Rohman, Miftakhul (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Sholat Berjama’ah dengan menggunakan Macromedia Flash untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII MTsN Turen Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13771023.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan media pembelajaran sholat berjama’ah dengan menggunakan macromedia flash ini didasarkan pada kenyataan dilapangan bahwa belum adanya pengembangan media pembelajaran sholat berjama’ah dengan menggunakan macromedia flash pada mata pelajaran fikih untuk kelas VII MTs. Hasil pengembangan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan alternatif media pembelajaran yang mampu meningkatkan efektifitas, efisien, dan menimbulkan ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran serta memungkinkan siswa untuk belajar mandiri.
Penelitian pengembanagan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran sholat berjama’ah dengan menggunakan mavromedia flash pada mata pelajaran fikih untuk kelas VII MTs, mengetahui tingkat keefektifan, keefesienan dan kemenarikan dari pengembangan media pembelajaran dan mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar sisiwa setelah menggunakan media tersebut yakni dengan membandingkan hasil evaluasi kelas control dengan kelas eksperimen.
Metode pengembangan yang digunakan oleh peneliti dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) dengan menggunakan model pengembangan sugiyono (2011). Tahap pengembangan model ini yaitu: 1. Potensi dan masalah 2. Pengumpulan data 3. Desain produk 4. Validasi desain 5.revisi desain 6. Uji coba produk 7. Revisi produk 8. Uji coba pemakaian 9. Revisi produk 10. Produksi masal (diseminasi).
Peneliyian pengembangan ini menghasilkan produk CD pembelajaran interaktif media pembelajaran solat berjama’ah dengan menggunakan macromedia flash pada mata pelajaran fikih untuk kelas VII MTs, melaui proses validasi dan uji coba serta revisi. Validasi yang dilakukan melalui: 1. Ahli Materi 2. Ahli desain 3. Uji Coba guru fikih kelas VII, dan 4. Uji lapangan siswa kelas VII D.
Hasil uji ahli materi dan ahli media terhadap pengembangan media pembelajaran ini adalah pada kulifikasi baik, berdasarkan penilaian dan prosentase kevalidan mencapai 89% dan 83,63%. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fikih kelas VII berada pada kualifikasi baik, berdasarkan penilaian dengan persentase kevalidan mencapai 84%. Kemudian hasil perhitungan setiap variabel tingkat efektif, efisien dan kemenarikan dari guru masing-masing adalah: efektif 77%, efisien 70% dan kemenarikan 80%. Sedangkan hasil uji coba dari siswa, media pembelajaran ini berada pada kualifikasi baik, berdasarkan penilaian dengan persentase kevalidan mencapai 80,25%. Kemudian hasil perhitungan setiap variabel efektif, 79,5%, efisien 80% dan kemenarikan83,5%.
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik serta dengan bantuan produk pengembangan media pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah yang menjadi tempat uji coba. Peningkatan hasil belajar itu dibuktikan dengan perbandingan hasil post test kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Berdasrkan analisis uji-t, hipotesis alternatif diterima dengan rincian sebagai berikut: hasil thitung adalah sebesar 2,537 dengan ttabel pada tingkat signifikansi 5% sebesar 1,994, dengan artian perolehan ttabel lebih besar dari pada thitung. Sehingga hal ini dapat dibuktikan secara signifikan bahwa produk pengembangan media pembelajaran sholat berjama’ah dengan menggunakan macromedia flash pada mata pelajaran fikih untuk kelas VII MTs tersebut membantu meningkatkan hasil belajar siswa.
ABSTRACT
The research background of this Pray Congregationally Learning Media Development using macromedia flash is based on school’s reality that there is no learning media development such as this one’s, especially on Fiqh Lesson at 7th Grade of Islamic Junior High School. This media development results are expected to be a fulfillment of alternative learning media which able to increase the students effectiveness, efficiency and interest so that they have a chance to learn by themselves.
This Development research aims are; to produce a learning media product of pray congregationally using macromedia flash on Fiqh Lesson at 7th Grade of Islamic Junior High School, to know the level of students effectiveness, efficiency and interest of the learning media development and to know if there is an improvement in learning result of students after using the media by comparing evaluation results between controlled class and experimental class.
Developmental method that used by researcher in this learning media development is Research and Development method by using development model of sugiyono (2011). This model has several stages, i.e. ; 1. Potention and problem 2. Collecting data 3. Product design 4. Design validation 5. Design revision 6. Product testing 7. Product revision 8. Utility testing 9. Product revision 10. Mass Production (Dissemination).
This developmental research produced an Interactive Learning CD product of pray congregationally learning media using macromedia flash on Fiqh Lesson at 7th Grade of Islamic Junior High School, through validation and testing process along with revision. Validation is done through: 1. Material Expert 2. Design Expert 3. Testing by Fiqh Teacher on 7th Grade of Islamic Junior High School, and 4. Field Test on 7th Grade especially Class D of Islamic Junior High School Students.
The results of Material expert and Media expert toward this learning media development is at good qualification, according to the assessment and percentage of validity reached 89% and 83,63%. The Result of field research that done by fiqh teacher at 7th Grade of Islamic Junior High School is at good qualification, according to percentage of validity reached 84%. The result of each of variable (level of effectiveness, efficiency and interest) from teacher i.e.: effectiveness 77%, efficiency 70% and interest 80%. Whereas, the result from students test, this learning media is at good qualification, according to the assessment with percentage of validity reached 80,25%. Then the result of each variable of effectiveness, 79,5%, efficiency 80% and interest 83,5%.
Learning that using scientific approach along with the support of this learning media development product is proved to be an improvement on students learning result in the school as testing field. That learning improvement is proved by comparison between post-tes result of controlled class with experimental class. According to t-test analysis, Alternative hypothesis is confirmed by following details: result of tcount is 2,537 with ttable at the level of 5% significance is 1,994, that means ttable acquisition is bigger than tcount. So, this is can be significantly proved that the product of pray congregationally learning media development using macromedia flash on fiqh lesson for that 7th grade of Islamic Junior Highschool help to improve students learning results.
مستخلص البحث
تنمية واسطية تعليم في صلاة الجماعة، يعمل بمكروميدية فليس بمصادر الحقيقية في الميدان أنها لم يجد تنمية واسطة تعليم في صلاة الجماعة باستخدام مكروميدية فليس على مادة الفقه لفصل VII متواسطة، ويرجوا بهده نتيجة تنمية، يتناول احتياج مفرّ في واسطة التعليم لإرتفاع فاعلية ويجعله حبا على تنمية تعليم ويجعله لتعليم نفس.
هده تنمية البحث، لحصول نتيجة في واسطة تعليم على صلاة الجماعة باستخدام مكروميدية فليس وعلى مادة الفقه لفصل VII متواسطة. يعرف درجة فاعلية ومغرم من تنمية واسطة تعليم ويعرف بوجود أو عدمه في إرتفاع نتيجة التعليم على الطلاب بعد استخدام واسطة بمقارنة حصول تقويم الفصل بين فصل تجريب.
يستخدم الباحث منهج التنمية في واسطة التعليم هو منهج البحث ومنهج التنمية برأي سكونو (2011). أما خطوة البحث هي القوة والمشكلة. والثاني، جمع البيانات والثالث، شكل الانتاج والرابع، مراجعة الشكل والخامس، تجريب لإنتاج والسادس، مراجعة الإنتاج والثمانية، تجريب الاستخدام والتاسع، مراجعة الانتاج والعاشر حصول الإنتاج.
فهذا البحث يحصل الانتاج فيديو في تعليم الواسطة على صلاة الجماعة باستخدام مكروميدية فليس في مادة الفقه لفصل VII متواسطة وتجريب مع مراجع. يعمل ذلك ب 1. اهل المادة 2. اهل الشكل 3. مراجعة معلم الفقه في فصل VII 4. مراجعة الطلاب في ميدان على الفصل VII D.
فنتيجة مراجعة من اهل المادة ومن اهل الشكل على تنمية التعليم هي تمام بمصادر التقويم ودراجة الحصول 89 % & 83,63 %. هذا يعمل معلم في مادة الفقه
إلى الفصل VII بتقويم الحسنة، وبمصدر تقويم الأخرى، حصل على 74 %. ثم من حصول كلهم هي من إنسياني 77 %. ومن فاعلية 70 % ومن مُلْفِتْ 80 %. وحصول من الطلاب، هذه واسطة المعلم الحسنة. ومن التقديم، حصل على 80.25 % ثم نتيجة كل الطريقة الإنسياتي 79 % ومن فاعلية 80 % ومن ملفت 83.5 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Wahyuni, Esa Nur |
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Sholat Berjama’ah; Macromedia Flash Learning Media Development; Pray Congregationally; Macromedia Flash تنمية واسطية تعليم; وصلاة الجماعة; ومكروميدية فليس |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 11:12 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:12 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53981 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |