Responsive Banner

Pengaruh metode pembelajaran berbasis praktikum terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep kapilaritas pada siswa kelas 4 SD NU Blimbing

Arizal, Kamaludin Septi (2015) Pengaruh metode pembelajaran berbasis praktikum terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep kapilaritas pada siswa kelas 4 SD NU Blimbing. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11140028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran IPA menekankan pada pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu memahami alam sekitar melalui proses mencari “tahu” dan “berbuat” sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Untuk mewujudkan tujuan pembelajaran IPA itu diperlukan sebuah pembelajaran aktif melibatkan banyak indera dalam diri siswa sehingga meningkatkan rasa ingin tahu yang berpengaruh pada meningkatnya motivasi belajar siswa dan memberikan pengalaman belajar kepada siswa. Pada materi konsep kapilaritas diperlukan pembelajaran yang penerapan materinya pada contoh-contoh konkret. Siswa kelas 4 hanya dapat mengerti konsep tentang kapilaritas dengan cara pembuktian secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran berbasis praktikum terhadap motivasi belajar siswa tentang konsep kapilaritas di kelas 4 SD NU Blimbing, (2) mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran berbasis praktikum terhadap pemahaman konsep kapilaritas siswa di kelas 4 SD NU Blimbing.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true exsperimental posttest-only control design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa Kelas 4 SD NU Blimbing sebanyak 12 siswa sebagai kelas eksperimen dan 12 siswa kelas sebagai kelas kontrol, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket, tes, dan wawancara. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung motivasi belajar sebesar 6,33 dan thitung pemahaman konsep sebesar 2,53, sedangkan ttabel sebesar 2,074 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran berbasis praktikum berpengaruh signifikan sebesar 6,33 % terhadap motivasi belajar siswa pada materi kapilaritas di kelas 4 SD NU Blimbing. Metode pembelajaran berbasis praktikum berpengaruh signifikan sebesar 2,53 % terhadap pemahaman konsep kapilaritas pada siswa kelas 4 SD NU Blimbing. Pembelajaran berbasis praktikum memudahkan siswa untuk memahami materi kapilaritas dan menambah motivasi siswa untuk terus menggali informasi materi yang dipelajari, sehingga siswa menjadi lebih paham materi tentang konsep kapilaritas karena pada proses pembelajaran siswa terlibat langsung dengan berbagai kegiatan praktikum dalam membuktikan teori dan ada unsur diskusi kelompok.

ENGLISH:

Science teaching emphasis on direct experience to develop competencies that students are able to understand the nature around through the process of seeking to "know" and "do" that could help students to gain a deeper understanding of the nature around. To realize the goal of science teaching it is necessary an active learning involves a lot of sense in students thus increasing curiosity effect on increasing student motivation and provide a learning experience to students. In the material concept of capillarity required learning material application on concrete examples. Fourth grader can only understand the concept of capillarity by way of proof directly. The purpose of this study was to: (1) describe the influence of lab-based learning method to motivate students to learn about the concept of capillarity in fourth grade NU Blimbing, (2) describe the influence of lab-based learning methods to the understanding of the concept of capillarity students in fourth grade NU Blimbing.

This study uses a quantitative approach to research the type of true exsperimental posttest-only control design. Samples from this study were students in 4th grade SD NU Blimbing as many as 12 students as an experimental class and 12 students in grade as grade control, data collection technique used is using questionnaires, tests, and interviews. Data were analyzed using t test. From the calculation results obtained t count the motivation to learn at 6.33 and t understanding of the concept of 2.53, while t table of 2.074 at significant level of 0.05. These results indicate that the lab-based learning methods have significant influence amounted to 6.33% of the students' motivation on the material capillarity in 4th grade NU Blimbing. Lab-based learning methods have significant influence amounted to 2.53% of the students' understanding of the concept of capillarity in 4th grade NU Blimbing. Lab-based learning allows students to understand the material capillarity and increase student motivation to continue to dig up information about the material being studied, so that students become more aware of material about the concept of capillarity due to the learning process of students directly involved with a variety of practical activities in proving the theory, and there is an element of group discussion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wibowo, Agus Mukti
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDWibowo, Agus MuktiUNSPECIFIED
Keywords: Praktikum; Motivasi Belajar; Pemahaman Konsep; Kapilaritas; Practice; Motivation; Concept Training; Capillarity
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 13 Dec 2016 09:19
Last Modified: 13 Dec 2016 09:19
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5392

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item