca secara tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
Tujuan peneliti ini adalah untuk: (1) Untuk mendiskripsikan rancngan pembelajaran baca-tulis Al Qur’an dengan metode Qiroati di MI Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto, (2) Mendiskripsikan proses pembelajaran baca-tulis Al Qur’an dengan metode Qiroati di MI Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto, (3) Mendiskripsikan hasil pembelajaran baca-tulis Al Qur’an dengan metode Qiroati di MI Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Data yang terhimpun peneliti adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Qiroati dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an di MI Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto pertama dalam merencanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses belajar mengajar. Perencanaan dituangkan dalam bentuk Rencana Program Pengajaran (RPP).Setiap siswa dituntut untuk dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk setiap SK dan KD yang diajarkan. Karena MI Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto dalam pembelajaranya berdasarkan kurikulum. Target KKM yaang harus dicapai adalah 67%atau mendapat nilai 76 dalam setiap tesnya. Kedua dalam pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an dengan metode Qira’ati, guru dituntut memiliki kemampuan dalam menciptakan dan menumbuhkan proses pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah disusun. Ketiga kemampuann baca-tulis Al-Qur’an para siswa adalah terbilang baik hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh para siswa setiap mengikuti ujian.
ENGLISH:
This essay discusses about the application of the Qiro’ati method in reading and writing Al Qur’an al-Kautsar, Quraish letter in the first class in Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto Islamic Elementary School Mojokrto. Learning to read and write Al Qur'an is one of the obligations that must be implemented or studied by every Muslim because it is one way of understanding the Qur'an properly. In learning to read or write the Qur'an is not directly, but must have stages. Therefore, in teaching of reading and writing the Qur'an are also need a method that practical and fast. Qiro’ati method is one of method that directly without spelled with tajwid.
The purpose is: (1) To describe about read and write the Qur'an with a Qiro’ati method in MI Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto, (2) To describe the process of learning to read and write the Qur'an with a Qiro’ati method in MI Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto, (3) To describe the results of learning to read and write the Qur'an with a Qiro’ati method in MI Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto.
This research was conducted using qualitative approach with case study. to describe about the phenomenas at the study site. The data collected by researchers is observation, interviews and documentation. Data analysis uses data reduction techniques, data presentation, and conclusion.
From the results of this study indicate that the use of learning Qiro’ati methods to improve read and write Al Qur'an in MI Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto. The first is planning everything which related to teaching and learning process. The planning is poured in the form of Teaching Program Plan (RPP) .Each students are required to get a minimum completeness criteria (KKM) for each SK and KD are taught. Because of MI Miftahul Ulum Kemlagi Mojokerto based curriculum. KKM is 67% or scored 76 in each test. Second in the implementation of learning to read and write the Qur'an with Qira'ati method, teachers are required to have ability to create and foster a learning process based on the plan that have been prepared. The third is the read and write Al Qur'an skill of students are well by the results of the value obtained by the students each take the exam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasanah, Mamluatul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan Pembelajaran Al-Qur’an; Qiroati; Baca Tulis Al-Quran; Learning Application of the Qur'an; Qiroati; Read and Write Al-Quran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Wahidatul Maghfiroh | ||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2016 10:13 | ||||||
Last Modified: | 05 Jan 2017 15:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5416 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |