Internalisasi nilai-nilai tasawuf dalam Kitab an-Nashai ad-Diniyyah wal Washaya al-Imaniyyah pada santri Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang

Setyawan, Novi Agus (2016) Internalisasi nilai-nilai tasawuf dalam Kitab an-Nashai ad-Diniyyah wal Washaya al-Imaniyyah pada santri Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12110007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Perbincangan tasawuf tidak akan pernah habis meskipun telah di ceritakan dalam beberapa buku tentang tasawuf bahwa ada keruntuhan tasawuf pada abad-abad sebelumnya. Dan pada abad modern ini telah muncul berbagai pembahasan tentang tasawuf modern. Inilah yang membuktikan bahwa tasawuf tidak pernah pudar dalam perbincangannya.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apa saja kandungan nilai-nilai tasawuf dalam kitab “An-Nashaih ad-Diniyyah wal Washaya al-Imaniyyah Karya Al Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad yang diimplementasikan di Pondok Pesantren Anwarul Huda, (2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai tasawuf dalam kitab “An-Nashaih ad-Diniyyah wal Washaya al-Imaniyyah Karya Al Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad pada santri Pondok Pesantren Anwarul Huda, (3) Apa faktor pendukung dan penghambat proses internalisasi nilai-nilai tasawuf dalam kitab “An-Nashaih ad-Diniyyah wal Washaya al-Imaniyyah Karya Al Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad pada santri Pondok Pesantren Anwarul Huda. Sedangkan tujuan dilakukan peneliti ini adalah (1) Mengetahui nilai-nilai tasawuf yang diimplementasikan di pondok pesantren, (2) Mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai tasawuf pada santri, (3) Mengidentifikasi dampak dari adanya internalsisasi nilai-nilai tasawuf pada santri.

Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang yang terletak di jalan Raya Candi III/454, Karangbesuki, sukun, Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terhadap orang – orang yang dianggap berhubungan erat dengan permasalahan yang diteliti dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif dengan langkah meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa internalisasi nilai-nilai tasawuf dalam kitab Nashoihud Diniyyah pada santri pondok pesantren anwarul huda sebagai berikut: 1) nilai-nilai tasawuf dalam kitab Nashoihud Diniyyah yang diimplementasikan dipesantren meliputi: (a). takwa, (b). ridho kepada Allah ; (c). banyak mengingat mati; (d). kewajiban dan keutamaan menuntut ilmu; (e). shalat adalah tiang agama; (f). kewajiban puasa di bulan Ramadhan; (g). berbakti kepada kedua orang tua; (h).tidak suka membuka aib orang lain; (i).kasih sayang terhadap kaum muslimin; (j).membiasakan diri berjama’ah; (k).nilai tidak meminta – minta; (l).berlemah menyeruh kebaikan; m).berbakti kepada tetangga; n). berbakti kepada kawan; o).adil; p).pemaaf; q).tidak menipu. 2) Proses internalisasi nilai-nilai tasawuf pada santri melalui tiga tahapan yakni: (a). pemahaman melalui kegiatan pengajian kitab Nashoihud Diniyyah dan mauidhoh/ceramah, (b). penerapan dalam kehidupan sehari-hari melalui: pengajian ba’da subuh, pengajian ba’da magrib, madrasah Diniyyah, piket jaga malam, ro’an, berpakian sopan, berriyadho di pondok pesantren, khususiyah, ziarah wali, sholat wajib dan shlat sunnah, puasa Ramadhan, pengajian kitab kuning, izin ketika tidak di pondok, bai’at Thoriqoh, larangan membawa senjata tajam, santunan fakir miskin dan anak yatim, santunan keluarga santri yang terkena musibah kematian, sholawatan, khitobiyah, dzikir bersama, kewajiban santri menabung, takziah kepada tetangga yang terkena musibah, menjenguk tetangga yang sakit, membantu berobat teman santri, bermusyafaqoh, kantin kejujuran, wajib makan di pondok. (c). penghayatan melalui pembiasaan santri mengamalakan kegiatan pesantren secara terus menerus dalam amaliyah kehidupan sehari-hari santri dengan akhlak mulia serta merasa takut bila tidak mengamalkannya baik ketika dipesantren maupun ketika sudah keluar dari pesantren. 3). Faktor pendukung dan penghambat dari internalisasi nilai-nilai tasawuf pada santri meliputi: (a) sarana dan prasarana yang menunjang; (b) lingkungan yang kondusif; (c) peran orang tua yang mendukung pondok pesantren. sedangkan yang menjadi faktor penghambat antara lain yaitu: (a) santri yang tidak disiplin; (b) sistem manajemen yang kurang baik; (c) guru yang kurang disiplin.

ENGLISH:

Tasawuf discussion is always exist. Several books of tasawuf inform that there is regression in past centuries. Discussion of modern tasawuf is started to emerge in this modern age. It is proof that tasawuf discussion is everlasting.

Formulation of problem of this research are : (1) What are the contents of tasawuf values in An - Nashaihad - Diniyyah wal Washayaal - Imaniyyah Classic Book which taught at Islamic Boarding School of Anwarul Huda Malang, (2) How is the process of internalizing of tasawuf values toward Students of Islamic Boarding School of Anwarul Huda Malang, (3) What are supporting and inhibition factors of internalization process of tasawuf values in An - Nashaihad - Diniyyah wal Washayaal - Imaniyyah Classic Book which taught at Islamic Boarding School of Anwarul Huda Malang. Research approach which researcher used is Qualitative-Descriptive approach.

According the research result, can be known that internalization of tasawuf values in An - Nashaihad - Diniyyah wal Washayaal - Imaniyyah classic book toward students of Islamic Boarding School of Anwarul Huda Malang: 1) Tasawuf values An - Nashaihad - Diniyyah wal Washayaal - Imaniyyah Classic Book that implemented in Islamic Boarding School, covers: (a). piety, (b). ridho toward Allah ; (c) remembering about death; (d) obligation and virtue of studying science; (e) shalat is fundamental of religion; (f). Obligation of ramadhan fasting; (g) devoted to parents; (h) cover the disgrace of others; (i) affection to each other moslem; (j) habituating pray together; (k) not asking very much; (l) berlemah menyeruh kebaikan; m) devoted to neighbor; n) devoted to friends; o) fair; p) forgiving; q) not deceive others 2) Internalization process of tasawuf values toward students through three stages, i.e : (a) Understanding through recital activities of NashoihudDiniyyah classic book and mauidhoh / speech, (b) implementation in daily activity through: morning recital after pray subuh, recital activity after pray maghrib, madrasah Diniyyah, night duty schedule, cleaning activity, get dressed politely, riyadho at Islamic boarding school, khususiyah, ziarah wali, obligated and sunnah pray, Ramadhan fasting, classic book recital, asking permission whenever not at Islamic boarding school, bai’at Thoriqoh, prohibition of carrying weapon, help the poor and orphan, help the students family member passed away, sholawat rasulullah, khitobiyah, dzikir together, obligation of students to save his money, visiting the neighbor who got calamity, visiting neighbor who got sick, help other students to cure his sickness, musyafaqoh, honestly self service canteen, obligation to eat the meal at Islamic boarding school. (c) comprehension through students habituation that consistently implemented at Islamic boarding school activities in daily activity through noble character and feels afraid if don’t aplicate them both at Islamic boarding school environment or outside of it. 3) supporting and inhibition factors of tasawuf values internalization toward students are: (a) supported facilities and infrastructure; (b) conducive environment; (c) parents role that support the Islamic boarding school. Whereas the inhibition factors are: (a) less discipline students; (b) low management; (c) less discipline teacher.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ali, Nur
Keywords: Internalisasi nilai; Nashoihud Diniyyah; santri; Values Internalization; Nashoihud Diniyyah; Students
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 13 Dec 2016 02:22
Last Modified: 13 Dec 2016 02:22
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5397

Actions (login required)

View Item View Item